uefau17.com

Smart TV Jadul Jangan Dibuang! Ini Cara Mudah Upgrade Jadi TV Pintar Modern - Tekno

, Jakarta Sebuah teknologi akan terus berkembang dan tidak akan bertahan selamanya. Sebagai contoh, setiap tahunnya produsen ponsel merilis model terbaru dengan teknologi dan fitur terbaru.

Hal yang sama juga terjadi di Smart TV. Dikutip dari Gizchina, Jumat (31/5/2024), setiap tahun produsen TV akan terus merilis produk terbarunya, dan model keluaran lama yang dulunya adalah seri tertinggi bisa terasa sangat lamban setelah dipakai bertahun-tahun.

Kendati demikian, jika kamu punya Smart TV keluaran lama dan masih ingin memanfaatkannya, kamu tidak perlu membeli Smart TV baru. Kamu bisa melakukan trik sederhana agar Smart TV jadul di rumah bisa dipakai lagi.

Ingin tahu bagaimana caranya? Tekno akan membagikan tips memanfaatkan TV pintar kamu agar bisa digunakan kembali.

Pasang STB TV Digital

Beberapa Smart TV keluaran lama hanya dapat menangkap siaran televisi analog. Setelah pemerintah Indonesia mematikan siaran analog (Analog Switch Off/ASO), TV tersebut tidak dapat lagi digunakan untuk menonton siaran TV Digital.

Jika kamu punya Smart TV yang tidak mendukung siaran TV Digital, jangan dibuang dulu. Kamu bisa membeli dan memasangkan Set Top Box (STB) TV Digital agar dapat menonton siaran TV lokal.

Ada ribuan opsi STB TV Digital dengan harga yang variatif. Harga STB ini pun terbilang sangat murah. Kamu bisa beli STB TV digital ini mulai dari harga Rp 100 ribuan - Rp 300 ribuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Android TV untuk Streaming Ribuan Film dan Series

Meski Smart TV diperuntukkan untuk mengakses aplikasi streaming, beberapa Smart TV keluaran lama tidak dapat lagi mengakses aplikasi tersebut. Sebab, pengembang aplikasi telah menghentikan dukungan untuk Smart TV dengan sistem yang ketinggalan zaman.

Pun demikian, kamu tidak perlu takut. Alasannya, kamu bisa membeli Android TV Box untuk dapat menikmati ribuan film dan series di aplikasi streaming favorit kamu.

Sebagai informasi, Android TV Box memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda dariSTB TV Digital. Di Android TV Box, kamu bisa menginstal aplikasi streaming populer dan menontonnya, sedangkan di STB TV Digital, kamu hanya bisa menonton siaran TV lokal.

Ada banyak pilihan perangkat Android TV Box yang bisa kamu pilih. Sebagai contoh, kamu bisa lirik Xiaomi Android TV Stick yang bisa ubah Smart TV jadul kamu menjadi Android TV baru. 

3 dari 4 halaman

Ubah Smart TV Lawas Jadi Monitor PC

Kamu juga bisa mengubah Smart TV jadul di rumah menjadi monitor PC siap pakai. Meski Smart TV di rumah kamu sudah ketinggalan zaman, tapi kualitas layar yang dimiliki masih terbilang jempolan.

Untuk menjadikan Smart TV kamu sebagai monitor, cukup pasangkan kabel HDMI dari PC kamu. Kemudian, Smart TV kamu berubah menjadi monitor raksasa.

Kamu bisa memasangkan Smart TV kamu dengan berbagai perangkat, seperti laptop, komputer, hingga tablet. Bahkan, kamu juga bisa menghubungkan smartphone, jika memang sudah memiliki port USB-C 3.2.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat