uefau17.com

Smart TV 98 Inci LG 98QNED89 Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya? - Tekno

, Jakarta - Smart TV 98 inci dari LG yang mengawali debut di ajang Consumer Electronics Show (CES 2024), Las Vegas, akhirnya meluncur di Indonesia.

LG membuka penawaran pre-order terbatas untuk smart TV premium LG 98QNED89 ini sepanjang 11 sampai 23 Juni 2024, melalui LG Online Brand Store.

Soal harga LG 98QNED89 dibanderol Rp 62.999.000. Untuk setiap pembelian 1 unit LG 98QNED98, pembeli akan mendapatkan 1 unit TV LG StanbyME.

Di samping itu, LG juga menyiapkan program pre-order menarik lainnya melalui website jaringan toko Hartono Elektronik dan Electronic City.

Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia, Park Jae Il, mengatakan keberhasilan kolaborasi teknologi dengan kelengkapan kepintaran di dalamnya, menjadikan QNED TV terbaru ini sebagai puncak baru dalam TV LED premium.

"Nama QNED TV menjadi gabungan dari dua teknologi utama penyusun layarnya yaitu Quantum Dot dan NanoCell (Emitting Diode)," Park Jae Il menjelaskan melalui keterangannya, Rabu (12/6/2024).

Quantum Dot sendiri dikenal menjadi inovasi terkini panel TV LED. Bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal yang memanfaatkan tiga sumber cahaya yang menghasilkan warna dasar berbeda.

Karakteristik kristal yang mampu mereproduksi cahaya lebih baik dengan kontras lebih tinggi, membuat teknologi ini cepat diterima dan mendorong banyak pabrikan menggunakan dan kemudian memasarkannya untuk smart TV premium meskipun dengan nama berbeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perpaduan NanoCell dengan LED Quantum Dot

Berbeda halnya dengan QNED TV, LG mengkolaborasikannya dengan teknologi NanoCell miliknya sendiri pada panel LED berbasis Quantum Dot ini.

Berbentuk lapisan nanopartikel ekstra yang tersemat pada panel LED, teknologi NanoCell berfungsi sebagai filter warna yang menyaring cahaya dalam panjang gelombang cahaya yang dihasilkan panel LED dengan Quantum Dot.

Proses ini menghasilkan spektrum warna lebih luas, tampilan lebih terang dengan kedalaman warna lebih dramatis.

“Penyempurnaan inilah yang membuatnya mampu menghasilkan reproduksi visual dengan kualitas tinggi meskipun dalam layar ultra besar,” ujar Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia, Vincent Martana Wenas.

 

3 dari 5 halaman

Prosesor Berbasis AI

Vincent menambahkan, LG juga menyematkan prosesor berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), LG α8 AI Processor, pada TV ini.

Prosesor terbaru LG ini diklaim memberikan 1,3 kali lipat peningkatan pada performa AI, 2,3 kali lipat peningkatan performa grafis, dan 1,6 kali lipat kecepatan proses dibandingkan dengan pendahulunya.

Berbagai kelebihan inilah yang kemudian memberikan peningkatan pada visual dan sektor audio pada TV LG 98QNED89.

Dari sisi visual, melalui fitur AI Picture Pro, TV premium LG ini menawarkan kualitas gambar lebih tinggi berbasis deep learning melalui berbagai manfaat yang dibawanya.

Antara lain kemampuannya membedakan visual wajah, objek dan latar belakang dalam tampilan layar dengan memperkaya tekstur dan detail untuk menjadikannya lebih mendekati sumber aslinya.

Disisi lain, fitur Dynamic Tone Mapping Pro bekerja membagi setiap gambar dalam blok dan menganalisisnya secara real time untuk mendeteksi area dengan berbagai tingkat kecerahan berbeda.

Dengan optimasi HDR, hal ini memberikan efek kualitas gambar tiga dimensi. Sementara dengan fasilitas Personalized Picture Wizard, pengguna dapat melakukan kustomisasi kualitas gambar dengan memilih dari beberapa tampilan yang tersedia dari hasil pilihan proses gambar melalui deep learning.

 

4 dari 5 halaman

Mengubah Konten Standar Jadi Kualitas 4K

Bahkan bagi konten yang tak dalam kualitas 4K, LG 98QNED89 memiliki AI Super Upscalling 4K. Dengan memanfaatkan kerja AI, fitur ini mampu memproses gambar di bawah kualitas 4K menjadi dalam nuansa 4K.

Bergerak pada sektor audio, adopsi kecerdasan buatan pada TV QNED LG ini memberikan fitur AI Sound Pro yang memberikan kualitas audio berkanal 9.1.2 surround sound secara virtual dari speaker yang terintegrasi.

Menambah tenaga pada audio dengan perangkat sound bar LG pun semakin mudah berkat fitur WOW Orchestra yang bakal memproses audio dan memberi penggunanya pengalaman suara bernuansa 3D.

Khusus bagi pecinta gaming, dikatakan Vincent, LG 98QNED89 dapat memberikan pengalaman gaming yang mengesankan.

Di luar kelengkapan visual dan audio, TV QNED LG terbaru ini dilengkapi kemampuan refresh rate mumpuni berkecepatan 120Hz. Ditambah dukungan fitur Motion Pro, memberikan jaminan pengalaman gaming yang dinamis dan anti-blur.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Cara Pindah dari TV Analog ke TV Digital (/Triyasni)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat