uefau17.com

Ramaikan Pasar HP Layar Lipat, Xiaomi Bakal Rilis Dua Foldable Phone Sekaligus - Tekno

, Jakarta - Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone layar lipat yang dirilils tahun ini. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Tiongkok itu bahkan disebut akan merilis dua model sekaligus.

Dirumorkan, Xiaomi setidaknya akan merilis dua ponsel layar lipat, yaitu Xiaomi Mix Flip dan Mix Fold 4. Keduanya diperkirakan akan diperkenalkan di Tiongkok sekitar kuartal ketiga (Q3) 2024.

Menurut laporan dari leaker Digital Chat Station, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Jumat (10/5/2024), Xiaomi Mix Fold 4 dan Mix Flip akan ditenagai Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, serta bakal menggunakan konfigurasi kamera yang sama.

Kedua HP Layar lipat tersebut menggunakan kamera beresolusi 50MP dengan 1/1,55 inch sensing area dan dilengkapi dengan OIS. Tak hanya itu, terdapat kamera telefoto 2x dengan sensor Omnivision OV60A berukuran 1/2.8-inch.

Selain itu, Mix Fold 4 dikabarkan akan dilengkapi kamera ultrawide 12MP serta kamera telefoto periskop 10MP dengan zoom optik mencapai 5x.

Tak hanya menghadirkan spesifikasi gahar dan kamera mumpuni, Mix Fold 4 dikabarkan akan menjadi HP foldable pertama Xiaomi dengan sertifikasi IP Rating, yang berarti HP ini akan memiliki ketahanan terhadap air.

Kendati demikian, belum diketahui jenis IP Rating yang akan dipakai di smartphone tersebut.

Selain itu, ada pula rumor yang mengatakan kalau Xiaomi Mix Fold 4 juga bakal menghadirkan teknologi wireless charging. Namun, belum ada informasi detail mengenai kapasitas baterai yang akan diusung HP Xiaomi tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mix Flip

Di sisi lain, ada pula rumor mengenai bocoran spesifikasi HP layar lipat Xiaomi, Mix Flip. 

Berdasarkan kode rumor yang beredar, HP lipat Xiaomi ini disebut mengusung kamera utama 50MP Omnivision OVX 8000 dengan ukuran sensor 1/1.55-inch.

Ada pula kamera telephoto beresolusi 60MP yang memakai sensor Omnivision OV60A dengan ukuran 1/2.61-inch. Untuk kamera depan, HP layar lipat ini memiliki sensor 32MP.

Laporan itu juga menyebut kalau Xiaomi Mix Flip akan memiliki layar cover di bawah kamera belakang. Layar tersebut digunakan untuk notifikasi dan selfie dengan kamera belakang.

Lebih lanjut, HP lipat Xiaomi itu akan menggunakan layar lipat beresolusi 1,5K. Di atas kertas, jenis layar ini membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan smartphone lipat lain, yang biasanya menggunakan resolusi 1080p.

Selain itu, smartphone ini juga disebut memiliki nomor model 2405CPX3DG dan 2405CPX3DC. Merujuk nomor model itu, ada kemungkinan HP layar lipat akan rilis di bulan Mei atau Juni.

Menurut laporan tersebut, angka 2405 di nomor model tersebut mengacu pada Mei 2024.

3 dari 4 halaman

Xiaomi Klaim Jadi Pemain Tablet Nomor 2 di Indonesia

Di sisi lain, Xiaomi mengklaim saat ini mereka menjadi pemain tablet terbesar kedua di Indonesia. 

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Rendy Tonggo, menyebut berdasarkan survei yang dilakukan Canalys, Xiaomi menguasai pangsa pasar terbesar kedua di Indonesia pada kuartal keempat 2023.

"Berdasarkan data Canalys kuartal 4 2023, Xiaomi menjadi pemain tablet nomor dua di Indonesia," kata Rendy, ditemui usai peluncuran Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 di Jakarta, Kamis (2/4/2024).

Capaian ini tidak lepas dari upaya Xiaomi yang makin rajin membawa produk tablet ke pasar Indonesia.

Sepanjang 2023, kata Rendy, Xiaomi memboyong tiga tablet terbaru. Rinciannya, ada dua tablet Xiaomi Pad 6 dan Xiaomi Pad SE. Lalu satu lagi adalah tablet kelanjutan dari Redmi Pad.

"Kami fokus banget di lini tablet tahun lalu, oleh karenanya, kami bisa jadi number 2," ia menuturkan.

Rendy tak membeberkan tablet mana yang paling laris manis di pasaran. Namun menurutnya, semua memiliki performa pasar yang baik.

"Semua bagus, pastinya orang-orang menunggu produk dari Xiaomi karena (produknya) memberikan value yang sangat baik untuk pengguna," katanya.

4 dari 4 halaman

Xiaomi Masih Ingin Ngegas

Lantas apakah Xiaomi puas dengan capaian menjadi vendor tablet nomor dua di Indonesia, seperti riset Canalys?

Rendy menjawab secara diplomatis. Xiaomi Indonesia, menurutnya berharap bisa memberikan inovasi terbaik sesuai kebutuhan pengguna dan Xiaomi Fans.

"Untuk Xiaomi Fans, kami semangat mengeluarkan produk dan inovasi baru, pastinya kami juga ingin bisnis kami bertumbuh," ia menuturkan.

Ke depannya, pada tahun 2024 ini Xiaomi juga tak akan berhenti dengan kehadiran Xiaomi Pad 6S Pro 12.4.

Xiaomi Indonesia masih mau ngegas dengan tablet-tablet lainnya. Tapi, ia masih belum mengungkap, produk tablet apa lagi dan berapa banyak yang akan dirilis di Indonesia.

"Belum bisa kasih tahu sekarang, yang jelas akan bawain lagi produk-produk tablet Xiaomi di Indonesia. Tunggu saja, jumlahnya masih belum diketahui," ia memungkaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat