uefau17.com

Cerita Nenek Kate Middleton yang Bikin Sang Cucu Bangga, Kerja di Kantor Mata-Mata Saat Perang Dunia II - ShowBiz

, Jakarta Pangeran William memang datang tanpa Kate Middleton dalam acara peringatan hari bersejarah D-Day Landings yang digelar di Normandy, Prancis, pada Kamis (6/6/2024) kemarin. Namun ia meyakinkan para veteran yang hadir dalam peringatan acara bersejarah tersebut, bahwa sang istri pasti akan sangat bahagia bila bisa hadir.

 “Dia (Kate Middleton) pasti sangat senang kalau bisa ada di sini,” kata Pangeran William saat berbincang dengan seorang veteran, seperti dilansir dari People.

Ucapan Pangeran William ini bukan basa-basi belaka. Pasalnya, keluarga sang istri berbagi pengalaman serupa dengan sejumlah veteran yang hadir di acara tersebut. Terutama para wanita yang sempat bekerja di Bletchley Park, markas rahasia mata-mata di Inggris era Perang Dunia II.

“Saya mengingatkan kepada semua yang hadir bahwa neneknya (Kate Middleton) berjuang di Bletchley Park. Jadi ia memiliki sejumlah kesamaan dengan sejumlah wanita di sini, yang dulu juga berada di Bletchley,” kata Pangeran William.

Sekadar informasi, tenaga intelijen dipusatkan di markas ini untuk memecahkan sandi dari pihak lawan. Para pekerja memberikan informasi pada pemimpin pasukan Sekuru pada minggu-minggu jelang D-Day Landings, invasi lintas laut terbesar dalam sejarah dalam Perang Dunia II.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nenek Kate Middleton dan Saudari Kembarnya

Ibunda Pangeran George ini sebelumnya pernah beberapa kali menceritakan tentang kiprah nenek dari pihak ayahnya ini.

“Aku selalu sangat bangga dengan nenekku, Valerie Glassborow yang bekerja di Bletchley Park selama Perang Dunia Kedua,” tulisnya dalam buku puzzle yang dirilis GCHQ atau badan Intelijen dan Keamanan Siber Inggris, pada 2016 silam.

Kate Middleton menambahkan, “Ia dan saudari kembarnya, Mary, bersama dengan ribuan wanita muda lain bekerja sebagai bagian dari upaya keras Sekutu untuk memecahkan sandi musuh."

3 dari 4 halaman

Sang Nenek Jarang Bercerita

Kate Middleton mengakui sang nenek terbilang jarang bercerita tentang masa-masa saat ia bekerja di Bletchley Park.

“Namun kami tahu, betapa pentingnya para pria dan wanita di Bletchley Park, karena mereka menghadapi masalah tersulit yang dihadapi negara,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Kisah Para Pemecah Kode Difilmkan

Sekadar informasi, kisah para pemecah sandi di Bletchley Park ini kemudian difilmkan dengan judul Enigma (2001). Film ini disutradarai Michael Apted, dan dibintangi Dougray Scott serta Kate Winslet.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat