uefau17.com

Hari Nelayan Nasional Diperingati Tiap 6 April, Ini 6 Artis yang Nyanyikan Lagu tentang para Nelayan - ShowBiz

, Jakarta Hari Nelayan Nasional yang diperingati tiap tanggal 6 April, telah menjadi salah satu momen penting di Indonesia. Hari Nelayan Nasional diperingati dalam rangka menghargai sekaligus mengapresiasi peran vital para nelayan, khususnya di Tanah Air.

Nelayan selama ini selalu memastikan bahwa pasokan ikan sudah memadai bagi masyarakat, sembari menjaga keberlangsungan sumber daya laut. Pada hari ini (6/4/2024), pemerintah dan masyarakat mendapat kesempatan untuk lebih memperhatikan kondisi nelayan.

Baca Juga

Tentunya, di sejumlah daerah telah dilakukan berbagai kegiatan sosial dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional. Pengorbanan dan dedikasi para nelayan ini, rupanya sempat menjadi inspirasi para artis, terutama musisi papan atas.

Sejumlah penyanyi dan musisi telah menciptakan lagu khusus nelayan. Beberapa ada yang memberi judul sederhana, "Nelayan". Biarpun sama-sama bertema Nelayan, tiap artis menggambarkan kesan mereka masing-masing terhadap para nelayan dalam lagunya. Siapa saja penyanyi yang pernah menyanyikan lagu-lagu tentang nelayan? Berikut deretannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Koes Plus

Koes Plus pernah memiliki satu lagu berjudul "Nelayan" yang ada di album Melati Biru pada tahun 1978 silam. Grup musik legendaris ini menggambarkan kegiatan para nelayan dari sisi riang.

Selain itu, Koes Plus menyampaikan pujian tinggi kepada para nelayan yang mereka sebut tak serakah, saling berusaha, serta menolong sesama.

 

3 dari 7 halaman

2. Iwan Fals

Penyanyi kawakan Iwan Fals juga sempat menciptakan lagu berjudul "Nelayan" yang pertama kali rilis di album Lancar pada tahun 1980 silam.

Iwan Fals menyorot kisah pilu kepala keluarga yang mengandalkan profesi nelayan sebagai mata pencaharian satu-satunya dalam mencari nafkah untuk anak dan istrinya.

 

4 dari 7 halaman

3. Jamal Mirdad

Jamal Mirdad sempat menyanyikan lagu berjudul "Nyanyian Nelayan" yang dirilis pada 1983. Lagu ini memiliki nuansa ceria.

Seperti musiknya, lirik yang dinyanykan Jamal Mirdad menggambarkan perjuangan para nelayan dalam mencari nafkah sembari menuturkan suka dan duka mereka.

 

5 dari 7 halaman

4. Julius Sitanggang

Salah seorang penyanyi lawas era 1980-an, Julius Sitanggang, memiliki sebuah lagu yang menyorot anak-anak nelayan.

Lagu berjudul "Balada Anak Nelayan" ini seolah menggambarkan keseharian anak-anak nelayan yang sudah berkutat dengan lautan.

 

6 dari 7 halaman

5. Vina Panduwinata

Penyanyi Vina Panduwinata juga sempat menyanyikan lagu bertema nelayan yang diberi judul "Nelayan Tua" ciptaan Rudi Gagola.

Lagu ini menggambarkan suasana indah alam lautan yang kerap dilihat oleh para nelayan tiap kali menjalani kegiatan mereka.

 

7 dari 7 halaman

6. Nick Mamahit

Mendiang Nick Mamahit, salah satu pianis jazz legendaris Indonesia, sempat menggubah nomor instrumen yang diberi judul "Lagu Nelayan".

Tanpa lirik, Nick Mamahit seolah sudah bisa mewakili nyanyian para nelayan melalui permainan piano yang menggambarkan perjuangan dan keseharian mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat