uefau17.com

Saksi Mata: Sandra Dewi Dalam Pemeriksaan Penyidik Kejagung Terkait Skandal Korupsi Timah - ShowBiz

, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) telah memeriksa aktris cantik Sandra Dewi terkait kasus korupsi timah yang menjerat suaminya, Harvey Moeis. Sandra Dewi menjalani pemeriksaan yang cukup panjang, yaitu selama 4 jam 30 menit. Dimulai dari pukul 09.25 WIB hingga 14.13 WIB, pemeriksaan dilakukan di lantai 7 Gedung Menara Kartika Kejagung.

Dalam dokumentasi penyidik, terlihat Sandra Dewi diperiksa oleh dua penyidik Jampidsus. Mereka duduk saling berhadapan, sementara seorang penyidik menggunakan kipas kecil yang menyorot ke wajah Sandra Dewi. Pemeriksaan terhadap Sandra Dewi dilakukan untuk memastikan beberapa rekening yang telah diblokir oleh penyidik dalam kasus ini. Hal ini dilakukan untuk memilah mana yang diduga terkait dengan tindak pidana yang dilakukan oleh Harvey Moeis, dan mana yang tidak terkait.

"Hari ini kita memanggil saksi SD untuk meneliti beberapa rekening yang telah kita blokir tempo hari. Tujuannya adalah untuk memilah mana yang diduga terkait dengan tindak pidana yang dilakukan oleh saudara HM, dan mana yang tidak terkait," jelas Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Kuntadi di Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2024).

Kuntadi menjelaskan bahwa hal ini dilakukan dalam rangka menjaga profesionalisme dalam penyitaan aset. Dengan demikian, proses penegakan hukum dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kesalahan. Namun, Kuntadi enggan merinci jumlah rekening yang diblokir dan nominalnya. Saat ini, penyidik masih sedang mendalami kepemilikan dua mobil mewah yang disita dari Harvey Moeis.

"Semua masih dalam penelitian dan proses, kita tunggu saja," tegas Kuntadi. Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap artis cantik Sandra Dewi terkait kasus dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Dalam perkara ini, suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, menjadi tersangka. "Ya, kita memanggilnya sebagai saksi," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Kuntadi saat dikonfirmasi, Kamis (4/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejaksaan Agung Sita Sejumlah Aset Harvey Moeis

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan penyitaan sejumlah aset milik Harvey Moeis (HM), suami Sandra Dewi yang menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Selain mobil mewah Rolls Royce dan Mini Cooper, masih ada barang lainnya yang belum diamankan lantaran menunggu verifikasi.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana menyampaikan, penyidik melakukan rangkaian penggeledahan di kediaman Harvey Moeis wilayah Jakarta pada Senin, 1 April 2024.

"Dari penggeledahan tersebut, tim penyidik berhasil melakukan penyitaan terhadap barang bukti elektronik, kumpulan dokumen terkait, serta dua buah unit mobil mewah, yaitu satu unit mobil Mini Cooper S Countryman F 60 berwarna merah dan satu unit mobil Rolls Royce berwarna hitam," tutur Ketut dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).

Menurut Ketut, penggeledahan dan penyitaan itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kesesuaian hasil dari pemeriksaan atau keterangan para tersangka dan saksi terkait aliran dana, yang diduga berasal dari beberapa perusahaan yang terkait dengan kegiatan tata niaga timah ilegal.

"Selain itu tim penyidik juga menemukan sejumlah barang, namun saat ini masih dilakukan verifikasi keasliannya oleh ahli sehingga belum dapat dikenakan tindakan penyitaan," jelas dia.

"Selanjutnya, tim penyidik akan terus menggali fakta-fakta baru dari barang bukti tersebut guna membuat terang suatu tindak pidana yang tengah dilakukan penyidikan," sambung Ketut.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat