uefau17.com

6 Seleb Top Dunia yang Sempat Alami Baby Blues hingga Postpartum Depression, Termasuk Adele hingga Kylie Jenner - ShowBiz

, Jakarta Topik mengenai baby blues kembali ramai dibicarakan orang setelah sebuah video viral di media sosial baru-baru ini. Dalam video yang berlatar peron stasiun tersebut, tampak seorang petugas yang mencoba menenangkan seorang ibu.

Dalam narasi yang disertakan dalam video yang dibagikan di akun TikTok @akaross_, sang ibu disebut hendak membuang bayinya di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dugaan awal, wanita ini mengalami baby blues.

Apa makna di balik istilah tersebut?

Dilansir dari situs rumah sakit Siloam, baby blues adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gangguan kesehatan mental yang dialami ibu setelah melahirkan. Gejalanya mulai dari perubahan suasana hati hingga sedih berlebihan. Bila tak ditangani, kondisi ini kemungkinan bisa memburuk, menjadi postpartum depression (PPD) atau depersi pascamelahirkan yang bisa membahayakan ibu dan anak.

Baby blues dan PPD bisa dibilang datang tanpa pandang bulu. Tak hanya ibu yang rentan secara ekonomi atau minim dukungan, wanita yang berkecukupan pun bisa mengalami hal ini. Termasuk sejumlah artis Hollywood ternama.

Tak sedikit artis top ini yang kemudian membuka pengalaman pribadi, untuk membuka mata publik soal kondisi  nyata ini.

Berikut enam di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Reese Witherspoon

Diwartakan US Weekly, Reese Witherspoon mengalami suasana hati yang berbeda-beda usai melahirkan anaknya. "Dengan satu anak, aku kena postpartum ringan, tapi ada satu anak di mana aku terkena postpartum berat sampai butuh pengobatan karena aku enggak bisa berpikir benar," kata dia.

Menurutnya, salah satu faktor pencetus hal ini adalah ia yang kala itu masih sangat muda, belum paham benar soal apa yang ia hadapi setelah persalinan.

"Umurku 23 tahun saat punya anak pertama, dan enggak ada yang menjelaskan padaku bahwa setelah menyapih bayi, hormon kita jungkir balik. Aku merasa sangat depresi, lebih dari apa pun seumur hidupku. Itu mengerikan," kata dia.

3 dari 7 halaman

2. Behati Prinsloo

Dalam penampilan di acara TV Today tahun 2019, Behati Prinsloo mengaku bersyukur karena ia hanya mengalami kondisi yang terbilang cukup ringan. Hal lain yang ia soroti, adalah dukungan sang suami, Adam Levine.

"Suamiku begitu suportif dan selalu membuatku keluar (dari situasi ini)," kata dia. Mantan Victoria’s Secret Angel ini juga ingin menekankan bahwa situasi yang dihadapi para ibu ini adalah hal lumrah terjadi.

"Kurasa ini sangat normal, di mana para ibu muda dan ibu baru merasa tak berdaya dan sangat emosional," kata dia.

4 dari 7 halaman

3. Kylie Jenner

Dalam tayangan The Kardashians, Kylie Jenner mengaku mengalami baby blues setelah melahirkan kedua anaknya. "Aku nangis non-stop selama tiga minggu pertama," kata dia. Adik Kim Kardashian ini menjelaskan selama itu pula, ia menghabiskan waktu nangis di tempat tidur sampai kepalanya sakit.

Dalam unggahan Instagram, ia juga sempat membuat pengakuan bahwa baby blues di persalinan keduanya, terasa jauh lebih berat dari yang pertama.

"Ini semua berat secara fisik, mental, dan spiritual," kata dia dalam caption, sembari memberikan doa dan dukungan untuk wanita yang mengalami hal serupa dengannya.

 

5 dari 7 halaman

4. Brooke Shields

Brooke Shields termasuk salah satu pesohor yang paling dulu mengungkap soal pergulatannya melawan postpartum depression. Dalam sebuah podcast, aktris dan model kondang ini pernah menceritakan satu episode paling mengerikan setelah melahirkan putrinya Rowan, pada 2003 silam.

Kala itu ia sudah didiagnosis dengan PPD, tapi memutuskan untuk berhenti minum obat karena merasa dirinya sudah membaik. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Saat bermobil, ia mendapat dorongan kuat untuk menabrakkan mobilnya. Dokter langsung memintanya kembali minum obat, tapi ia berkeras untuk tidak melakukannya.

"Ibu mertuaku meneleponku dan mengatakan mataku terlihat mati. Akhirnya aku bilang iya (kembali minum obat) agar semua orang tak mendorongku lagi," kata dia.

6 dari 7 halaman

5. Adele

Dilansir dari CNN, Adele mengakui sempat ketakutan karena mengalami postpartum depression setelah melahirkan putra semata wayangnya, Angelo, pada 2012.

"Aku enggak membicarakan hal ini pada orang-orang, aku sangat berat melakukannya," kata dia.

Adele kemudian bicara hati ke hati dengan temannya yang memiliki anak, dan ternyata banyak yang mengalami hal serupa. Salah satu hal yang disoroti Adele, adalah seorang ibu pun perlu waktu untuk dirinya sendiri. 

"(Teman-temanku) berpikir orang-orang akan mencap diri mereka sebagai ibu yang buruk (bila mengambil waktu untuk diri sendiri) tapi kenyataannya tak begitu. Kalau kamu mendapat waktu untukmu sendiri, ini akan membuatmu menjadi ibu yang lebih baik," kata dia.

7 dari 7 halaman

6. Gwyneth Paltrow

Gwyneth Paltrow tak pernah menyangka dirinya akan mengalami baby blues. Dilansir dari Elle, yang menyadari duluan hal ini adalah mantan suaminya, Chris Martin.

"Sekitar empat bulan, Chris datang padaku dan berkata, 'Ada sesuatu yang salah. Ada yang salah'. Sementara aku terus menjawab, 'Enggak, aku baik-baik saja.' Tapi Chris berhasil melihatnya, dan akhirnya ini menyadarkanku," kata dia.

Gwyneth Paltrow mengaku selama ini keliru, mengira gejala postpartum depression adalah merasa sedih dan menangis tiap hari. "Tapi ada hal lain darinya, dan menurutku para wanita penting untuk menceritakan hal ini. Saat itu adalah masa penuh percobaan. Dan aku terus merasa seperti sudah gagal," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat