uefau17.com

5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui - Regional

, Padang - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang populer di seluruh dunia karena tidak hanya rasanya yang menyegarkan, tetapi juga manfaat kesehatan yang dikandungnya.

Sebagai minuman yang telah dikenal dan dikonsumsi selama berabad-abad, teh hijau telah menjadi subjek penelitian yang intens, dan banyak penelitian ilmiah telah menyoroti manfaatnya bagi kesehatan.

Dilansir dari kemkes.go.id berikut 5 manfaat teh hijau bagi kesehatan yang perlu diketahui:

1. Membuat tubuh lebih rileks

Meminum teh membuat tubuh merasa lebih rileks. Hal itu lantaran bahan kimia alami yang disebut theanine yang ditemukan dalam teh hijau bisa memberikan efek menenangkan.

Sehingga, manfaat teh hijau untuk kesehatan bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika anda terbiasa mengonsumsi teh biasa selama ini, cobalah ganti ke teh hijau untuk merasakan manfaatnya.

2. Menghilangkan bau mulut

Ternyata, teh hijau mampu menghilangkan bau pada mulut. Itu disebabkan oleh tanin yang terkandung di dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu mengatasi pembentukan bakteri pada mulut.

Artinya, teh hijau dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mampu mencegah karies gigi dan pembentukan plak pada gigi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Teh hijau mengandung polifenol. Senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Adapun jenis sel kanker yang bisa dihambat pertumbuhannya antara lain, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker lambung dan kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

4. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa, konsumsi teh hijau mampu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat.

Tidak hanya itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat teh hijau yang terakhir yakni bisa membuat tidur lebih nyenyak. Hal itu disebabkan oleh kandungan theanine dalam teh hijau yang memiliki efek antistres pada hewan maupun manusia.

Meski teh hijau mengandung kafein, kadar zat ini dalam teh cukup rendah sehingga efeknya dalam meningkatkan kewaspadaan tidak besar.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat