uefau17.com

Viral Emak-Emak Paksa Minta Sumbangan Sambil Teriak-Teriak di Sukabumi - Regional

, Sukabumi - Aparat Polsek Baros, Sukabumi Kota mengamankan seorang wanita paruh baya inisial R (50) setelah mendapat aduan warga, karena diduga membuat resah usai meminta sumbangan sambil berteriak.

R dinilai mengganggu ketentraman warga di kawasan pemukiman di Gang Amris RT 01/01 Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, pada Jumat (26/4/2024). 

Sebelumnya, video viral emak-emak di sosial media memperlihatkan cara wanita paruh baya itu meminta sumbangan dengan memaksa hingga berteriak-teriak. Pihak kepolisian lalu membawa wanita itu ke kantor Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros Kota Sukabumi.

“Memang betul, tadi sekitar pukul 10.20 WIB, Polsek Baros menerima informasi dari masyarakat mengenai ibu-ibu yang meminta sumbangan sambil berteriak-teriak di depan rumah warga di Gang Amris Kelurahan Jayaraksa Baros Kota Sukabumi,” terang Kapolsek Baros Kompol Iman Parayitno.

“Hal tersebut langsung kami respons, berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Jayaraksa untuk sama-sama mengecek ke lokasi dan membawa wanita tersebut ke kantor kelurahan,” jelasnya.

Dia menuturkan, pihaknya bersama pihak Kelurahan Jayaraksa telah mencoba berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Sukabumi untuk menangani emak-emak maksa minta sedekah yang sempat viral di media sosial tersebut. 

“Akan tetapi, karena tidak ada jawaban yang sesuai dari pihak Dinas Sosial, maka kami berinisiatif memberikan ongkos dan mengantarkan ibu R ini ke mobil jurusan Bogor, karena memang saat ditanya, ibu R ini ingin ke Bogor,” ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Dipulangkan, Mengaku Asal Bandung Barat

Mulanya wanita tersebut viral meminta sumbangan secara paksa di perumahan wilayah Cibeureum, Kota Sukabumi. Video perilaku R saat marah-marah itu diunggah oleh akun TikTok @esapperdana. Hingga Jumat (23/4/2024) video itu sudah ditonton sebanyak 9,1 juta kali dan 15,1 ribu dikomentari.

Tak hanya di Cibeureum, wanita tersebut juga mengamuk dan berteriak meminta sedekah secara paksa di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Dalam video yang diunggah akun Instagram @sukabumitoday memperlihatkan wanita meneriaki warga yang tidak memberikannya uang.

Pada Selasa (23/4/2024) lalu, wanita itu pun dibawa ke Polsek Baros Resor Sukabumi Kota. Di sana polisi melakukan pendekatan persuasif, setelah ditelusuri, R (50) mengaku dirinya lahir di Palembang namun mengaku tinggal di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

"Saya ajak ngobrol, sepertinya yang bersangkutan memiliki tekanan batin dari pihak keluarga sehingga hidup sebatang kara, nggak punya tujuan. Makanya setiap bertemu orang meminta-minta, kalau nggak dikasih tensinya naik, merasa terzalimi katanya," ucap Ps Kasium Polsek Baros Aiptu tumijo.

"Saya ajak bicara secara persuasif agar lebih tenang. Lalu dibelikan nasi padang dan lain-lain. Kemudian saya antar ke stasiun, karena tiga hari sebelumnya dia berangkat ke Sukabumi naik kereta dari Cipatat," sambung dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat