uefau17.com

5 Urutan Gunung Tertinggi di Sumatera Barat, Primadona Para Pendaki - Regional

, Padang - Sumatera Barat, salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya, juga menjadi rumah bagi beberapa gunung yang menjulang tinggi ke langit biru.

Di antara berbagai gunung yang ada, terdapat satu yang menjadi puncak tertinggi di Sumatera Barat, memberikan pemandangan yang menakjubkan dan petualangan yang menantang bagi para pendaki, yakni Gunung Kerinci.

Namun, Gunung Kerinci tidak sepenuhnya berada di Sumbar secara administratif. Gunung ini berada antara Provinsi Jambi dan Sumbar.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa urutan gunung tertinggi di Sumbar:

1. Gunung Talamau

Gunung tertinggi pertama di Sumatera Barat adalah Gunung Talamau. Gunung ini berlokasi di Pinagar, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Gunung Talamau memiliki ketinggian sekitar 2.912 meter di atas permukaan laut. Talamau menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan bagi para pendaki.

2. Gunung Marapi

Terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Gunung Marapi memiliki ketinggian sekitar 2.891 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini sering menjadi tujuan pendakian yang populer karena aksesibilitasnya yang baik dan pemandangannya yang menakjubkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang memiliki ketinggian sekitar 2.877 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menjadi destinasi pendakian yang populer di Sumatera Barat.

Gunung Singgalang mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, Telaga ini dinamai Telaga Dewi. Selain itu gunung ini juga mempunyai kawasan hutan gunung yang sangat lembap serta memiliki kandungan air yang banyak.

4. Gunung Talang

Gunung Talang merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang.

Pemandangan dari atas gunung ini adalah tiga danau dari puncak Gunung Talang serta hamparan kebun teh sepanjang perjalanan, merupakan pesona yang dimiliki Gunung Talang.

5. Gunung Sago

Gunung Sago memiliki ketinggian sekitar 2.271 meter di atas permukaan laut, Gunung Sago terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Meskipun tidak sepopuler beberapa gunung lainnya, Gunung Sago menawarkan pengalaman pendakian yang menarik dengan pemandangan alam yang memukau.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat