uefau17.com

Statistik Maarten Paes Kiper di MLS, Calon Atlet Naturalisasi Timnas Indonesia - Regional

, Yogyakarta - Kabar Maarten Paes bakal dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia semakin kencang. Musim ini ia adalah kiper andalan FC Dallas yang berlaga di Major League Soccer (MLS).

Pemain berkebangsaan Belanda itu awalnya merupakan pemain pinjaman dari FC Utrecht yang bermain di Eredivisie pada Januari 2022. Kepiawaiannya menjaga gawang tim membuat manajemen memutuskan untuk mengontraknya secara permanen pada pertengahan 2022.

Lantas bagaimana statistik Maarten Paes selama mengawal gawang FC Dallas? Sejak melakoni masa pinjaman, Paes langsung mendapat kepercayaan sebagai kiper utama.

Saat menjalani musim perdananya, Paes membukukan 32 penampilan dengan kebobolan sebanyak 37. Durasi penampilan kiper dengan postur 192 sentimeter itu mencapai 2.880 menit pada musim 2022.

Dari 34 laga yang dilakoni, ia mencatkan torehan gemilang dengan 73 persen penyelamatan atau 92 kali penyelamatan. Berkat penampilan itu, pemain yang baru berusia 25 tahun tersebut terus mendapat kepercayaan dari pelatih.

Sepanjang musim lalu, Paes dipercaya menjadi kiper utama FC Dallas dan telah mencatatkan 36 laga dari total 42 pertandingan tim. Dari torehan itu, Paes terhitung hanya abses saat diterpa cedera.

Pada musim 2023, kiper yang pernah masuk Skuad Belanda U19 ini sudah tampil sebanyak 30 laga dengan mencatatkan delapan kali nirbobol dan 29 kemasukan.

Rekor itu membuatnya Ia mencatatkan 76 persen penyelamatan, atau memegang persentase tertinggi kiper MLS 2023 yang tampil lebih dari 30 laga musim 2023.

Hal menarik lainnya, Maarten Paes pernah berhadapan langsung melawan Lionel Messi saat melakoni babak 16 besar League Cup 2023. Gawang Paes dibobol dua kali oleh peraih delapan Ballon d'Or tersebut.

Pemain yang diketahui punya darah keturunan Maluku ini disebut-sebut punya potensi sangat meyakinkan untuk memperkokoh lini belakang Timnas Indonesia. Jika naturalisasi itu terwujud, bukan mustahil Paes bakal tampil bersama Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Thom Haye dan Jay Idzes yang belum lama ini mengambil sumpah menjadi WNI.

(Taufiq Syarifudin)

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat