uefau17.com

Nonton Piala Dunia U-17 di Solo, Jangan Lupa Mampir ke Tempat Oleh-Oleh Ini - Regional

, Solo - Kota Solo memainkan paling banyak pertandingan Piala Dunia U-17. Setidaknya akan ada 14 laga yang digelar di Stadion Manahan Solo. Mulai dari fase grup, semifinal, perebutan peringkat tiga, dan final.

Hal ini tentu saja menjadi magnet bagi wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri untuk berkunjung ke Kota Batik tersebut. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi para pelaku UMKM sebab akan ada potensi peningkatan perputaran uang di Surakarta.

Di Solo ada cukup banyak tempat yang menjual oleh-oleh khas, mulai dari makanan, kerajinan, sampai pakaian, beberapa diantaranya termasuk yang dianggap legendaris atau telah lama berdiri.

Berikut rekomendasi tempat membeli oleh-oleh Solo tak jauh dari Stadion Manahan Solo:

1. Pasar Gede

Pasar ini bukan 24 jam penuh. Sehingga aktivitas di pasar ini tak pernah berhenti. Selain pusat oleh-oleh, pasar ini merupakan salah satu ikon Kota Solo.

Pasar yang berlokasi di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta itu pertama kali diresmikan Paku Buwana X pada 12 Januari 1930 silam.

Bagi pengunjung yang mampir ke pasar ini, bisa mencicipi kuliner khas yakni es dawet selasih. Di sana juga menjual berbagai minuman olahan seperti jamu, buah, kopi, pakaian, bumbu, teh oplosan, dan masih banyak lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasar Klewer Solo

2. Pasar Klewer Solo

Pasar ini dikenal sebagai pusat oleh-oleh Solo. Banyak yang mengatakan jika oleh-oleh di sini lengkap, murah, dan berkualitas. Di pasar ini banyak ragam barang tradisional khas Solo seperti batik, blangkon, dan lainnya.

Selain pakaian, Pasar Klewer juga menyediakan makanan untuk oleh-oleh seperti jenang dodol, enting-enting, intip, brem, ampyang jahe, keripik tempe, dan lain-lain.

Adapun lokasi pasar ini di Jl. Dr. Radjiman, Gajahan, dan bukan pukul 08.00-17.00 WIB.

3. Toko Roti Orion

Toko ini menjual aneka roti yang lezat. Menu andalannya adalah roti semir, roti mirip patty dengan isian selai coklat atau vanila. Biasanya toko ini ramai pembeli, sehingga harus siap berdesakkan jika datang di jam sibuk.

Selain roti, toko ini juga menjual sejumlah kuliner lain, misalnya keripik ceker ayam, hingga usus goreng.

Untuk lokasi Toko Roti Orion berada di Jl. Jendral Urip Sumoharjo No.88, Purwodiningrat, Solo. Buka setiap hari pukul 07.30-20.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Toko Oleh-Oleh Cokro

4. Toko Oleh-Oleh Cokro

Rekomendasi tempat oleh-oleh selanjutnya adalah Toko Oleh-Oleh Cokro yang berlokasi di Jl. Dr. Rajiman No. 609 Laweyan, Solo. Buka setiap hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Toko ini menjual aneka jenis makanan kering maupun basah khas Solo. Misalnya peyek, abon, serundeng, emping, ampyang, rambak, dan lainnya. Selain itu, ada pula aneka kue basah, seperti jajanan pasar, bakpia, bluder, dan lain-lain.

5. Sentra Oleh-Oleh Mesran

Sentra Oleh-Oleh Mesran berada di Jl. Kalilarangan, Jayengan, Solo. Bukan setiap pagi sampai sore, biasanya menjual ragam makanan olahan seperti abon sapi, abon ayam, serundeng, keripik paru, roti kecik, usus goreng.

Menu favorit pembeli di toko ini adalah abon yang bercita rasa gurih. Harga-harganya cukup terjangkau, sehingga cocok untuk membeli banyak untuk teman, kerabat dan keluarga.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat