uefau17.com

Lengkap dan Murah, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh di Solo - Regional

, Solo - Berlibur ke Solo kurang lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khasnya. Sebagai salah satu destinasi tujuan pariwisata, Solo memiliki ragam oleh-oleh Solo yang melimpah.

Saat berkunjung ke Solo, akan menyenangkan jika bisa berburu berbagai jenis oleh-oleh sekaligus. Tak perlu khawatir, terdapat beberapa pusat oleh-oleh di Solo yang bisa kamu kunjungi untuk berburu aneka oleh-oleh.

Berikut rekomendasi pusat oleh-oleh Solo:

1. Sentra Oleh-Oleh Mesran

Sentra Oleh-Oleh Mesran atau Toko Abon Mesran Mistopawiro berlokasi di Jalan Kalilarangan No.71, Jayengan, Solo. Ada berbagai olahan kuliner lezat yang bisa dibeli di sini, seperti abon sapi, abon ayam, serundeng, keripik paru, roti kecik, usus goreng, dan lainnya. Salah satu yang menjadi favorit dan banyak diburu adalah abon dengan cita rasa gurih yang menggugah selera.

2. Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar Gede Hardjonagoro berlokasi di Jalan Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Pasar yang memiliki slogan 'Pasar Gede mboten sare' ini buka 24 jam, sehingga kamu bisa leluasa memilih oleh-oleh kapan saja.

Selain menjadi pusat oleh-oleh, pasar ini juga merupakan salah satu ikon wisata Kota Solo. Pasar ini pertama kali diresmikan oleh Paku Buwana X pada 12 Januari 1930.

Sementara itu, produk yang sering diborong adalah jamu, buah, kopi, pakaian, bumbu, hingga teh oplosan. Adapun di lantai dua, terdapat tempat jajan dimsum, kopi, tengkleng, dan lainnya. Saat mampir ke sini, kamu juga wajib mencoba kuliner lezat di sekitarnya, seperti es dawet selasih yang menyegarkan.

3. Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo adalah pusat oleh-oleh Solo yang cukup lengkap, murah, dan berkualitas. Tempat ini berlokasi di Jalan Dr. Radjiman, Gajahan.

Kamu bisa menemukan berbagai macam barang tradisional, seperti batik khas Solo, blangkon, dan beragam pakaian lainnya. Soal oleh-oleh, tempat ini juga menyediakan berbagai macam kuliner, mulai dari jenang dodol, enting-enting, intip, brem, ampyang jahe, keripik tempe, dan lainnya.

Serunya lagi, kamu masih bisa bernegosiasi dengan cara tawar-menawar dengan penjual. Dengan demikian, kamu akan lebih bisa menghemat pengeluaran untuk oleh-oleh.

4. Pusat Grosir Solo (PGS)

Pusat Grosir Solo (PGS) merupakan pusat oleh-oleh Solo yang menawarkan berbagai produk oleh-oleh lengkap dengan harga yang cenderung lebih murah. Uniknya, semakin banyak yang dibeli, maka akan semakin murah harganya.

Tempat ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, Solo. Kamu juga bisa membeli beberapa barang dalam jumlah banyak.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toko Roti Orion

5. Toko Roti Orion

Jika kamu mencari oleh-oleh berupa roti, maka Toko Roti Orion merupakan pilihan tepat. Toko Roti Orion berlokasi di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No.88, Purwodiningrat, Solo.

Salah satu sajian roti yang cukup banyak diminati adalah roti semir. Selain roti dan kue, di sini juga menawarkan pilihan oleh-oleh lain, seperti keripik ceker ayam hingga usus goreng.

6. Toko Oleh-Oleh Cokro

Toko Oleh-oleh Cokro berlokasi di Jalan Dr. Rajiman No.609, Laweyan, Solo. Tempat ini menjual aneka jenis makanan kering maupun basah khas Solo.

Beberapa pilihan oleh-oleh yang ditawarkan, di antaranya emping, peyek, karak, abon, serundeng, ampyang, rambak kulit, aneka keripik, aneka kue basah, jajan pasar, bakpia, bluder, dan lainnya.

7. Javenir Oleh-Oleh

Toko Oleh-Oleh Javenir atau Javenir Oleh-oleh merupakan toko yang khusus menjual aksesori, mulai dari gantungan kunci, kerajinan tangan. hingga aneka pakaian. Toko ini berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Blulukan, Solo.

Souvenir dan oleh-oleh yang dijual di pusat oleh-oleh ini dibuat menggunakan tangan atau handmade, sehingga lebih awet dan berkualitas.

8. Toko Bu Jono

Toko Bu Jono berlokasi di Jalan Dr. Radjiman No.616, Laweyan. Toko ini menjual aneka cemilan ringan, seperti keripik paru, abon, serundeng, karak batan, manisan, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp7.500 untuk intip goreng. Sementara itu, harga termahal berkisar antara Rp77.000 untuk cemilan abon.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat