uefau17.com

Ridwan Kamil Raih Kepuasan Kinerja Tertinggi saat Jabat Gubernur Jabar, Masuk 3 Besar Bursa Cagub Jakarta - Pemilu

, Jakarta - Sebuah survei terbaru soal kinerja kepala daerah dirilis oleh KATADATA Insight Center (KIC). Total ada tujuh provinsi yang dipotret KIC dalam survei yang dijalankan pada 3-9 Mei 2024, yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

"Hasilnya, nama Ridwan Kamil meraih suara terbanyak dalam kategori kepala daerah berkinerja baik dengan angka kepuasan masyarakat atas kinerjanya sebagai gubernur mencapai 88,3 persen," ujar Survei Manajer KIC Satria Triputra Wisnumurti dalam siaran pers diterima, Minggu (9/6/2024).

Menyusul Ridwan Kamil, lanjut dia, ada Khofifah Indar Parawansa yang meraih kepuasan publik di provinsi Jawa Timur saat menjabat sebagai gubernur dengan raihan 86,7 persen.

Pada posisi ketiga, sambung Satria, terdapat nama Andi Sudirman Sulaiman saat menjadi kepala daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dengan raihan 85,4 persen.

"Posisi keempat adalah Mahyeldi Ansharullah saat menjabat sebagai kepala daerah Sumatera Barat dengan memperoleh 82,4 suara responden. Posisi ke lima adalah Wahidin Halim (67,8 persen), Sumatera Utara (65,2 persen), keenam adalah Edy Rahmayadi 65,2 persen, ketujuh adalah Anies Baswedan (56,7 persen)," ucap dia.

Dengan capaian kinerja para mantan gubernur di 7 provinsi tersebut, Satria juga memotret sosok kuat untuk berkontestasi di Pilkada 2024 untuk 7 provinsi tersebut.

Hasilnya, kata dia, untuk Jakarta nama tiga kandidat tertinggi menjadi calon gubernur (cagub) adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan raihan 33,2 persen, disusul Anies dengan raihan 25,4 persen, dan Ridwan Kamil dengan raihan 20,00 persen.

"Meski masuk tiga besar, namun nama Ridwan Kamil berpeluang lebih besar di Jawa Barat, dengan raihan tertinggi yaitu 39,5 persen, disusul Dedi Mulyadi 18,1 persen dan Komeng 16,7 persen," papar Satria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Selanjutnya, Disusul Khofifah

Selanjutnya untuk Jawa Timur, Satria mencatat nama Khofifah masih yang tertinggi dengan raihan 43,3 persen disusul Tri Rismaharini 24,6 persen, dan Emil Dardak 13,5 persen sebagai tiga teratas.

"Untuk Banten, nama Airin masih paling unggul dengan raihan 32,8 persen, disusul Rano Karno 23,2 persen dan Wahidin Halim 12,1 persen," kata Satria.

Kemudian untuk Sumatera Utara, pada Pilkada 2024 nanti nama Bobby Nasution mendominasi dengan raihan 42,1 persen. Sedangkan sang petahana, Edy Rahmayadi hanya mendapat 23,1 persen.

Sisanya, Sumatera Barat ada nama Mahyeldi (38,3 persen) dan Andre Rosiade (29,2 persen) sebagai top two. Terakhir, Sulawesi Selatan nama petahana masih yang tertinggi yakni Andi Sudirman (23,8 persen) dengan pesaingnya Rusdi Masse (11,8 persen).

Sebagai informasi, Survei menggunakan platform data collection Survey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel.

Total ada 7,864 responden yang berpartisipasi dengan Margin of Error +/- 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat