uefau17.com

Gandeng Perusahaan Cina, Toyota Siap Luncurkan Mobil Listrik bZ3 - Otomotif

, Jakarta - Toyota memang cukup ketinggalan jauh terkait teknologi kendaraan listrik. Bahkan, ketika para pesaingnya, baik dari Jepang ataupun negara lain sudah menghadirkan banyak model ramah lingkungan berbasis baterai, raksasa otomotif berlambang lima oval ini baru akan meluncurkan sedan listrik.

Ya, model ini merupakan sedan listrik pertama Toyota, yang disebut bZ3 dan hanya untuk pasar Cina. Mobil nol emisi ini, dibangun oleh perusahaan patungan FAW-Toyota. Demikian dilansir Carnewschina, Senin (29/8/2022).

Toyota bZ3 ini, rencananya akan diluncurkan di pasar mobil listrik Negeri Tirai Bambu pada akhir kuartal empat 2022. Selain itu, model ini sendiri merupakan versi produksi dari mobil konsep bZ SDN 2021.

Toyota sendiri memang terlalu lama mempertahankan model hibridannya, sehingga benar-benar ketinggalan terkait pengembangan mobil baterai. Bahkan, model yang dikembangan murni hybrid bukan plug-in hybrid (PHEV). Padalah di Cina sendiri, hanya mobil listrik baterai, PHEV, dan FCEV yang dihitung sebagai kendaraan Energi Baru (NEV), dan berhak atas subsidi dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, untuk bZ3 ini, Toyota menggunakan teknologi BYD, tepatnya ke perusahaan bernama Fudi Industrial, anak perusahaan dari BYD yang menjual teknologi mobil listrik ke pembuat mobil lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Platform

Sedangkan untuk platformnya, akan didasarkan dengan arsitektur e-TNGA. Model ini, akan menggunakan BYD Blade LFP, tetapi dengan ukuran baterai yang belum diketahui detailnya.

Motor 'TZ200-XS002' hadir dalam dua jenis, yaitu 183 k pada model dasar dan 244 tk pada model spesifikasi teratas. Kecepatan tertinggi dibatasi hingga 160 km/jam untuk kedua versi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat