uefau17.com

Peran Penting Dashcam di Mobil Supaya Terhindar dari Kesalahpahaman - Otomotif

, Jakarta - Keberadaan dashboard camera (dashcam) beresolusi tinggi semakin penting mengingat maraknya kasus kecelakaan palsu yang sudah ditargetkan di jalan-jalan yang tidak terpantau CCTV. Kasus-kasus ini sering kali bertujuan untuk meminta tebusan dari pengendara yang lewat, meski tanpa bukti.

Biasanya, pelaku dari kejadian seperti ini sudah bekerjasama dengan preman setempat, menjadikan pengendara sebagai korban yang mudah dieksploitasi.

Peran dashcam tidak hanya membantu membuktikan ketidakbersalahannya, tetapi juga menjadi bukti betapa pentingnya perangkat ini dalam menjaga keamanan di jalan raya.

Dengan rekaman berkualitas tinggi, setiap insiden bisa dianalisis dengan tepat, menghindarkan pengendara dari kesalahpahaman dan potensi kerugian yang lebih besar.

Seperti insiden yang menimpa pengemudi mobil bernama Rizky. Dirinya nyaris dikira sebagai penyebab kecelakaan seorang ibu bersama anaknya yang tiba-tiba terjatuh di depan mobilnya.

Kejadian ini awalnya memicu kesalahpahaman di antara masyarakat yang menyaksikan. Namun, rekaman dashcam berhasil mengungkap kebenaran dan membebaskan pengemudi dari tuduhan yang tidak berdasar.

Hasil rekaman dashcam Dekka dengan resolusi 4K yang digunakan Rizky memperlihatkan bahwa ibu dan anak tersebut jatuh bukan karena tertabrak mobil, melainkan karena gagal menaiki kendaraan bermotor yang sedang parkir di tepi jalan.

"Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, namun sekarang setidaknya kita memiliki bukti yang cukup bisa diandalkan," ungkap Rizky setelah menunjukkan rekaman dashcam kepada pihak berwenang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Dashcam Dekka

Bicara soal dashcam Dekka, produk ini sendiri ditawarkan dengan harga relatif terjangkau dan tersedia dalam beberapa tipe.

"Dashcam DEKKA memiliki harga terjangkau mulai Rp 900 ribuan untuk tipe 1 kamera, hingga Rp 2 jutaan untuk tipe 2 kamera resolusi 4K, tanpa ada embel-embel biaya tersembunyi karena sudah mencakup free pemasangan di lebih dari 51 kantor cabang PT SUPER SPRING, mendapatkan hardwire kit, dan free memory card," terang CEO PT SUPERSPRING Arianto Furiady.

Setiap pembelian dashcam Dekka, konsumen berhak atas garansi selama dua (2) tahun. Garansi ini jadi yang terpanjang yang ditawarkan produsen Dashcam di Indonesia pada saat ini.

"Jika dalam masa garansi terdapat kerusakan, garansi ganti baru. Tentu ini adalah jaminan yang tidak semua produsen aksesoris kendaraan seperti Dashcam bisa melakukannya," tutup Arianto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat