uefau17.com

Cuaca Hari Ini Sabtu 15 Juni 2024: Hujan Guyur Jabodetabek Malam Nanti - News

, Jakarta - Di akhir pekan, Sabtu (15/6/2024), langit pagi Jakarta diprediksi keseluruhannya berawan, kecuali Kepulauan Seribu hujan ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca Jakarta seluruhnya diprediksi cerah berawan siang nanti, tanpa ada hujan sama sekali.

Untuk malam hari nanti diprakirakan seluruh langitnya diprakirakan BMKG turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada malam hari," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, cuaca pada pagi hari ini diprediksi cerah berawan, siang hujan ringan, dan malam nanti waspada hujan petir.

Lalu di Depok, Jawa Barat diprakirakan langit paginya cerah berawan, siang waspada bakal hujan petir, dan malam nanti hujan berintensitas ringan.

Sedangkan di Kota Bogor, Jawa Barat langit pagi ini diprediksi cerah berawan, siang hujan dengan intensitas sedang, dan malam hari nanti hujan ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada waktu menjelang siang, hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten dan Kota Bekasi," kata BMKG.

Kemudian di Kota Tangerang, Banten di pagi ini diprakirakan cerah berawan, siang hujan ringan, dan malam nanti hujan dengan intensitas sedang.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Selatan   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Sedang
 Jakarta Timur   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Sedang
 Jakarta Utara   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Sedang
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Cerah Berawan  Hujan Sedang
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Petir
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Sedang

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat Cuaca Panas Ekstrem dari Salafus Shalih, dan Hikmah di Baliknya

Sebelumnya, Indonesia dan wilayah sekitarnya sering sekali mengalami cuaca panas yang luar biasa. Keadaan ini tergolong tidak biasa dan membuat banyak orang tidak nyaman dengan suhu tersebut.

Meskipun demikian, kita dapat bersyukur bahwa para ulama dan wali Allah SWT telah memberikan berbagai tuntunan doa yang sangat bermanfaat dalam menghadapi situasi ekstrem seperti ini.

Doa semacam ini menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi banyak orang di tengah panas yang menyengat ini.

Dalam keadaan panas yang tidak biasa ini, menjalankan amalan-amalan ibadah serta memperbanyak zikir dan doa bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Bersyukur atas nikmat-Nya dan kesabaran dalam menghadapi cobaan adalah kunci dalam menghadapi cuaca panas ekstrem seperti ini.

3 dari 3 halaman

Berikut Doa yang Bisa Diamalkan

Mengutip islamindonesia.id, berikut ini salah satu doa yang disampaikan oleh Allahu Yarham Al-Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali Al-Masyhur, dalam salah satu pengajian yang diasuh olehnya saat masih hidup.

Ia menyampaikan bahwa para salafus shalih selalu berdoa pada hari yang sangat panas dengan doa berikut:

"Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa Ala Sayyidna Muhammad ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma qini min harri nari Jahannam."

"Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Allah alangkah panasnya hari ini, Ya Allah jagalah hamba dari panasnya Api Neraka Jahanam."

Semoga dengan kita mengamalkan ijazah ini, Allah berikan keringanan kepada kita terhadap cuaca panas akhir-akhir ini, dan Allah karuniai kita semua keselamatan dari azab api neraka Jahanam.

Selain doa tersebut, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga harus semakin ditingkatkan.

Dengan memperhatikan dampak dari perubahan iklim dan pola hidup yang ramah lingkungan, diharapkan dapat membantu dalam mengurangi intensitas cuaca ekstrem seperti panas yang sedang kita alami.

Upaya kolektif untuk menjaga kelestarian alam menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata dan merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat