uefau17.com

Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Korsel, DPR: Momentum Bagi Generasi Muda - News

, Jakarta Timnas Indonesia U-23 sukses lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menyingkirkan 10 pemain Korea Selatan lewat drama penalti panjang di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Garuda Muda unggul 11-10 (2-2) melalui adu penalti.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengucapkan apresiasi atas prestasi yang diraih Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23 2024 tersebut.

"Kemenangan ini adalah momentum, sebuah prestasi luar biasa dan sejarah karena Anak asuh Shin Tae-Yong menjadi satu-satunya tim di Piala Asia yang mampu menjebol gawang Tim Ginseng. Tim sekelas Jepang, Uni Emirat Arab, hingga China bahkan gagal memasukan gawang ke jala Jong boem Baek ini," kata dia dalam keterangannya, Jumat (26/4/2024).

Politikus Golkar ini juga mengungkapkan, sudah sewajarnya memberikan dukungan penuh yang berkelanjutan dari semua pihak dalam pengembangan olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola.

"Kemenangan ini harus dijadikan momentum untuk terus mengembangkan infrastruktur olahraga serta talenta-talenta muda di tanah air. Harapan saya, kemenangan hebat yang kita peroleh ini agar menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia terlebih untuk para benih-benih atlet sepak bola kita untuk terus mengasah kemampuan dan mengejar mimpi mereka di dunia sepak bola dan olahraga pada umumnya," ungkap Hetifah.

Selain itu, dia berharap Timnas Indonesia U-23 bisa memenangkan pertandingan selanjutnya untuk bisa memastikan tempat di ajang Olimpiade Paris mendatang.

"Kita tentu mengharapkan penampilan maksimal dari para pemain timnas kita, juga support luar biasa dari para official termasuk Pelatih Shin Tae-Yong untuk membawa Garuda Muda kita bisa memenangkan pertandingan yang akan datang dan memenangkan tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris yang akan datang ini, kita doakan yang terbaik untuk para atlet-atlet berbakat kita," ungkap Hetifah.

"Sekaligus ini menjadi momentum ulangi olimpiade 1956 melbourne saat menahan imbang Rusia 0-0 dipetkuat Lev Yashin legenda kiper Rusia saat itu, karena kita belum pernah tampil lagi di olimpiade sejak itu. Saya optimis ini akan menjadi hal yang baik dalam dunia olahraga kita kedepannya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pujian dari Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui instagram pribadinya, @jokowi memuji kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia U-23 yang berhasil memenangkan laga kontra Korea Selatan di perempat final Piala Asia AFC U-23. Menurut presiden, kemenangan tersebut menjadi prestasi yang luar biasa.

“Prestasi luar biasa dari Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 Indonesia setelah mengalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia AFC U-23,” bangga presiden, seperti dikutip Jumat (26/5/2024).

Jokowi mencatat, kemenangan tersebut sekaligus menorehkan tinta emas bagi sepak bola tanah air. Karena masuknya Indonesia ke babak semi final adalah kali pertama dalam sejarah.

“Pertama kalinya Indonesia berhasil mencapai babak semifinal di kompetisi ini, sangat bersejarah!,” seru Jokowi.

3 dari 3 halaman

Selamat dan Doa

Jokowi pun mengucapkan selamat dan berdoa kepada Garuda Muda agar bisa terbang lebih tinggi hingga memenangkan kejuaraan Piala AFC 2023 U-23.

“Selamat kepada timnas Garuda Muda! Semoga dalam babak semifinal, Indonesia dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dan meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Teruslah bersemangat, Timnas Indonesia!, Jokowi memungkasi.

Diketahui, kemenangan Indonesia dinilai sangat dramatis. Sebab, hal itu diaraih dari sebuah drama adu penalti panjang untuk menyisihkan 10 orang Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Hasilnya, Garuda Muda unggul 11-10 (2-2) melalui adu penalti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat