uefau17.com

Deretan Fakta soal Kabar Pembakaran dan Penjarahan Thamrin City - News

, Jakarta - Viral video di media sosial Twitter terkait adanya kerusuhan dan penjarahan terjadi di Thamrin City, Jakarta Pusat, pada Selasa malam, 13 Oktober 2020.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto pun angkat bicara. Dia menegaskan, informasi itu adalah hoaks alias tidak benar.

"Tidak ada, tidak benar," ujar Heru saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Oktober 2020.

Hal itu diyakinkan Heru lantaran dirinya sudah langsung mengecek ke tempat lokasi kejadian di Thamrin City dan tidak ada penjarahan.

Sementara itu, Kapolsek Tanah Abang AKBP Raden Muhammad Jauhari menjelaskan warga dengan aparat keamanan sempat terlibat bentrokan.

Dan kejadian di Thamrin City adalah pembuangan massa demo dari Gambir dan Menteng mengarah ke Tanah Abang. Namun kemudian diadang, hingga terjadilah gesekan.

Berikut deretan fakta terkait kabar adanya kerusuhan dan penjarahan yang terjadi di Thamrin City dihimpun :

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Viral di Sosial Media

Sebelumnya, viral video di media sosial Twitter soal ramainya kawasan pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta Pusat, pada Selasa malam, 13 Oktober 2020.

Dalam rekaman video terlihat adanya kebakaran dan massa yang nampaknya bentrok dengan aparat petugas kepolisian.

"Tanah Abang pecah, Thamrin City pecah nih nih sekarang valid, pecah pecah. Thamrin City pecah, lagi dijarah, Thamrin City lagi dijarah buruan ke Thamrin City sekarang," ujar seseorang dalam video yang juga perekam.

Tak hanya satu video, ada pula video lain yang memperlihatkan adanya kebakaran yang terjadi di Thamrin City. Terlihat pula kerusuhan antara massa dengan petugas.

Kemudian, beredar juga video petugas yang tampak menembakkan gas air mata agar massa dapat diredam.

 

3 dari 5 halaman

Hoaks Kabar Pembakaran dan Penjarahan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengklarifikasi informasi yang beredar di media sosial terkait rekaman video yang menampilkan pembakaran dan penjarahan di Thamrin City, Jakarta Pusat. Dia menegaskan, informasi itu adalah hoaks alias tidak benar.

"Tidak ada, tidak benar," kata dia saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Oktober 2020.

Heru menyatakan hal tersebut setelah mengecek langsung ke lokasi di Thamrin City. "Saya ada di tempat kejadian perkara (TKP), aman tidak ada yang dijarah," ujar Heru.

Heru memastikan situasi di Thamrin City, Jakarta Pusat aman. Menurut dia, Warga juga sudah membubarkan diri.

"Saya yakinkan dan saya pastikan tidak ada penjarahan dan aman. Landai-landai. Warga sudah kembali kita pasukan juga sudah kembali," jelas Heru.

 

4 dari 5 halaman

Sempat Ada Bentrokan

Kapolsek Tanah Abang AKBP Raden Muhammad Jauhari menjelaskan warga dengan aparat keamanan sempat terlibat bentrokan.

"Itu hanya pembuangan massa dari Gambir sama Menteng mengarah ke Tanah Abang, kemudian diadang sama pasukan kita, terjadi gesekan. Tidak ada penjarahan, tidak ada," tutur dia.

Jauhari mengatakan, kepolisian beberapa kali menembakan gas air mata untuk mengurai massa.

"Tembakan gas air mata aja, jadi enggak ada pembakaran dan penjarahan enggak ada," ucap dia.

 

5 dari 5 halaman

Situasi Sudah Kembali Kondusif

Jauhari memyatakan, saat ini situasi di sekitar Thamrin City telah kondusif. Dia menyebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat untuk melakukan pengamanan.

"Aman semua, kita sudah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat di Thamrin City untuk mengamankan warganya masing-masing," tegas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat