uefau17.com

Kenangan Shireen Sungkar Saat Ibadah Haji, Alami Sunset Tersedih Saat Wukuf di Arafah - Lifestyle

, Jakarta - Shireen Sungkar dan suaminya, Teuku Wisnu, telah menunaikan ibadah haji beberapa tahun lalu. Terhitung masih muda, keduanya bisa pergi haji dengan visa furoda dan undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi.

Meski telah lama, pengalamn haji sangat berkesan bagi keduanya. Shireen Sungkar pun mengungkap hal tak terlupakan saat bertemu dengan umat Muslim lainnya di Tanah Suci.

"Haji itu bakal ngeliat manusia banyak banget, walaupun pas aku ke sana sepi sih. Satu setengah juta ya, nggak seramai tahun ini," ungkapnya di awal video yang diunggah akun resminya @shireenwisnu pada 2 Juni 2024.

Di tengah lautan manusia yang berbondong-bondong meminta ampunan kepada Allah dan minta diundang agar bisa menjejakkan kaki di Tanah Suci, Shireen mengingat pemandangan serba putih dari pakaian jemaah haji dari seluruh dunia. "Di mana orang di Arafah kanan kiri semuanya nangis, punya hajat masing-masing dan tujuannya yaitu pengen dikabulin sama Allah," sambungnya.

"Di situ ngeliat saya siapa ya mau sombong, kok masih bisa sombong sebagai manusia. Sedangkan di luar sana, banyak orang yang benar-benar nabung puluhan tahun untuk haji," cerita mantan pesinetroj Cinta Fitri itu sambil menahan tangis.

Ia merasa pengorbanan jemaah haji lainnya untuk bisa menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut pastilah lebih besar dibandingkan dirinya. Ia merasa malu pernah sombong, karena di mata Allah yang terpenting adalah orang dengan ibadah terbaik.

"Pas haji sih ngerasa lebih kayak malu sih. Kayak duh selama ini gue sombong banget ya, padahal maksudnya semua orang ngejar surga gitu," imbuh wanita 32 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Tersedih Saat Wukuf

Salah satu yang berkesan bagi Shireen adalah saat menjalani wukuf di Padang Arafah. Wukuf merupakan puncak ibadah haji. Tak seperti momen matahari terbenam lainnya yang terasa sangat indah dan menyenangkan, saat matahari terbenam di Padang Arafah justru meninggalkan rasa sedih mendalam. 

"Arafah tuh ya, itu sunset tersedih dalam hidup aku, yang biasanya sunset di Bali tuh indah banget, itu sedih banget," kata istri Teuku Wisnu sambil menangis dikutip dari akun TikTok menujuraudhah pada Kamis, 2 Mei 2024. 

"Kayak nandain 'Ya Allah berarti sebentar lagi Arafah selesai, apa iya saya bisa ke sini lagi? Apa iya saya bisa haji lagi, apa bisa saya doa lagi selama ini dengan taufik dari Allah. Apa bisa saya jadi tamu Allah lagi?'," katanya lagi.

Selain melantunkan banyak zikir dan berdoa, di momen ini Shireen Sungkar juga bertaubat, merenung atas segala kesalahannya di masa lalu. "Dan lingkungannya masyaallah, teman-teman samping kanan kiri nggak ada yang berhenti berdoa, masalah kita tuh banyak gitu kan. Sampai ustaz juga menyampaikan, kalau kamu nggak tahu mau doa apa lagi, ya taubat aja, dosa kita banyak," beber Shireen. 

3 dari 4 halaman

Ingin Bisa Haji Lagi

Dia mengingat satu per satu kesalahannya. Tampaknya, ada perbuatan di masa lalu yang dia sesali di masa kini. "Dan itu perasaannya nggak karuan, kayak ingat dulu gimana ngelawan orangtua, gimana dulu nggak pakai hijab, nutup aurat, gimana sinetron gue ditonton sampai hari ini?" tanya dia. 

Jika diberi kesempatan lagi untuk menunaikan ibadah haji, Shireen Sungkar ini menyempurnakan lagi ibadahnya yang terasa kurang. Dia berharap, haji 2022 tidak menjadi pengalamannya yang terakhir. 

"Pas maghrib wah itu sedih banget kayak ya Allah sudah selesai, ke sini lagi nggak ya, Arafah tuh sedih banget. Makanya pengin banget diulang. Aku tuh sampai kayak, poin ini aku salah, poin ini aku kurang, kayak penginnya bisa better kalau dapat haji lagi. Kalau kemarin kan pengalaman pertama," tutup ibu tiga anak itu.

Setelah berhaji pada 2022, Shireen juga pergi umrah saat Ramadhan bareng teman-temannya di Geng Cendol. Salah satunya ada Paula Verhoeven yang kini sudah mengenakan hijab.

4 dari 4 halaman

Umrah di Bulan Ramadhan

Para selebritas Tanah Air tampak sangat bersyukur bisa menunaikan umrah di bulan yang baik. Mereka senang bisa maksimal beribadah di Mekkah dan Madinah bersama ribuan umat muslim dari seluruh dunia.

Paula merasa bersyukur merasakan berbuka puasa di Madinah. "Scroll through Madina’s Journey 🤍 alhamdulillah #allahummabarik," tuturnya di Instagram pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Selain bersama teman-temannya, Shireen juga pergi ke Tanah Suci bersama sang ibu tercinta. Dia sempat membagikan momen bersama sang ibunda saat di Madinah.

"Mama 🤍الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ" ungkapnya di keterangan fotonya yang diunggah di Instagram.

Pada akhir 2023, Shireen juga pergi umrah bersama suami serta anak sulungnya, Teuku Adam Al Fatif. Kepergiannya tersebut bersamaan dengan liburan akhir tahun.

Shireen dan Wisnu sengaja mengajak Adam umrah karena itu merupakan keinginannya untuk beribadah di Tanah Suci. Saat umrah, bintang sinetron Cinta Fitri itu terlihat kerap mengenakan cadar saat ke luar dari penginapan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat