uefau17.com

Lantang Serukan Bela Palestina, Mengapa Zaskia Sungkar Malah Diprotes Warganet? - Lifestyle

, Jakarta - Banyak selebriti di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, yang cukup lantang menyuarakan isu genosida yang terjadi di Palestina oleh Israel. Salah satunya adalah Zaskia Sungkar. Istri Irwansyah itu kerap membagikan unggahan tentang kebebasan Palestina. Saat berkegiatan, Zaskia juga tak segan untuk mengibarkan bendera negara tersebut.

Kia, nama panggilannya, bahkan turut mengibarkan bendera Palestina ketika tanding berkuda dan memanah. Wanita berusia 33 tahun ini diketahui mengikuti kompetisi Muyassar Internal Competition dan meraih gelar juara kedua.

Saat sedang menunggang kuda, Zaskia sembari memegang bendera Palestina yang diikat pada tongkat kayu dengan satu tangannya "Thankyou for the wonderful experience, happy bgt sama tema hari ini, " tulis Zaskia dalam keterangan unggahannya, 2 Juni 2024.

Unggahan tersebut justru memantik kritikan dari warganet.  Zaskia kena sentil publik atas sikap adiknya Shireen Sungkar yang masih menerima pekerjaan untuk brand yang masuk daftar boikot karena diketahui perusahaan induknya disebut pro Israel.

Padahal sama seperti Zaskia, Shireen juga termasuk lantang dalam menyuarakan keberpihakan terhadap Palestina. Tindakan tersebut dinilai masih setengah-setengah dalam membela kebebasan terhadap Palestina.

Kakak beradik itu pun diminta untuk bersikap tegas dalam mengambil sikap keberpihakan, mengingat posisinya sebagai publik figur yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Lntaran kolom komentar di akun Instagram Shireen dibatasi, warganet pun menumpahkan kritikannya di unggahan Zaskia.

"Jika berdiri di dua sisi, satu membela satu sisi mendukung brand yg mendukung israel, jelaskanlah dimana anda berpihak. Jangan abu2. Jika masih terkendala kontrak maka selesaikanlah. Anda influencer yg membawa pengaruh pada bnyk orang. Semoga Allah memudahkan anda dalam berpihak," komentar seorang warganet.

"Please ka, tunjukan kalau anda cinta palestine. Jangan setengah setengah," tulis warganet lain.

"Teriak bela palestine, tapi dukung brand yang pro israel," kata warganet yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zaskai Kenakan Outfit Bernuansa Palestina

Selain lewat olahraga berkuda, Kia menunjukkan dukungannya melalui busana yang ia kenakan. Seperti ketika menggelar show di Jakarta Muslim Fashion Week di tahun lalu, ia mengenakan outfit dengan nuansa khas Palestina.

Ibu satu anak ini mengenakan hijab dan blus serba hitam yang sangat kental dengan nuansa duka dan keprihatinan. Ia juga mengenakan scarf motif keffiyeh sebagai statement dukungannya pada Palestina. Pada bagian ujung scarf terdapat tiga warna yang melambangkan bendera Palestina, yaitu hijau, hitam, merah dan putih.

Tampilan Zaskia tersebut sangat menonjolkan motif keffiyeh, kain penutup kepala pejuang Palestina yang dikemas dengan anggun dan bermakna. Mengutip dari laman dream.co.id, Zaskia mengenakan busana bernuansa Palestina tersebut saat tampil di atas catwalk JMFW.

Berdiri di antara para model, tampilan Zaskia begitu mencolok dengan scarf Palestina di lehernya. Pernyataan dukungan yang sangat menarik perhatian. Dalam tampilannya tersebut, ia melengkapinya dengan rok yang juga bermotif seperti keffiyeh, dengan warna hitam putih. Modelnya lebar dan tak memperlihatkan lekuk tubuh.

Look "Tribute to Palestine" Zaskia makin keren dengan hijab dan kacamata hitam. Ia juga terlihat menjinjing tas bernuansa marun yang membuat tampilannya jadi begitu lengkap. Untuk alas kaki, Zaskia memilih untuk mengenakan leather heels boot berwarna khaki. Alas kaki warna terang dipilih Zaskia untuk menyeimbangkan outfit-nya yang serba gelap.

 

3 dari 4 halaman

Syal Dukungan untuk Plaestina

Dalam kesempatan lainnya, Zaskia Sungkar juga menunjukkan dukungan terhadap Palestina melalui outfit yang dihiasi gambar masjid Al-Aqsa, salah satu situs yang sangat berharga bagi umat muslim di seluruh dunia. Letaknya berada di Gaza, Palestina.

Dalam penampilannya, Zaskia memilih atasan hitam berbahan satin yang dipadukan dengan rok hitam putih. Ia memakai hijab hitam yang bergaya sederhana. Tak lupa kacamata putih membuat tampilannya lebih memukau.

Sentuhan khusus terdapat pada syal putihnya yang memiliki gambar masjid Al-Aqsa. Syal ini memberikan pesan kuat tentang kepedulian terhadap kondisi di Palestina. Pemilihan warna merah, hijau, dan putih sebagai aksen pada busananya juga menjadi simbol dari bendera Palestina.

Baru-baru ini, kamp warga Palestina di Rafah digempur militer Israel, dunia mengecam dan mengutuk aksi tersebut tak terkecuali artis Indonesia. Mereka menyuarakan: All Eyes on Rafah.

Deretan selebriti Tanah Air yang menyuarakan rasa kemanusiaan untuk Palestina terbilang banyak. Zaskia mengingatkan publik unggahan soal Rafah mungkin saja dihapus. Namun, untaian doa untuk Rafah tak mungkin terhapus. 

4 dari 4 halaman

Zaskia Ikut Dukung All Eyes on Rafah

Rizky Nazar juga bersuara untuk Rafah. Nama lain yang lantas menyuarakan kemanusiaan, Acha Septriasa hingga Novia Bachmid. Mengunggah potret dataran gersang dengan sejumlah bala bantuan sebagai “tempat” warga sipil menyandarkan hidup, Acha Septriasa melayangkan dukungan untuk Palestina lewat unggahannya di Instagram.

Sejumlah boks bantuan berwarna broken white membentuk tulisan, “All eyes on Rafah.” Pelantun “Sampai Menutup Mata” menyerukan rasa kemanusiaan untuk saudara jauh. All Eyes On Rafah juga diunggah Novia Bachmid di Instagram Stories, Selasa, 28 Mei 2024.

Tanpa status teks panjang lebar dan emotikon karena gambar merefleksikan banyak kata. Unggahan Novia Bachmid sama dengan Rizky Nazar dan Acha Septriasa, yakni bala bantuan membentuk kalimat All Eyes On Rafah. Sebuah pengingat tentang tragedi kemanusiaan.

Beda dengan yang lain, Nyonya Irwansyah mengunggah warna hitam dengan kalimat All eyes on Rafah di kiri atas. Tergambar jelas nuansa duka lara dalam unggahan ini.

Menyertai unggahan pada 28 Mei 2024, Zaskia Sungkar mengingatkan, "All eyes for Rafah. Kalau postingan kita ada yang di take down, doa kita gak akan ada yang bisa hapus.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat