uefau17.com

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Liburan Sekolah dan Long Weekend, Berkunjung ke Kebon Pines Cikole Lembang - Lifestyle

, Jakarta - Libur sekolah hampir tiba. Ini saatnya untuk menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga dengan pergi ke destinasi wisata menarik. Tak perlu keluar negeri atau bahkan jauh-jauh dari Jakarta, Anda bisa mengajak buah hati ke Kebon Pines yang berlokasi di Jalan Genteng Nomor 1 Lapangan Jendral, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dari pusat kota Bandung, jaraknya 24 kilometer. Butuh waktu sekitar satu jam perjalanan. Ketika sampai di sini, Anda akan disuguhi pemandangan kebun pinus yang rindang, teduh, ditambah dengan udara Lembang yang sejuk. Tiket masuknya Rp15 ribu per orang.

Berbagai persiapan dilakukan pengelola menyambut pengunjung, terutama di long weekend dan libur sekolah. Admin dari wisata Kebon Pines, Salma Selina (24), mengatakan biasanya saat libur sekolah, jumlah pengunjung meningkat 10--20 persen dibandingkan hari biasa.

"Untuk prediksi tahun ini kami tidak bisa memprediksi, karena untuk sekarang, kami dengar ada larangan untuk study tour dari pemerintah," ujar Salma.

Meski begitu, pihaknya tetap mempercantik area wisata, seperti menambah fasilitas rekreasi untuk glamping dan barbekyu, membenahi camping ground, dan fasilitas lainnya. Mereka juga melakukan perawatan wahana-wahana yang ada.

"Bila pengunjung membludak terus daya tampung di tempat kami sudah tidak memadai, kami akan lakukan buka tutup untuk pengunjung yang memasuki tempat kami, dan kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait," jelas Salma.

Karena itu wisata alam dan cuaca kadang tidak menentu, Kebon Pines sudah menyediakan aula yang cukup besar dan gazebo di beberapa titik untuk pengunjung berteduh saat hujan. "Yang paling penting adalah selalu mengikuti arahan dari petugas kami," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Aktivitas Seru di Kebon Pines

Ketika berkunjung ke sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas luar ruangan yang menyenangkan. Berikut berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba:

1. Paintball

Biaya untuk bermain paintball adalah Rp85 ribu per orang. Dengan harga ini, Anda akan mendapat google kacamata, baju dan celana army, 40 peluru, dan instruktur yang akan mendampingi selama bermain.

Permainan ini bisa dicoba oleh orang dewasa hingga anak-anak. Dalam permainan ini, Anda akan saling menembak pemain lain dengan menggunakan tembakan yang berisi peluru yang berwarna. Jadi, permainan ini relatif aman meski dimainkan oleh anak-anak.

2. ATV

Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin, bisa naik ATV ini. Nantinya, Anda akan melewati trek yang sudah disiapkan. Biayanya Rp50 ribu untuk tiga kali putaran.

3. Wayana

Wayana adalah aktivitas baru yang ada di Kebon Pines. Konsepnya hampir mirip seperti flying fox, namun bedanya, Anda akan duduk di sebuah kursi yang mirip seperti ayunan yang kemudian akan didorong dari ketinggian tertentu.

Panjang lintasan untuk wahana ini yaitu 100 meter dengan ketinggian 15 meter. Anda bisa berfoto di atas ketinggian sambil menikmati hutan pinus dari ketinggian. Harga wahana ini Rp15 per orang untuk durasi kurang lebih 3–5 menit.

4. Archery

Kegiatan memanah bisa untuk anak-anak dan dewasa. Anda cukup membayar Rp65 ribu per paket dan sudah dapat anak panah beserta busurnya. 

Anda akan menembak sasaran pada jarak yang sudah ditentukan dengan durasi 15 menit. Kegiatan ini cocok bagi Anda yang suka dengan panahan, ingin belajar panahan, atau sekadar seru-seruan saja.

3 dari 4 halaman

5. Flying Fox

Bagi Anda yang suka dengan ketinggian atau yang ingin menguji adrenalin, cobalah naik wahana yang satu ini. Wahana ini berlaku untuk usia dari 5 tahun ke atas dengan berat badan maksimal 150 kilogram. Dengan panjang 110 meter ini, Anda akan terasa seperti terbang di udara. Untuk naik wahana ini, Anda cukup membayar seharga Rp15 ribu.

6. Wooden Bridge

Dengan tinggi 10 meter dan panjang 128 meter, Anda bisa berjalan dan menikmati hutan pinus di atas jembatan kayu ini. Untuk jalan-jalan di jembatan kayu ini, sangat direkomendasikan pada sore atau malam hari saat lampu-lampu di sepanjang jembatan ini menyala dengan indah. Anda cukup membayar Rp20 ribu saja untuk menikmati pemandangan indah dari jembatan kayu ini.

Bagi Anda yang membawa anak usia 3 tahun, itu sudah dikenakan tiket. Tidak ada waktu yang ditentukan, tergantung pengunjung. Di sini ada empat platform jembatan dengan masing-masingnya bisa dilewati maksimal tiga orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak maksimal lima orang.

7. Sepeda Listrik

Area Kebon Pines ini sangat luas, akan sangat melelahkan jika mengelilingi wisata ini hanya dengan berjalan kaki. Nah, sekarang ada sepeda listrik yang bisa Anda sewa. Cukup membayar Rp50 ribu per satu jam (berlaku untuk dewasa dan anak-anak), Anda diperbolehkan berkendara di sekeliling Taman Wisata Kebon Pines saja. 

4 dari 4 halaman

Bisa Kemping Tanpa Bawa Peralatan Sendiri

Selain banyak aktivitas seru, di Kebon Pines juga Anda bisa berpiknik bersama keluarga di bawah pohon pinus yang rindang dengan suasana yang sejuk. Anda bisa memesan paket BBQ dengan harga mulai dari Rp99 ribu sudah lengkap dengan alat-alatnya. 

Berbagai fasilitas umum juga tersedia dengan lengkap di Taman Wisata Kebon Pines, di antaranya area parkir yang luas, musala, gazebo, toilet, dan taman untuk berpiknik yang luas. Bagi Anda yang ingin menggelar tenda bersama keluarga atau teman, terdapat area camping yang sangat luas juga.

Bagi Anda yang ingin camping tapi tidak punya alat-alatnya, jangan khawatir karena Kepon Pines juga menyewakan paket kemping. Terdapat dua paket camping yang tersedia dengan harga yang berbeda, yaitu Paket Arpenaz 4.0 (Rp450 ribu) dan Paket Arpenaz 4.2 (Rp600 ribu).

Fasilitas yang didapatkan dari Paket Arpenaz 4.0 di antaranya tenda, instalasi listrik, tiket camping untuk empat orang, cooking set, lampu tenda, extra bed full set, dan free satu tiket wahana wooden bridge. Sedangkan untuk Paket Arpenaz 4.2, mendapatkan fasilitas tenda, instalasi listrik, tiket camping untuk 4–6 orang, cooking set, kursi set, lampu tenda, extra bed full set, flysheet, dan free satu tiket wahana wooden bridge

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat