uefau17.com

Inggris Bukan Tempat Aman Bagi Meghan Markle dan Anak-Anak Pangeran Harry, hingga Lebih Pilih Mundur dari Kerajaan - Lifestyle

, Jakarta - Dalam sidang tiga hari di London, pengacara Pangeran Harry menyampaikan pernyataan dari Duke of Sussex, yang tidak hadir di pengadilan. Putra bungsu Raja Charles III itu mengatakan terpaksa mundur dari perannya di kerajaan dan meninggalkan Inggris pada 2020.

Mengutip laman People, Sabtu (9/12/2023), Harry melalui pengacaranya mengungkap alasannya terkait masalah keamanan keluarganya yaitu istrinya, Meghan Markle dan kedua anak mereka, Pangeran Archie (4) dan Putri Lilibet (2).

"Kami berdua sangat sedih karena saya dan istri merasa terpaksa mundur dari peran ini dan meninggalkan negara ini pada tahun 2020," katanya dalam pernyataan, menurut ITV.

Harry merasa Inggris sebagai rumahnya, tanah kelahirannya dan ia ingin istrinya merasa seperti di rumah sendiri, sama seperti tempat mereka tinggal saat ini di Amerika Serikat. "Hal itu tidak dapat terjadi jika tidak ada kemungkinan untuk melakukannya, menjaga mereka tetap aman saat berada di tanah Inggris," ungkapnya.

Ia melanjutkan, "Aku tidak bisa menempatkan istriku dalam bahaya seperti itu, dan mengingat pengalamanku dalam hidup, aku juga enggan menempatkan diriku dalam bahaya yang tidak perlu."

Pengacara Duke of Sussex menentang keputusan Komite Eksekutif untuk Perlindungan Royalti dan Tokoh Masyarakat (RAVEC) pada Februari 2020 yang menghapus hak otomatis Harry atas keamanan polisi Inggris. Meski Pangeran Harry menawarkan untuk menanggung biaya keamanan, tawaran itu ditolak.

Tim hukum Duke of Sussex sempat menyatakan bahwa dia "merasa tidak aman" membawa kedua anaknya ke Inggris. "Tentu saja, tidak perlu dikatakan lagi bahwa dia ingin kembali bertemu keluarga dan teman-teman dan terus mendukung badan amal yang sangat dekat di hatinya," kata pengacaranya, Shaheed Fatima pada 2022 di Royal Courts of Justice. 

Ia menyampaikan, "Yang terpenting, ini (Inggris) adalah dan akan selalu menjadi rumahnya."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya Sekali Membawa Anak-Anak ke Inggris

 

Sejak pindah ke California pada 2020, Meghan dan Harry hanya membawa anak-anak mereka ke Inggris satu kali. Yakni pada tahun 2022 ketika mereka menghadiri perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth dan menandai ulang tahun pertama Lili di Frogmore Cottage, bekas rumah mereka di Inggris di Windsor. 

Dalam pernyataan tertulis yang diperoleh People, pengacara Pangeran Harry mengatakan minggu ini bahwa RAVEC Seharusnya mempertimbangkan 'dampak' serangan yang berhasil terhadap penggugat, mengingat status, latar belakang, dan profilnya dalam keluarga kerajaan - yang menurutnya dilahirkan dan akan dialaminya selama sisa hidupnya.

"RAVEC seharusnya mempertimbangkan, khususnya, dampak terhadap reputasi Inggris atas serangan yang berhasil terhadap penggugat," kata pernyataan itu.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan RAVEC telah mempertimbangkan "kemungkinan kekecewaan publik yang signifikan" yang berasal dari sesuatu yang terjadi pada Pangeran Harry dan menyadari "kematian tragis" ibunya, Putri Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997 setelah kendaraannya dikendarai. dikejar oleh paparazzi. 

Namun, Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa keamanan bagi Pangeran Harry dan keluarganya harus diputuskan berdasarkan kasus per kasus karena posisinya telah "berubah secara signifikan" karena "dia tidak lagi menjadi anggota keluarga Kerajaan yang bekerja dan akan menjadi anggota keluarga kerajaan." tinggal di luar negeri untuk sebagian besar waktu."​

3 dari 4 halaman

Tolah Hadiri Undangan Pernikahan Sahabat

Pangeran Harry dikabarkan menolak menghadiri undangan pernikahan sahabatnya, Duke of Westminster. Hal ini dikatakan untuk menghindari momen canggung dengan Pangeran William dan anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya di tengah perselisihan keluarga mereka yang kian memanas.

Dikutip dari Page Six, Rabu, 6 Desember 2023, Pangeran Harry mendapat kartu undangan pernikahan sahabatnya musim panas tahun depan. Ia lalu menelepon Duke, Hugh Grosvenor, secara pribadi untuk mengatakan akan lebih baik kalau dia dan istrinya, Meghan Markle tidak datang.

Hal itu bakal menjadi pertemuan pertama antara Markle dan Kate Middleton sejak pemakaman Ratu Elizabeth pada September 2022. Keputusannya dibuat jauh sebelum ketegangan baru dengan saudaranya yang disebabkan oleh penerbitan buku "Endgame" karya penulis kontroversial Omid Scobie minggu lalu.

Buku ini melancarkan serangan baru terhadap William dan istrinya Kate Middleton, termasuk menyebut Kate dalam terjemahan bahasa Belanda sebagai salah satu orang yang diduga sebagai "anggota kerajaan yang rasis." Harry dan Markle tetap bungkam tentang buku itu dan badai yang makin memuncak di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Sahabat Sekaligus Ayah Babtis

Baik Harry maupun William adalah sahabat karib Hugh Grosvenor, yang merupakan ayah baptis kedua putra mereka, Pangeran George dan Pangeran Archie. Akan tetapi, badai keluarga meletus ketika Sunday Times mengklaim bahwa Grosvenor memilih Pangeran William daripada Harry untuk menghadiri pernikahannya dengan Olivia Henson musim panas mendatang untuk menghindari bentrokan di antara saudara-saudara yang bertikai.

Sebuah sumber mengungkapkan kepada Page Six, "Harry sebenarnya mendapat kartu 'save the date' beberapa bulan yang lalu, tetapi menelepon Hugh dan mengatakan akan terlalu canggung jika dia dan Meghan Markle hadir, jadi dia meminta maaf dan Hugh mengerti."

Pernikahan tersebut akan menjadi acara mencuri atensi tahun ini ketika Grosvenor (32), salah satu orang terkaya dan pemilik tanah paling terkemuka di Inggris, menikahi Henson (30) di Katedral Chester pada 7 Juni 2024. Raja Charles III dan Ratu Camilla pun dijadwalkan hadir bersama Kate Middleton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat