uefau17.com

Penonton Dilarang Parkir di GBT, Dishub Surabaya Siapkan 110 Shuttle Bus Saat Piala Dunia U-17 2023 - Lifestyle

Surabaya - Salah satu kota penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah Surabaya. Jelang perhelatan sepak bola tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyediakan ratusan angkutan antara jemput atau shuttle bus.

Transportasi itu disiapkan bagi para penonton pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 2023 Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur. "Jumlahnya yang disediakan kurang lebih 110 kendaraan," ucap Kepala Dishub Kota Surabaya Tundjung Iswandaru di Surabaya, Minggu, 29 Oktober dilansir dari Antara.

Sejumlah lokasi penjemputan juga sudah ditetapkan, yaitu Balai Kota Surabaya, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Osowilangun, UPT Uji Kendaraan Bermotor (KIR) Tandes, dan kawasan Ciputra World. "Waktu tunggu sekitar setengah jam kalau titik penjemputan dekat stadion, tetapi kalau agak jauh, seperti Joyoboyo maka bisa lebih lama," ungkapnya.

Ratusan kendaraan antar jemput atau shuttle bus yang dipersiapkan nantinya akan menjemput penumpang dari titik poin untuk dibawa menuju Stadion GBT. "GBT drop off-nya kalau di belakang lapangan A, B, C. Cukup jauh, jadi harus siapkan stamina," kata Tundjung.

Setelah itu, angkutan tersebut juga akan mengantarkan penumpang dari lokasi pertandingan menuju titik awal penjemputan. Bagi masyarakat yang ingin menonton pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di GBT diimbau untuk memperhatikan titik penjemputan terdekat dari rumah maupun tempat penginapan masing-masing.

Jam operasional kendaraan antar jemput itu mulai dibuka pada pukul 12.00 WIB dan berakhir di pukul 22.00 WIB. Masing-masing angkutan yang disediakan punya kapasitas sekitar 60 bangku. "Untuk di shuttle bus saya harapkan teman-teman datang lebih awal," kata Tundjung.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Kota Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Ia menambahkan, penumpang tidak perlu membayar tarif penggunaan kendaraan antar jemput, karena fasilitas tersebut disediakan untuk memudahkan para penonton mengakses lokasi pertandingan. Terlebih ada larangan bagi para penonton untuk membawa kendaraan bermotor masuk dan parkir di area GBT.

Sedangkan bagi penonton yang tetap membawa kendaraan bermotor maka bisa memarkirkannya di sejumlah titik parkir yang dikelola oleh warga setempat, lokasinya ada di sekitaran permukiman penduduk setempat. "Di tempat warga itu sudah ada, nanti dikasih tanda atau rambu-rambu. Harapannya bisa dikasih tarif jadi yang mengelola warga," tuturnya.

Perhelatan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia akan dibuka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), pada Jumat, 10 November 2023. Di hari yang sama Tim Nasional Indonesia U-17 bakal memainkan laga perdana grup A menghadapi Ekuador.

Setelahnya, tim yang dilatih Bima Sakti itu bakal berhadapan dengan tim nasional (timnas Panama U-17, pada 13 Oktober 2023 dan laga terakhir menghadapi Maroko, pada 16 Oktober 2023. Selain di Surabaya, kota lain yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta, Bandung dan Solo.

Diketahui, trofi Piala Dunia U-17 sudah dipamerkan di Jakarta yaitu di kawasan Bundaran HI pada Minggu 15 Oktober 2023. Lalu di Bandung, pada Minggu 22 Oktober 2023 dan di Surabaya pada Minggu, 29 Oktober 2023.

 

3 dari 4 halaman

Trofi Piala Dunia U-17 di Surabaya

Dipamerkannya trofi Piala Dunia U-17 diharapkan bisa dijadikan sarana rekreasi bagi warga setempat, selain itu juga memotivasi anak-anak pencinta sepakbola untuk mengembangkan bakat dan mengejar impiannya sampai menembus jenjang profesional.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayanti mengajak warga Kota Surabaya turut menyemarakkan Piala Dunia U-17 dan mendukung perjuangan timnas Indonesia U-17 yang sepenuhnya berlaga di Stadion GBT.  "Semoga ini bisa menginspirasi anak-anak agar senantiasa mencintai sepakbola. Kemudian kita tunjukkan bahwa kita adalah tuan rumah yang baik," harapnya.

Trofi Piala Dunia U-17 disambut meriah warga Kota Surabaya. Mereka berkesempatan melihat dan berfoto dengan trofi ter di alun-alun Kompleks Balai Pemuda Surabaya. Trofi ini ditempatkan di dalam sebuah boks kaca yang dijaga oleh petugas keamanan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo turut hadir dalam acara ini. Keduanya mengapresiasi penyelenggaraan 'Trophy Experience' Piala Dunia U-17 di Surabaya.

 

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup Piala Dunia U-17 2023

"Saya apresiasi yang luar biasa buat Mas Wali (Eri Cahyadi) yang betul-betul serius menyiapkan Surabaya, dan Gelora Bung Tomo untuk pembukaan dan pertandingan Tim Nasional di Surabaya," ujar Erick Thohir, dilansir dari kanal Surabaya , Minggu, 29 Oktober 2023.

Menurut dia, Trophy Tour Piala Dunia U-17 di Surabaya, menjadi gelaran yang terbaik dari kota-kota sebelumnya. Hal ini lantaran seluruh masyarakat Surabaya ikut menyambut dan menyemarakan Trophy Experience.

Sementara itu, pengundian pembagian grup untuk 24 peserta Piala Dunia U-17 2023 sudah dilakukan di Zurich, Swiss pada 15 September 2023. Indonesia berada di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Sedangkan, Grup B terdiri dari Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan. Kemudian Grup C yakni Brasil, Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris.

Grup D terdiri dari Jepang, Polandia, Argentina, dan Senegal, Grup E ada Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Terakhir, Grup F terdiri dari Meksiko, Jerman, Venezuela, dan Selandia Baru.

Kejuaraan ini akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Upacara pembukaan Piala Dunia U-172023 dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan final dijadwalkan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat