uefau17.com

Asyiknya Iriana Jokowi Joget Saat Berbusana Tradisional Bali di Acara Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI - Lifestyle

, Jakarta - Merepresentasi keragaman budaya Indonesia, Ibu Negara Iriana mengenakan busana tradisional Bali saat menghadiri acara upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini, Kamis (17/8/2023). Di sisinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Solo, Jawa Tengah.

Di kesempatan itu, Iriana Jokowi tepatnya mengenakan kostum penari legong Bali. Ia mengenakan gelungan (hiasan kepala) dan gelang, lengkap dengan busana hijau mencolok dengan lukisan daun-daun dan hiasan bunga-bunga yang jadi ciri khas busana tradisional ini

Seolah meyalurkan semangat busananya, ia terlihat asyik berjoget ketika sederet lagu dipersembahkan, dari Gemu Fa Mi Re, Maumere, sampai Rungkad yang dibawakan Putri Ariani, setelah upacara pengibaran bendera selesai digelar.

Ibu Negara juga ikut vibing saat MAC binaan Papua Youth Creative Hub tampil, menyambung suasana pecah di Istana. Sebelum itu, Iriana sudah lebih dulu kedapatan ikut bernyanyi di rangkaian penampilan musik usai pengibaran bendera merah putih.

Tampilannya di acara peringatan HUT ke-78 ini sekaligus menandai "berakhirnya" tradisi memakai mules heels Chanel favorit, kendati item fashion itu tetap dipakainya di banyak kesempatan lain. Tercatat bahwa Series Chanel Runway Black Leather Slides Mules Heels Shoes Pearl ini dipakai Iriana dalam tiga tahun berturut-turut gelaran Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni pada 2019, 2020, dan 2021.

Pertama kali dirilis di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway, Desember 2015, kehadiran sepatu hak tinggi ini segera jadi buah bibir karena, menurut mendiang desainer Karl Lagerfeld, ini adalah "sepatu mules pertama yang layak untuk rumah mode."

Heels ini dideskripsikan cukup berbeda dengan DNA desain alas kaki lain dari Chanel. Kendati, ia dihias dengan aksen khas seperti mutiara. Sepatu berujung hitam diperkenalkan Chanel berdekade lalu dan telah jadi ciri khas mereka sejak saat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Sebelumnya

Soal harga, sepatu yang dikenakan Iriana Jokowi ini dibanderol 1,1 ribu dolar Amerika Serikat (Rp15,8 juta), menurut laman Tradesy. Mules heels ini sebenarnya sudah tidak tampak pada peringatan HUT ke-77 RI, tahun lalu.

Pada 2022, Iriana tampil dengan baju adat Buton, Dolomani. Baju adat yang dikenakannya merupakan pasangan dari busana tradisional yang dikenakan Jokowi, yakni pakaian adat Buton, namun dengan warna berbeda.

Baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju berwarna putih, sedangkan luarnya warna merah. Kain melilit bawahan Jokowi dilengkapi peci berwarna merah.

Di sisinya, Iriana mengenakan baju adat warna biru, lengkap dengan aksesori kepala yang cukup besar dan indah. Perpaduan warna biru dan emas dalam busananya membuat penampilan perempuan asal Solo ini tampak mewah.

Kemewahan ini pun tidak hanya tercermin dari busana, namun juga alas kaki dari merek ternama, Hermes, yang dipakainya. Sandal dengan potongan huruf H khas Hermes itu dibuat di Italia dan mencatat harga retail sekitar 880 dolar AS (sekitar Rp12 juta).

3 dari 4 halaman

Iriana Tampil Berkebaya

Sementara tahun ini, Iriana Jokowi memilih mengenakan wedges hitam berdesain lebih sederhana. Sebelum menghadiri acara upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, Kamis, ia sudah lebih dulu mendampingi Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2023, kemarin, Rabu, 16 Agustus 2023.

Di kesempatan itu, Iriana terlihat memakai kebaya berwarna dasar kuning. Kendati siluetnya sederhana, atasan tradisional ini terlihat elegan karena dihiasi lapisan kain brukat transparan berhias bordiran motif bunga berwarna emas.

Aksen dari selendang berwarna serasi pun memperkuat estetika layering pada kebaya yang dikenakannya, mempersembahkan kesan lebih anggun. Dalam padanannya, kebaya ini dikombinasikan dengan kain songket berwarna senada yang juga didekorasi motif emas.

Aksesori seperti anting dan gelang perak yang dikenakannya juga melengkapi penampilannya. Dengan rambut yang diikat ke atas dalam model sanggul, penampilan Iriana jadi semakin elegan.

Riasan wajahnya tampak ringan dan menyegarkan. Ia memilih riasan minimalis, menggunakan warna lipstik coral matte sebagai pemanis. Blush on merah yang tipis pada pipinya pun semata memberi efek merona.

 

4 dari 4 halaman

Lanjutkan Tradisi Berbaju Adat

Tidak ketinggalan, pulasan eyeshadow berwarna cokelat memberi kedalaman pada mata Iriana, sementara bulu mata lentiknya menambah kesan mata lebih hidup. Diketahui bahwa Makeup Artist Iriana, Juanda Hasid Sorumba, mengunggah dua gambar Ibu Negara di Instagram-nya.

Dalam foto tersebut, tampaknya ia telah menyelaraskan riasan wajah Iriana dengan pakaian yang ia kenakan. "SIDANG KENEGARAAN IBU NEGARA RI 1 @jokowi ✨✨," tulis Juanda dalam unggahannya pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Sementara itu, Jokowi melanjutkan tradisi mengenakan baju adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Tahun ini, Presiden kedapatan memakai baju adat Tanimbar, Maluku ketika hadir di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu.

Seperti busana tradisional dari daerah lain, pakaian adat Tanimbar juga sarat makna dan filosofi. Mengutip studi "Busana Tradisional Daerah Maluku dan Masa Depannya" oleh Marthen M. Pattipeilohy yang dimuat di situs web Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu, Jokowi mengenakan baju adat Tanimbar yang biasanya dikenakan untuk bangsawan.

"Untuk laki-laki, pakaian dan perhiasan yang digunakan terdiri dari kemeja dan kain (tenun). Penutup kepala (yang bernama Suar Bebeb Ulu dan So Malai) dihiasi dengan bulu-bulu burung cendrawasih, melambangkan kebesaran seorang raja," catat peneliti.

Ia menyambung, "Sedangkan, penutup kepalanya adalah simbol perlindungan yang harus diberikan masyarakat pada sang pemimpin. Salempang, atau juga disebut skwai, menunjukkan tanggung jawab pemimpin pada rakyatnya. Skawi sendiri memaknai seorang ayah yang menggendong putranya atau pemimpin yang siap melayani masyarakatnya."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat