uefau17.com

Eunchae LE SSERAFIM Naikkan Alis Saat Diduga Diselak Bicara Danielle NewJeans, Apa Artinya Menurut Teori Bahasa Tubuh? - Lifestyle

, Jakarta - Klip memperlihatkan Eunchae LE SSERAFIM yang bertugas jadi MC Music Bank, program musik stasiun televisi KBS, dan Danielle NewJeans jadi viral di dunia maya. Pasalnya, idol berdarah Australia itu diduga menyela maknae grup asuhan SOURCE MUSIC itu saat berbicara.

Dalam kronologi, melansir Koreaboo, Sabtu (1/6/2024), NewJeans dinominasikan jadi pemenang melawan aespa di acara musik yang berlangsung pada Jumat, 31 Mei 2024. Pada akhirnya, How Sweet berhasil mengunggui Supernova, menghasilkan kemenangan kedua bagi NewJeans untuk lagu tersebut.

Seperti biasa, grup yang memenangkan posisi pertama menyampaikan pidato untuk merayakan kemenangan mereka, dan saat itulah dugaan tindakan "tidak menghormati" Eunchae muncul. Ia berada di atas panggung saat girl group di bawah naungan ADOR itu menerima penghargaan dan menyampaikan pidato mereka.

Menjelang akhir pidato, terjadi keheningan panjang, dan Eunchae terlihat memastikan apakah para personel NewJeans sudah selesai berbicara. Ketika MC perempuan itu terdengar mengatakan, "Baiklah," Danielle mulai berbicara untuk berterima kasih pada CEO mereka, Min Hee Jin, yang di hari itu menggelar jumpa pers setelah memenangkan gugatan pengadilan atas HYBE.

Mendapati itu, Eunchae terekam sempat menaikkan alis sebelum tersenyum. Kejadian ini telah menimbulkan fan war di antara dua fandom yang masing-masing membela idola mereka. "Eunchae jelas menunggu mereka selesai berpidato sebelum berbicara. Ia hanya menjalankan tugasnya sebagai MC secara profesional," bela seorang FEARNOT, sebutan penggemar LE SSERAFIM di X, dulunya Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Balik Arti Menaikkan Alis

Di sisi lain, Bunnies, sebutan penggemar NewJeans, meanggap gestur menaikkan alis Eunchae sebagai respons "tidak sopan." "Mengapa ia harus menaikkan alis seperti itu? Biarkan Danielle bicara! Itu adalah momen mereka (karena menang posisi pertama)," tulis seorang penggemar, juga melalui cuitan di X.

Tidak sedikit pula yang bertanya-tanya apa arti gestur menaikkan alis, seperti yang dilakukan idol berusia 17 tahun tersebut. Melansir Business Insider, Sabtu, Profesor Universitas Massachusetts Susan Krauss Whitbourne menjelaskan bahwa kekhawatiran, keterkejutan, atau ketakutan dapat menyebabkan orang mengangkat alis.

Itu juga disebutkan sebagai reaksi saat seseorang merasa tidak nyaman. "Jadi, jika seseorang memuji gaya rambut atau pakaian baru Anda dengan alis terangkat, itu mungkin bukan tanggapan yang tulus," sebut dia mencontohkan.

Sementara itu, LA Times mencatat, alis yang terangkat merupakan tanda untuk menggoda, menyatakan persetujuan, keterkejutan, ketakutan, serta ketidakpercayaan atau ketidaksetujuan. Mengangkat alis juga bisa berarti memberi salam tanpa berbicara.

3 dari 4 halaman

Emosi yang Menimbulkan Gerakan Alis

Publikasi itu menyambung bahwa bahasa tubuh harus ditafsirkan dalam konteks. Para psikolog menyebut, ketakutan dan keterkejutan adalah dua emosi yang menimbulkan gerakan alis secara tidak sadar. Di beberapa kasus, orang yang sama sekali tidak terbiasa dengan suatu isyarat mungkin secara akurat memahami maknanya karena ada hubungan antara tindakan tersebut dan apa yang diwakilkan, tulis psikolog UC San Francisco, Paul Ekman dalam Human Ethology (Cambridge, 1979). 

Mata, alis, dan dahi "lebih autentik dibanding wajah bagian bawah, yang kita gunakan untuk menunjukkan senyum sopan dan hal-hal lain," kata Dane Archer, psikolog UC Santa Cruz dan pembuat The Human Face: Emotions, Identities and Masks, sebuah film dokumenter lima bagian yang didistribusikan UC Berkeley.

"Jika kita mencoba menutupi perasaan kita, kita melakukannya dengan wajah bagian bawah. Wajah bagian atas kurang terkendali," ia menambahkan.

Iniden antara Eunchae dan Danielle membuat para penggemar kian panas karena Min Hee Jin menyeret nama LE SSERAFIM, di antara beberapa grup lain, dalam konflik dengan HYBE. Kendati, ada juga yang berusaha bersikap netral.

Sebagaian warganet menganggap ini hanya sebuah kesalahapahaman belaka. Pasalnya minggu lalu, Eunchae dan NewJeans terekam berinteraksi secara santai di program yang sama. Beberapa orang bahkan menyebut kemarahan ini sebagai "pelampiasan jahat" pada NewJeans.

"Kalian semua membuat saya kesal," kata seorang pengguna. "Itu bukan salah mereka. Eunchae sedang melakukan tugasnya (mereka berpidato dan kemudian pemenang melakukan encore) dan Danielle juga ingin mengatakan lebih banyak (sangat menyedihkan apa yang dia katakan karena banyak alasan) kalian semua harus melakukan pekerjaan masing-masing."

4 dari 4 halaman

Jumpa Pers Min Hee Jin

Sementara itu saat jumpa pers di hari yang sama, lapor KBIZoom, seorang reporter bertanya pada Min Hee Jin, "Sepertinya grup idola lain juga dirugikan oleh kontroversi ini. Ada kecurigaan bahwa BTS terkait dengan organisasi tertentu, lalu grup seperti ILLIT dan LE SSERAFIM juga terdampak. Apa yang ingin Anda katakan pada mereka?"

CEO Min menjawab, "NewJeans juga dirugikan. Saya pikir semua orang telah tersakiti oleh hal ini. Saya juga manusia. Salah satu karyawan saya mengatakan sesuatu yang mengesankan, 'Orang-orang sepertinya mengira Hee Jin bukan manusia.'"

"Tapi saya manusia, begitu pula para personel NewJeans dan lainnya. Jadi, daripada membahas kelompok tertentu, saya yakin lebih baik tidak menyebutkannya sama sekali. Faktanya, untuk menghindari menyakiti jurnalis atau siapa pun, kita harus berhenti membicarakan hal ini."

"Tindakan terus-menerus mengungkitnya dan mendiskusikan apakah itu menyakitkan atau tidak, itu sendiri menyakitkan. Jika kita benar-benar peduli terhadap mereka, kita harus berhenti menyebutkannya. Untuk menyembuhkan luka, diperlukan kompromi. Kita perlu menemukan solusi baru."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat