uefau17.com

Ulang Tahun ke-10 BTS, Intip Evolusi Gaya Para Personelnya dalam 1 Dekade - Lifestyle

, Jakarta - Terasa seperti baru kemarin saat RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook terjun ke kancah musik Korea Selatan dengan rangkaian aksesori rantai tebal, topi baseball, dan tatanan rambut runcing. Tidak terasa, tepat hari ini, Selasa (13/6/2023), ulang tahun ke-10 BTS dirayakan para penggemar di seluruh dunia.

Cuplikan dari hari debut resmi grup jebolan label Big Hit Entertainment pada Juni 2013, yang saat itu disebut Bangtan Sonyeondan, memamerkan tampilan bersinar ke kamera. Dengan citra hip-hop saat itu, ketujuh personelnya tampil dengan tank top hitam yang serasi dengan nama masing-masing pemakai untuk lebih mudah dikenali publik.

Sementara dua tahun setelah debut, sekitar era Hwa Yang Yeon Hwa (The Most Beautiful Moment in Life) pada 2015, visual para personel BTS lebih dreamy, dengan padanan jeans vest, kaus, blazer, dan kemeja. Mood, visual, lagu, dan pesan-pesan para personel di era ini masih jadi salah satu yang paling melekat di antara banyak penggemar sampai sekarang.

Maju cepat satu dekade, dilansir dari CNN, Selasa (13/6/2023), para personel BTS, baik secara kolektif dan individual, kemudian dikenal di antara ikon mode paling bankable di dunia. Evolusi gaya ini telah mengiringi perubahan keseluruhan dalam citra grup, dari wannabe bad-boys jadi clean-cut pinup.

Hilang sudah bandana dan beanies, diganti tatanan rambut lebih luas, dengan Jungkook dan Suga bahkan sempat gondrong. Selain, karpet merah juga jadi tempat paling mudah untuk melihat perubahan gaya grup pelantun lagu SEA tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahaan Gaya Karpet Merah

Pada 2014, misalnya, para personel BTS tampil mengenakan setelan abu hampir identik saat berjalan di karpet merah Golden Disc Awards 2014. Tampilan serupa juga terlihat saat mereka menghadiri Gaon Chart Music Awards di Seoul pada Februari 2016.

Seiring waktu, BTS perlahan-lahan menguasai seni berbusana serasi, tanpa terlalu mirip satu sama lain. Contohnya saat mereka mengenakan setelan jas Louis Vuitton yang kohesif untuk Grammy Awards 2022. Adopsi busana berwarna pastel pun dikenakan untuk mengumumkan kemitraan mereka dengan label Prancis itu setahun sebelumnya.

Berapa banyak dari perubahan ini dapat dikreditkan ke BTS, daripada label atau manajemen yang mengontrol citranya. Salah satu stylist lama grup itu, Lee Ha Jeong, mengatakan bahwa RM dan V adalah yang paling tertarik pada fesyen.

Grup ini juga menikmati bantuan dari nama-nama besar fesyen, termasuk Anthony Vaccarello dari Saint Laurent, yang merancang beberapa ansambel karpet merah mereka. Juga, direktur kreatif Dior Kim Jones, yang mengawasi pakaian untuk tur dunia 2019 mereka.

3 dari 4 halaman

Playful sampai Terkoordinasi

Pada 2017, BTS tidak hanya mengadopsi gaya yang aman. Di banyak acara, seperti saat tampil di Jimmy Kimmel Live! pada November tahun itu, para personelnya memakai busana sportwear warna-warni nan menyegarkan. 2017, menurut laporan Billboard, jadi tahun BTS meninggalkan pengaruh terbesar di AS untuk grup Korea.

Tampilan playful, tapi dengan palet lebih serasi, kembali ditampilkan di American Music Awards (AMA) 2021. Kala itu, BTS memboyong piala untuk tiga kategori, yakni Favorite Pop Song untuk Butter, Favorite Pop Duo or Group, dan Artist of The Year.

Mereka kembali menerapkan formulasi saling melengkapi saat tampil di MTV Unplugged 2021. Menurut Korea Herald, BTS bersinar paling terang pada 2021, mendapatkan nominasi Grammy pertama mereka, yang juga merupakan kali pertama untuk artis K-pop.

Lalu, dengan setelan necis, BTS berkunjung kedua kalinya ke markas besar PBB di New York sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan pada September 2021. Mendampingi Presiden Korea Selatan ke Majelis Umum PBB, kelompok tersebut berpidato tentang mengatasi tantangan pandemi.

4 dari 4 halaman

Wajah Promosi Merek Fesyen Mewah

Hingga sekarang, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook adalah kekuatan fesyen dengan gaya mereka masing-masing. Kerja sama dengan rumah mode mewah pun sudah diumumkan sejak awal 2023.

Dimulai dengan Jimin yang didapuk sebagai duta global Dior lewat pengumuman resmi di akun Instagram mereka itu pada 16 Januari 2023. "The House dengan senang hati mengumumkan @J.M (Jimin) dari #BTS sebagai duta global baru Dior," demikian pembuka pengumuman tersebut.

Lalu, disusul Suga yang resmi digandeng merek mewah Valentino sebagai duta merek mereka. Terkait kerja sama itu, dilansir dari KBIZoom, 17 Januari 2023, Direktur Kreatif Valentiono, Pier Paolo Piccioli, memuji pemilik nama asli Min Yoongi ini sebagai "seniman multifaset" dan "penerjemah" yang "menggunakan bakat dan karyanya untuk mengekspresikan diri dengan energi dan orisinalitas."

Menambah daftar, J-Hope kemudian didapuk sebagai duta merek Louis Vuitton pada 24 Februari 2023. Melansir WWD, penunjukan ini menandai semacam kepulangan bagi rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser tersebut. Pasalnya, BTS secara kolektif pernah jadi duta merek LV pada April 2021.

Langkah serupa diikuti Jungkook dengan Calvin Klein, RM bersama Bottega Veneta, dan terakhir, V dengan Celine, kendati ia sudah menghadiri acara rumah mode Prancis itu sejak tahun lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat