uefau17.com

Datang Jelang Kematian, Bisakah Manusia Melihat Malaikat Izrail? - Islami

, Jakarta - Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Dan tidak ada satupun makhluk yang tahu kapan ajalnya tiba.

Tugas kita tidak lain hanyalah mempersiapkan bekal kehidupan akhirat dengan sebaik-baiknya. Apakah kita sudah siap dengan kematian?

Diketahui, menjelang ajal malaikat Izrail akan mendatangi manusia. Tak ada seorangpun yang bisa mencegah kedatangan malaikat maut ini.

Kendati demikian, banyak mempertanyakan apakah menjelang kematian manusia bisa melihat malaikat? Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Furqan ayat 22:

يَوْمَ يَرَوْنَ الْمَلٰۤىِٕكَةَ لَا بُشْرٰى يَوْمَىِٕذٍ لِّلْمُجْرِمِيْنَ وَيَقُوْلُوْنَ حِجْرًا مَّحْجُوْرًا

(Ingatlah) pada hari (ketika) mereka melihat para malaikat, pada hari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa dan mereka berkata, “Hijran mahjura.”

Lantas, benarkah manusia melihat malaikat jelang kematiannya? Mengenai ayat di atas, Al-Hafidz Ibnu Katsir menyebutkan, ada 2 tafsir mengenai makna ‘mereka melihat malaikat’. Berikut ulasannya mengutip dari laman islampos.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapan Manusia Melihat Malaikat?

1. Bahwa mereka melihat malaikat menjelang kematian

Ibnu Katsir mengatakan, ‘Tetapi mereka melihat malaikat, dan tidak ada kabar gembira bagi mereka’ itu tepat ketika kejadian ini dipahami pada waktu menjelang kematian. Pada saat itu malaikat memberi ancaman kepada mereka dengan neraka dan murka Allah. Tetapi berbeda dengan kondisi orang yang mukmin ketika menjelang kematiannya, mereka mendapatkan kabar gembira dengan kebaikan, dan akan mendapatkan kesenangan.

2. Bahwa mereka melihat malaikat pada hari kiamat

Ibnu Katsir mengatakan, menurut ulama lain, bahwa maksud ayat, ‘mereka melihat malaikat’ adalah pada hari kiamat. Ini pendapat Mujahid, ad-Dhahhak, dan yang lainnya.

Kemudian beliau berkomentar, “Dan pendapat kedua ini tidak bertentangan dengan pendapat sebelumnya. Karena para malaikat di dua hari tersebut, hari kematian dan hari kebangkitan, mereka menampakkan diri kepada orang mukmin dan orang kafir. Lalu mereka memberikan kabar gembira berupa rahmat dan ridha bagi kaum mukmin. Dan mereka memberitakan kepada orang kafir dengan kecelakaan dan kerugian. Tidak ada kabar gembira bagi orang yang rajin berbuat dosa ketika itu.” (Tafsir Ibnu Katsir, 6/101-102)

Penjelasan al-Hafidz Ibnu Katsir mengisyaratkan bahwa menjelang kematian, terkadang manusia melihat malaikat.

Kemudian, disebutkan dalam riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan, Sesungguhnya ketika hamba mukmin pada waktu menjelang kematiannya, akan disaksikan malaikat, dan mereka akan memberi salam kepada hamba yang mukmin, dan memberikan kabar gembira dengan surga. (Tafsir at-Thabari, 13/664). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat