uefau17.com

25 Contoh Mata Lomba untuk Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Cekidot! - Islami

, Jakarta - Muslim di seluruh dunia akan menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H. Mereka sudah tidak sabar dengan momentum tahun baru, meskipun bukan pergantian tahun Masehi.

Berdasarkan kalender Hijriah versi Kementerian Agama (Kemenag) RI, tanggal 1 Muharram 1446 H sudah masuk sejak Sabtu, 6 Juli 2024 maghrib. Malam tahun barunya bisa dijadikan momentum muhasabah dan merancang rencana setahun ke depan.

Selain itu, merayakan tahun baru Islam bisa dilakukan dengan cara lain. Salah satu yang sudah menjadi tradisi tahunan adalah mengadakan lomba islami.

Tujuan menggelar lomba tahun baru Hijriah ialah sebagai bagian dakwah. Dengan perlombaan harapannya banyak generasi muslim semakin tertarik dalam syiar Islam.

Mata lomba yang diadakan tidak perlu yang berat. Agar peminatnya banyak, panitia bisa mengadakan lomba-lomba yang sering dilakukan sehari-hari oleh muslim. 

Berikut adalah beberapa contoh mata lomba islami untuk memeriahkan tahun baru 1 Muharram 1446 Hijriah. Anda bisa mengelaborasi mata-mata lomba ini dengan kreativitas yang tak terbatas.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Referensi Mata Lomba Tahun Baru Islam 1446 H

  1. Musabaqah tilawatil Qur'an (MTQ)
  2. Musabaqah hifdzil Qur'an (MHQ)
  3. Lomba hafalan doa-doa harian
  4. Lomba ceramah tema Muharram dewasa
  5. Lomba dai cilik tema Muharram
  6. Lomba pidato bahasa Arab dan Inggris tema Muharram
  7. Lomba kaligrafi
  8. Lomba adzan
  9. Lomba cerdas cermat islami
  10. Lomba hadrah
  11. Lomba marawis
  12. Lomba nasyid
  13. Lomba qasidah
  14. Lomba vlog islami
  15. Lomba fashion show islami
  16. Lomba menulis puisi islami
  17. Lomba baca puisi islami
  18. Lomba menyanyi lagu Islam
  19. Lomba desain poster islami
  20. Lomba fotografi tema tahun baru Islami
  21. Lomba artikel tema Muharram
  22. Lomba teater islami
  23. Lomba melukis tema Muharram
  24. Lomba ranking 1 tentang keislaman
  25. Lomba cipta puisi tema Muharram
3 dari 3 halaman

Kegiatan Lain untuk Rayakan Tahun Baru Islam

Selain lomba, berikut kegiatan lain yang dapat muslim lakukan untuk merayakan tahun baru Islam 1446 H.

1. Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun

Pada tahun baru Hijriyah umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun. Doa akhir tahun dibaca setelah Ashar sampai sebelum Maghrib hari terakhir Dzulhijah. Kemudian membaca doa awal tahun setelah Maghrib.

2. Mabit

Organisasi-organisasi Islam terutama di sekolah biasanya sering mengadakan malam bina taqwa atau mabit pada momen tahun baru Hijriyah. Tujuan diadakannya mabit adalah untuk meningkatkan iman dan taqwa, menjadi lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan menumbuhkan muhasabah diri.

3. Pawai Obor

Pawai obor di tahun baru Hijriyah merupakan bentuk syiar Islam. Pawai obor di awal tahun Hijriyah sarat dengan semangat hijrah nabi.

4. Tabligh Akbar

Tabligh akbar bisa dimasukkan sebagai salah satu kegiatan merayakan tahun baru Islam. Tema yang diangkat adalah tentang Muharram atau semangat hijrah nabi yang dikaitkan dengan masa kini.

5. Santunan Anak Yatim

Muharram adalah bulan yang istimewa bagi anak-anak yatim. Santunan anak yatim pada 10 Muharram merupakan salah satu anjuran bagi umat Islam. Santunan bisa dimasukkan ke rangkaian dalam rangka memperingati tahun baru Islam sekaligus lebaran anak yatim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat