uefau17.com

Masjid Biru di Istanbul Jadi Inspirasi Dekorasi Ulang Rumah Sambut Ramadhan 2023 - Lifestyle

, Jakarta - Umat Muslim biasa menyambut bulan Ramadhan dengan berbagai cara. Momen yang mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dengan lebih banyak beribadah, baik di masjid maupun di rumah.

Menciptakan suasana yang kental dengan kesan itu, mendekorasi rumah bisa jadi salah satu cara untuk menjadikan momen Ramadhan 2023 dan Idul Fitri lebih berkesan. Apalagi akan sering berlangsung acara keluarga seperti buka puasa bersama dan silaturahmi dikunjungi oleh kerabat serta sanak saudara.

Namun tak perlu merombak secara total gaya interior desain rumah Anda. Country Interior Design Manager IKEA Indonesia, Eresabeat Julia mengungkapkan, di momen Ramadhan dan Idul Fitri cukup dengan berfokus pada ruang tamu dan ruang makan maka akan terasa perbedaan suasana rumah bagi penghuninya. 

"Living room dan dining room dua area tempat keluarga melebur. Kadang meja makan hanya untuk menaruh makanan saja dan tamu akan berkumpul di ruang tamu," ungkap Eresabeat saat peluncuran koleksi produk terbaru IKEA, Gokvalla di Alam Sutera, Tanggerang, Selasa, 21 Maret 2023.

Pemilik rumah bisa membuat perubahan kecil untuk dekorasi rumah yang dibuat dari kedua ruangan tersebut. Misalnya dengan mengganti mengganti gorden, tirai, sarung bantal dan menambah bantalan sofa duduk maka akan terasa dampak signifikan bagi keluarga.

Begitu juga di bagian dapur, pemilik rumah bisa memberi sentuhan koleksi piring dan peralatan makan baru lewat koleksi terbaru Gokvalla yang terinspirasi dari Masjid Biru di Istanbul, Turki. "Masjid Biru di Istanbul, warnanya sangat hangat kita approach warna biru muda dengan aksen silver dan emas serta sentuhan Skandinavia," Sambung Eresabeat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Simpel dan Mudah Dipadukan Furniture yang Ada

Seperti desain Skandinavia yang simpel dan mudah dipadu padankan dengan koleksi furnitur di rumah, menurut Eresabeat desainnya tidak akan mendominasi tapi tetap membaur dengan konsep yang sudah ada. "Produk jagoan kita bantal ini yang kemungkinan akan paling banyak dibeli," tambahnya lagi.

Ia menambahkan sentuhan Skandinavia cocok dengan rumah-rumah saat ini, di mana biasanya karakter rumah bisa dilihat dari pemilihan cat. Kemudian koleksi cenderung netral, maka siapa pun bisa menambahkannya sesuai dengan selera personal dekorasi interior yang ada di rumah.

"Di IKEA semua jenis dekorasi bisa ditemukan untuk pribadi yang berbeda," sebutnya lagi.

Namun dari survei yang dilakukan IKEA, kenyamanan dan rumah yang rapi adalah dua hal yang diinginkan oleh konsumen. Dengan kebiasaan saat kumpul keluarga, acara makan di hari Lebaran yang berupa makanan-makanan khas seperti opor maupun rendang pihaknya juga memastikan agar peralatan makan serta produk mudah untuk dicuci kembali. 

3 dari 4 halaman

Karpet dan Sofa Duduk, Referensi Budaya Lokal

"Jenis makanan kita rendang, opor, kalau kita pakai peralatan makan dari plastik maka akan nempel dan malah nightmare, akhirnya kita pakai porselen," tambah PR Manager IKEA Indonesia, Nurani P. Basuki di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut tentang sofa duduk dalam koleksi terbaru di IKEA, referensinya berasal dari budaya lokal orang Indonesia. Biasanya saat Lebaran di waktu kumpul keluarga sofa tidak akan cukup untuk menampung semua anggota keluarga, sehingga ada tambahan karpet untuk duduk di lantai.

Adapun koleksi Gokvala didesain oleh salah satu Desainer IKEA yaitu Maria Vinka yang terinspirasi dari corak geometris ubin Ottoman yang terdapat di Masjid Biru, Istanbul, Turki. Kebutuhan pelanggan akan dekorasi rumah sederhana menjadi latar belakang IKEA dalam menghadirkan koleksi Gokvalla.

Gokvalla terdiri dari beberapa produk untuk menghias ruang tamu seperti bantal, sarung bantal, dan gorden. Selain itu, terdapat pula piring, mangkuk, mangkuk saji, taplak meja, serta serbet untuk menghias meja makan yang merupakan pusat perhatian di momen Lebaran. 

"Kita punya koleksi yang berbeda-beda setiap tahunnya, koleksi selalu limited dan tidak disimpan untuk tahun depan," kata Nurani.

4 dari 4 halaman

Wall Frame Ikut Mempercantik Dekorasi Rumah

Mengutip kanal Jateng , 23 Februari 20232, salah satu cara untuk memperindah rumah yaitu dengan memperhatikan dekorasi pada sekitar rumah. Dekorasi berfungsi memperindah suatu ruangan dengan menaruh objek-objek secara apik di sekitarnya.

Ada banyak objek yang bisa dijadikan sebagai dekorasi rumah terutama wall frame atau foto-foto berbingkai indah. Foto sebagai dekorasi dinding di dalam interior rumah menjadi satu kesatuan dalam hal dekorasi ruangan.

Wall hanging berisikan frame-frame foto yang dipasang atau diletakkan pada dinding di sekitar rumah sebagai objek memperindah suatu ruangan. Ruangan tidak akan terasa hampa jika diberikan hiasan dari foto frame tersebut. 

Pembelian wall frame kini bisa dilakukan secara online dengan hanya mengirimkan foto-foto secara daring dan foto yang sudah dicetak langsung dikirimkan ke tempat tujuan dengan aman. Frame yang dibuat pun dapat dengan mudah ditempelkan di dinding rumah. Apabila sudah tidak perlu lagi menggunakan paku yang dapat merusak tembok rumah karena wall frame tersebut mempunyai perekat yang tahan lama dan bisa melekat dengan sempurna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat