uefau17.com

Restoran dengan Deskripsi Menu Kocak, Teuku Wisnu Penasaran Mau Ketemu Pemiliknya - Lifestyle

, Jakarta - Ketika kita makan di restoran, biasanya ada daftar menu yang memuat deskripsi makanan atau minuman sedetail hidangan yang akan disajikan. Penjelasan ini dibuat untuk mempermudah para pelanggan untuk mengetahui berbagai komposisi di dalamnya.

Namun, restoran yang satu ini terbilang nyeleneh karena menampilkan deskripsi menu dengan gaya kocak. Temuan itu dibagikan Teuku Wisnu.

Melalui unggahannya, aktor 37 tahun ini membagikan video dirinya yang berniat memesan makanan melalui aplikasi ojek online (ojol). Lucunya, saat membaca menu, si pemilik usaha tidak menjelaskan komposisi makanannya. Dalam kolom deskripsi, penjual malah membuat candaan pada menu makanannya sendiri.

"Iseng bukain Gofood mau pesen nasi Padang, ehh tiba-tiba salfok sama caption makanannya," tulis Wisnu dalam keterangan video unggahannya pada Rabu, 11 Januari 2023.

Beberapa menu yang menjadi candaan tersebut seperti Nasi Sayur disebut ‘kasian ckck’, Nasi Ayam Goreng (nasi+ + ayam dong gak mungkin merpati), Nasi Lele (ikan kok kumisan). Ada juga Nasi putih (masak sendiri napa ya Allah), Nasi Dendeng (favorite saya ini jangan dihabisin), Nasi Otak (bukan grup band Tantri), sampai Nasi Kembung Bakar (kelamaan berenang).

Penasaran dengan deskripsi menu tak biasa, Wisnu langsung bertanya di mana letak restoran tersebut. Suami Shireen Sungkar ini mengaku ingin bertemu dengan pemilik warung dengan deskripsi menu unik tersebut.

"Ini di mana sih ya Allah?? Atau temen2 pernah nemu resto dan warung makan yg deskripsinya lucu2 gini gak? Coba info ada apa aja?? Pengen ketemu sama bapak pemilik warungnya," tulis Wisnu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Restoran

Warganet yang melihat unggahan tersebut lantas memberikan berbagai komentar. Bahkan, ada yang memberikan detail alamat restoran Padang tersebut kepada Wisnu.

Beberapa berkomentar kalau mereka pernah mengalami hal sama. "Bapak receh, ketika ngelihat ada yang lebih receh lagi, dicarinya mungkin dia mau ajak yang punya warung ngereceh bareng," komentar seorang warganet. Pasalnya, Wisnu belakangan dikenal dengan persona yang kerap membagikan candaan ala bapak-bapak yang garing.

"Rumah makan padang nasi bundo baru, A. Yani. Alamatnya : Jl. A. Yani No 366 ,Kartasura, Sukoharjo. Di daerah Solo pak," tulis salah seorang warganet. "Aku juga pernah nemu beberapa bang deskripsi nya lucu tapi lupa," komentar warganet lainnya.

Nama-nama menu makanan unik juga terdapat di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dikenal dengan kekayaan kulinernya. Beberapa di antaranya, memiliki nama yang unik dan tergolong jorok atau 'ngeres'.

Sejarawan Solo, Heri Priyatmoko mengatakan, penamaan ini disebabkan karena sifat orang Jawa yang senantiasa tidak memperumit perkara penamaan barang. Penamaan ini muncul begitu saja, terinspirasi dari apa yang dijumpai di sekitarnya.

3 dari 4 halaman

Nama Kuliner Daerah

Penamaan tersebut akhirnya disepakati secara kolektif dan dikenal hingga turun-temurun. Berikut beberapa kuliner nama jorok nan 'ngeres' Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang dilansir dari kanal Regional , 2 Desember 2022.

1. Bajingan

Bajingan adalah nama panganan dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Makanan ini berbahan dasar singkong yang dikupas, dicuci bersih, lalu dipotong-potong.Setelah singkong dikupas, kemudian badek atau nira direbus hingga mendidih. Setelah badek mendidih, kemudian singkong dimasukkan untuk direbus hingga badek menyusut habis. Sajian ini memiliki cita rasa manis.

2. Bol jaran

Makanan dengan nama bol jaran memang terdengar aneh dan cenderung jorok. Sesuai namanya, makanan berwarna merah ini memiliki bentuk seperti anus kuda.

Bol jaran terbuat dari tepung ketan, gula pasir, santan, garam, pewarna, dan pisang. Pada isiannya, makanan ini menggunakan kacang hijau kupas, santan, gula pasir, garam, dan vanili.Kue ini juga populer dengan sebutan kue ku karena dicetak dengan bentuk motif kura-kura. Makanan ini menjadi sajian khas saat Imlek.

4 dari 4 halaman

3. Kupat jembut

Makanan khas Jawa Tengah ini dan hanya dibuat saat tradisi Syawalan. Nama ini disematkan karena tauge yang keluar dari ketupat menyerupai rambut kemaluan.

4. Roti bokong

Roti bokong di Purbalingga menjadi simbol perlawanan kemapanan sosial. Roti ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan pantat atau bokong. Roti bokong terbuat dari tepung beras, kacang hijau, dan gula jawa. Tampilan roti bokong sedikit menipu dengan bagian luar tampak kering, tetapi kenyal di dalam.

5. Tai kucing

Tai kucing atau dalam bahasa Indonesia berarti kotoran kucing banyak dikenal di Kota Solo. Camilan khas berbahan utama tepung ketan ini juga dikenal dengan nama widaran manis.

Camilan ini memiliki cita rasa manis yang berasal dari taburan gula di permukaannya. Sejarawan Solo, Heri Priyatmoko menjelaskan, tai kucing sudah ada sejak lebih dari satu abad yang lalu.

6. Peli kipu

Dalam bahasa Jawa, peli diartikan sebagai alat kelamin pria. Sementara itu, kipu bisa diartikan sebagai kondisi yang kotor. Makanan ini juga dikenal dengan nama mancho. Bahan baku sajian ini adalah tepung yang diolah menjadi kue kering berbentuk memanjang dengan taburan wijen, layaknya onde-onde.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat