uefau17.com

6 Fakta Menarik Lithuania, Negeri dengan Bentang Alam Gletser - Lifestyle

, Jakarta - Lithuania, negara Eropa timur laut paling selatan dan terbesar dari tiga negara Baltik merupakan negeri dengan bentang alam gletser. Lituania merupakan kekaisaran kuat yang mendominasi sebagian besar Eropa timur pada abad ke-14 hingga ke-16 sebelum menjadi bagian dari konfederasi Polandia-Lithuania selama dua abad selanjutnya.

Selain kemerdekaan singkat dari 1918--1940, Lituania diduduki oleh Rusia mulai 1795, dikendalikan Jerman untuk waktu yang singkat selama Perang Dunia II dan dimasukkan ke dalam Uni Soviet pada 1944 sebagai salah satu republik konstituennya.

Lithuania di sisi utara berbatasan dengan negara Latvia, sisi tenggara berbatasan dengan Belarus dan di selatan berbatasan dengan Polandia. Di sisi barat daya Lithuania berbatasan dengan Oblast Kaliningrad, yakni wilayah enklave Rusia, serta sisi baratnya berbatasan dengan Laut Baltik.

Mengutip dari Britannica, Rabu (21/12/2022) Parlemen Soviet yang baru mengakui kemerdekaan Lituania pada tanggal 6 September 1991. Lituania diterima di Uni Eropa (UE) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara pada 2004. Ibu kotanya adalah Vilnius. Masih banyak hal tentang Lithuania, berikut enam fakta menarik Lithuania yang dirangkum pada Rabu (21/12/2022). 

1. Sistem Pemerintahan

Lituania adalah republik parlementer multi-partai. Hukum dasar negara adalah melalui referendum pada 1992. Menurutnya, kekuasaan dijalankan oleh Seimas, Presiden, Pemerintah dan Pengadilan.

Ada perdebatan sengit tentang konstitusi, khususnya peran presiden. Referendum terpisah diadakan pada tanggal 23 Mei 1992 untuk mengukur opini publik mengenai masalah tersebut, dan 41 persen pemilih mendukung pemulihan Presiden Lituania. Melalui kompromi, sistem semi-presidensial disepakati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah dan Etnis

Penduduk pertama pindah ke wilayah sekarang yang disebut Lituania setelah zaman es terakhir 11--13 ribu tahun yang lalu. Penduduk Paleolitik ini termasuk dalam kelompok budaya Svidras dan Baltik Madlen.

Masyarakat Mesolitikum termasuk dalam budaya Nemunas dan Kunda. Penduduk pertama merupakan perantau, tidak membuat pemukiman permanen. Pada abad-abad pertama era Lithuania, persatuan suku Baltik, termasuk Samogit dan Lithuania, sudah dikelompokkan.

Orang Lituania menempati lebih dari empat perlima populasi negara itu, bercampur dengan orang Rusia dan Polandia dan lebih sedikit orang Belarusia, Ukraina, Latvia, Tatar, Roma (Gipsi), dan lain-lain. Ada komunitas Yahudi yang signifikan di Lituania sebelum Perang Dunia II, dan masuknya orang Yahudi dari Polandia yang dikuasai Jerman pada tahun 1941 meningkatkan populasi ini menjadi hampir 250.000.

Tetapi pada 1944, mayoritas penduduk telah dibunuh, dideportasi, atau dikirim ke kamp konsentrasi. Bahasa resmi Lituania yaitu bahasa Lituania, sementara Rusia, Polandia, Belarusia, Ukraina, dan bahasa lainnya digunakan di kota-kota besar. Bahasa Yiddish umumnya dituturkan oleh anggota komunitas kecil Yahudi yang tersisa di Lituania.

3. Punya Banyak Sungai

Negara ini mempunyai garis pantai sepanjang kurang lebih 99 km dan hanya sekitar 38 km yang menghadap Laut Baltik. Terdapat beberapa sungai penting di Lithuania, terbesar dan utamanya yakni Sungai Nemunas yang juga menjadi titik terendah Lithuania, dengan beberapa anak sungainya yang punya peran penting dalam pelayaran internasional.

Setidaknya terdapat sekitar 816 sungai dan 6 ribu danau di Lithuania. Danau terbesarnya yakni Danau Druksiai (44,5 km persegi), danau terdalam yakni danau Tauragnas (65,5 meter), serta memiliki danau terpanjang bernama danau Asveja (21,9 km).

Bentang alam Lithuania berasal dari gletser zaman es akhir. Titik tertingginya berada di Bukit Aukštojas dengan ketinggian 294 meter di atas permukaan laut yang berada di bagian timur. Di sana pula terdapat banyak danau, lahan basah, serta zona hutan campuran yang menutupi sekitar 33 persen daratan Lithuania.

 

3 dari 4 halaman

4. Dataran Burung Bangau

Lithuania dikenal dengan daratan burung bangau dan menjadi burung nasional negara tersebut, yang habistanya mencapai 13 ribu pasang. Hal ini juga terkait wilayah ekosistem Lituania yang meliputi ekosistem alami dan semi-alami seperti hutan, rawa, lahan basah dan padang rumput, serta ekosistem antropogenik berupa agraria dan perkotaan.

Di antara ekosistem alami, hutan begitu penting bagi Lituania, mencakup 33 w persen wilayah negara. Saat ini, Lithuania memiliki sekitar 250 ribu hewan liar yang lebih besar atau 5 per setiap kilometer persegi. Hewan liar besar yang terbilang paling produktif di setiap bagian Lituania yaitu rusa roe, dengan 120 ribu di antaranya. 

Hewan berkuku lainnya adalah rusa,  rusa bera dan yang terbesar rusa hampir 7 ribu jumlahnya. Di antara pemangsa Lituania, rubah yang paling umum sebanyak 27.000). Serigala sebagai hewan liar juga lebih mendarah daging ke dalam mitologi karena hanya ada 800 di Lithuania.

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata dan Kuliner

Lithuania sempat dinobatkan sebagai Ibu Kota Kebudayaan Eropa pada 2022. Nah, jika ingin berkeliling maka kunjungi Kaunas Castle yang merupakan sebuah kastil bergaya Gotik. Sebuah bukti arkeologi menunjukkan bangunannya sudah ada sejak abad ke-14. Kastil tersebut terletak di tepi Sungai Nemunas, memiliki warna merah menyala.

Tentunya datang ke Lithuania harus mengunjungi ibu kotanya yaitu Vilnius yang menyimpan sejarah, arsitektur kota tua, dan pastinya kehidupan malam dengan bar dan cafe. Terdapat banyak museum dengan informasi spesifik yang bisa dikunjungi mulai dari Museum of Illusions, Museum of Occupation and Freedom, MO Museum, dan masih banyak lagi.

Kemudian sambangi juga Kernave, kota situs sejarah yang tercatat dalam warisan dunia UNESCO. Lokasi ini merupakan ibu kota kuno di era medieval. Tak hanya arsitektur kotanya yang masih terjaga bentuk aslinya, Anda juga bisa menyaksikan panorama perbukitan unik

6. Kuliner

Salah satu makanan Lithuania yang terkenal adalah “Cepilin” yang namanya diambil dari pesawat balon Zeppelin Jerman yang berbentuk oval. Sementara resep Lithuania lainnya yang terkenal adalah sup pink yang dinamakan Šaltibarščiai. 

Orang Lithuania sangat menyukai roti. Banyak jenis roti yang dijual termasuk roti isi buah kering, bumbu-bumbu, kacang, atau kentang. Mereka menyambut tamu penting atau pengantin baru dengan papan roti dan garam.

Selain itu bir Lithuania yaitu Švyturio Ekstra, banyak disukai oleh penduduk lokal dan diterima di seluruh dunia. Bir ini pernah mendapat Golden Medal dalam World Beer Championship (di Amerika pada 2001), Silver Medal dalam World Beer Cup (Amerika pada 2000), dan Golden Medal di Stokholm Beer Festival (Swedia 2004).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat