uefau17.com

6 Fakta Menarik Georgia, Negeri Tempat Menikmati Heliskiing di Pegunungan Kaukasus - Lifestyle

, Jakarta - Georgia merupakan negara Transkaukasia yang terletak di Eropa Timur, yakni di ujung timur Laut Hitam sisi selatan puncak utama Pegunungan Kaukasus Besar. Di utara dan timur laut Georgia dibatasi oleh Rusia, di timur dan tenggara berbatasan dengan Azerbaijan, sementara di selatan oleh Armenia dan Turki, dan di barat oleh Laut Hitam.

Ibu kota Georgia adalah Tbilisi. Kemerdekaan Georgia diakui secara de facto oleh Sekutu pada Januari 1920 dan perjanjian Rusia-Georgia Mei 1920 secara singkat menghasilkan kerja sama Soviet-Georgia.

Georgia mencakup tiga kelompok etnis yaitu Abkhazia, di barat laut (kota utama Sokhumi); Ajaria , di barat daya (kota utama Batʿumi); dan Ossetia Selatan, di utara (kota utama Tskhinvali). Budaya kuno Georgia tercermin dalam banyaknya monumen arsitektur, termasuk banyak biara dan gereja, di mana arsitektur Georgia memainkan peran penting dalam perkembangan gaya Bizantium. Masih banyak hal tentang Georgia, berikut enam fakta menarik Georgia yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (19/12/2022). 

1. Sistem Pemerintahan

Georgia menganut sistem republik multipartai kesatuan. Berdasarkan UUD 1995 presiden diberi kekuasaan yang luas, tetapi itu dikurangi secara signifikan oleh amandemen konstitusi yang diberlakukan pada 2013 yang memperluas peran perdana menteri dan kabinet.

Hingga pemilihan presiden pada 2018, presiden terpilih untuk maksimal dua masa jabatan lima tahun dengan hak pilih universal langsung. Mulai 2024, presiden akan dipilih oleh dewan pemilih yang terdiri dari tiga ratus anggota parlemen dan perwakilan.

Di Georgia, legislatif adalah anggota parlemen terpilih yang anggotanya menjabat selama empat tahun. Sistem peradilan meliputi pengadilan kabupaten dan kota dan Mahkamah Agung.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah dan Etnis

Di awal milenium 1 SM, nenek moyang bangsa Georgia muncul dalam catatan sejarah Asiria dan Urartu. Di antaranya adalah bangsa Diauhi (Diaeni), leluhur dari Taokhoi, yang kemudian berdomisili di provinsi Tao di Georgia barat daya, dan Kulkha, merupakan pendahulu dari Colchians, menguasai wilayah yang luas di ujung timur Laut Hitam.

Kemudian Georgia dimasuki suku-suku dari arah Anatolia oleh invasi Cimmerian pada abad ke-7 SM dan peleburan mereka dengan penduduk asli di lembah Sungai Kura, di abad-abad sebelum era Kristen menyaksikan pertumbuhan kerajaan penting di Iberia, barat daya Georgia. Colchis dijajah oleh pemukim Yunani dari Miletus dan kemudian jatuh di bawah kekuasaan Mithradates VI Eupator, raja Pontus.

Jatuhnya Konstantinopel (Istanbul modern, Turki) ke Kekaisaran Ottoman pada 1453 mengisolasi Georgia dari Susunan Kristen barat. Pada 1510 Ottoman menginvasi Imereti dan menjarah ibu kota, Kʿutʿaisi.

Georgia berasal dari nama Persia untuk mereka, Gorj, selalu tinggal di wilayah ini mereka kenal sebagai Sakartvelo. Secara etnis, Georgia kontemporer tidak homogen tetapi mencerminkan percampuran dan suksesi wilayah Kaukasus. Sekitar empat per lima orang adalah orang Georgia sisanya merupakan orang Armenia, Rusia, Azerbaijan, dan, dalam jumlah yang lebih kecil, Ossetes, Yunani, Abkhazia, dan lain-lain.

 

3 dari 4 halaman

3. Pembuatan Anggur

Metode pembuatan anggur Georgia terdaftar dalam Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Kebun anggur republik merupakan salah satu cabang pertanian Georgia tertua dan terpenting dan mungkin yang paling dicintai.

Pembuatan anggur Georgia berasal dari 300 SM serta mengalami trial and error selama berabad-abad hingga menghasilkan lebih dari 500 varietas anggur. Kebun anggurnya menempati sekitar 320 ribu hektar di seluruh negeri Georgia. Buah-buahan Georgia bervariasi, bahkan sedikit perbedaan iklim dan tanah memengaruhi hasil, kualitas, dan rasa buah.

4. Aksara Tertua di Dunia

Bahasa Georgia adalah anggota keluarga bahasa Kartvelian atau Kaukasia Selatan. Georgia memiliki alfabetnya sendiri, yang diperkirakan telah berevolusi sekitar abad ke-5 dan terdapat banyak dialek. Sejumlah bahasa Kaukasia lainnya dituturkan oleh kelompok minoritas banyak yang tidak tertulis.

Bangsa Georgia memiliki memiliki aksaranya sendiri dan merupakan salah satu aksara tertua di dunia. Berbentuk tulisannya unik, rumit, indah, dan asal usulnya masih belum diketahui.

Ada tiga sistem penulisan yang digunakan untuk menuliskan bahasa Georgia yaitu Asomtavruli, Nuskhuri, dan Mkhedruli. Menurut skala Peringkat Kesulitan Bahasa, yang dikelola oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, bahasa Georgia merupakan bahasa kategori 4 dari skala 5, yang artinya ada di peringkat yang sangat sulit untuk dipelajari.

 

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata

Mengunjungi Georgia tentu harus menyambangi ibu kotanya yang terbilang unik, di mana Tbilisi merupakan perpaduan dari berbagai pengaruh budaya, mulai dari budaya Eropa, Asia hingga Timur Tengah. Tbilisi adalah kota tua penuh dengan sejarah yang dikelilingi bukit dan pegunungan.

Selain itu, Mtskheta dapat menjadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi. Mtskheta merupakan kota kelahiran agama Kristen Orthodox di Georgia. Tak heran banyak monumen-monumen bersejarah di kota ini, seperti Jvari Monastery, Svetitskhoveli Cathedral, serta reruntuhan Pompey’s Bridge.

Kota ini juga merupakan kota tertua di Georgia, di sana ada jejak pemukiman manusia berumur 4 ribu tahun. Apabila wisatawan berkunjung ke Jvari Monastery, bisa sekaligus melihat pemandangan kota Mtskheta dari ketinggian.

Kota lainnya Kazbegi kini telah memiliki nama baru yaitu Stepantsminda, sebagai kota kecil ini dikelilingi oleh pegunungan Kaukasus yang tertutup salju. Situs menarik di kota ini adalah Gergeti Trinity Church yang menjulang di ketinggian 2.000 mdpl.

Ushguli merupakan desa tertinggi di Eropa, yakni dengan ketinggian mencapai 2.200 mdpl. Desa ini sangat terpencil dan jalan satu-satunya menuju desa ini pun sangat terjal serta berlumpur. Georgia juga memiliki tempat tempat terkenal untuk menikmati heliskiing di Pegunungan Kaukasus. 

6. Kuliner

Jarkhlis pkhali adalah saus atau olesan tradisional yang berasal dari Georgia. Biasanya dibuat dengan kombinasi bit, kenari, bawang putih, ketumbar, bubuk cabai, cuka, garam, dan merica. Kenari dan bawang putih digiling menjadi pasta halus, lalu dicampur dengan ketumbar, cuka, bubuk cabai, dan parutan bit rebus.

Campuran tersebut disatukan menjadi pasta kental dan halus yang disajikan di atas piring dan sering kali diberi hiasan dill dan ketumbar. Jarkhlis pkhali disajikan dingin atau pada suhu kamar.

Ada pula machkatebi, hidangan tradisional Georgia yang berasal dari wilayah bersejarah Tusheti di timur laut Georgia. Pancake pedesaan ini biasanya dibuat dengan kombinasi tepung, telur, susu, garam, dan minyak. Adonan encer dimasak dalam wajan, dan pancake yang besar dan tipis kemudian diisi dengan campuran mentega dan keju susu sapi parut.

Setelah diisi, pancake digulung dan ujungnya dimasukkan, machkatebi disajikan dan dinikmati panas-panas. Pancake ini sangat populer selama musim dingin. Menariknya, ada isian kaya mentega dan keju yang dimasak disebut khavitsi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat