uefau17.com

Kebakaran SPBU di Pati, Terdengar Suara Ledakan, 1 Mobil dan Seekor Kambing Hangus Terbakar - Regional

, Pati - Kebakaran hebat melalap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah. Pemicu kebakaran diduga akibat percikan api dari mobil yang mengalami korsleting, saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU setempat.

Saat api melalap salah satu mesin penakar BBM di SPBU dan satu unit mobil Espass yang berada di jalan raya Pati-Jepara itu, sempat menimbulkan suara ledakan hebat, Selasa pagi (2/7/2024). Akibat kebakaran itu, diduga nilai kerugian mencapai Rp300 juta.

Dari keterangan salah satu warga yang menyaksikan peristiwa itu, Noor mengaku sempat mendengar ledakan dari lokasi SPBU sekitar pukul 03.30 WIB.

"Sempat kaget sih tadi, karena ada suara duaaar mirip boom. Setelah itu, saya keluar dan api sudah membakar SPBU," ujar Noor saat ditemui.

Tak ingin kobaran api merembet ke bangunan dan mesin pompa SPBU lainnya, kejadian itu langsung dilaporkan ke pihak Pemadam Kebakaran Satpol PP Pati.

Dua unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan petugas berhasil memadamkan kobaran api. Setelah dua jam proses pemadaman, api berhasil dijinakkan.

Dari lokasi kejadian, tampak puing-puing 1 unit mesin pompa Pertalite di SPBU hancur dan hangus terbakar. Selain itu, satu unit minibus Daihatsu Espass juga ludes terbakar. Satu ekor kambing juga ditemukan mati terpanggang di dalam minibus yang terbakar.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pati, Sugiyono, mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi pada Selasa (2/7) sekitar pukul 04.30 WIB. Pihaknya langsung mengerahkan mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

"Kami terjunkan 3 anggota pemadam kebakaran pos dan dari Juwana. Kemudian juga dibantu Damkar Pabrik Gula Trangkil, TNI, Polri dan masyarakat setempat," ujar Sugiyono kepada Liputan6.

Sugiyono mengaku, kobaran api berhasil dipadamkan pada pukul 05.15 WIB. Kebakaran diduga dipicu adanya korsleting listrik saat kendaraan yang sedang mengisi bensin.

"Mobil yang mengisi BBM mengalami korslet," terang Sugiyono.

Kebakaran SPBU itu, kata Sugiyono, mengakibatkan sebuah motor, mobil dan satu ekor kambing hangus terbakar. Kerugian mencapai ratusan juta.

"Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 300 juta," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Menimpa Gudang Ikan TPI Juwana

Kebakaran serupa juga sempat terjadi pada awal Juni n2024 lalu. Kobaran api melalap sebuah bangunan gudang pendinginan ikan hasil tangkapan nelayan di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kecamatan Juwana Pati.

Tragisnya, sebanyak 60 ton ikan siap jual ludes terpanggang. Kobaran api sempat membuat petugas kualahan menjinakkan si jago merah, agar tidak merambat ke permukiman hingga kapal nelayan di sekitar lokasi TPI.

Dalam kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Kobaran api muncul dari gudang pendinginan ikan di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, Rabu (5/6/2024) malam.

Amukan api membuat warga panik, karena lokasi berada tidak jauh dari permukiman warga serta tempat parkir kapal nelayan di kawasan TPI Juwana.

Kepala Seksi Damkar Satpol PP Pati, Wahyu Diatmoko menjelaskan, 11 unit mobil damkar dari pemerintah dan swasta dikerahkan. Belum diketahui penyebabnya, dugaan sementara konseleting listrik.

“Untuk bangunan yang terbakar sendiri ruang perkantoran dan gudang ikan yang menyimpan 60 ton ikan siap jual,” terangnya kala itu. (Arief Pramono)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat