uefau17.com

Waspada! 2 Akun Instagram Resmi Sabilu Taubah Gus Iqdam Jadi Alat Tipu - Islami

, Jakarta - Bahaya banget, dua akun instagram resmi milik Majelis Ta'lim Sabilu Taubah (ST) asuhan Gus Iqdam menjadi alat tipu.

Dua akun Instagram ini dihack orang tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan dengan cara yang tidak dibenarkan oleh hukum.

Mengutip tayangan TikTok @PATNER GUS IQDAM, disebutkan dua akun resmi milik majelis Sabilu Taubah kena hack. Akun tersebut Majelis Ta'lim Sabilu Taubah dan Sabilu Taubah Official Merch.

"Jadi hati-hati nggeh, saat ini ada dua akun majelis Sabilu Taubah lagi kena hack, yang punya majelis murni yang 271K followernya, lagi kena hack, jadi jangan ada yang kena tipu lagi. Yang kedua yang sabilu taubah merch followernya 52,7K," kata suara seorang pria dalam tayangan tersebut.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transaksi Online Tinggi Picu Kasus Penipuan

Mengutip smartfren.com tingginya transaksi belanja turut memicu kemunculan banyak toko online penipu di Instagram. Agar terhindar dari tindak penipuan online Instagram, ada baiknya lebih berhati-hati dalam memilih akun seller yang ada.

Sejak Instagram mengenalkan fitur baru berupa online shop, memang banyak usaha kecil hingga menengah yang mulai membuat akun toko online-nya sendiri. Hal ini tentu saja memungkinkan siapa pun bisa berjualan di online shop Instagram.

Namun, tak dipungkiri bahwa seiring dengan meningkatnya trend berbelanja online, banyak sekali kasus online shop yang menipu konsumen. Mulai dari tidak mengirimkan barang padahal sudah dibayar, sampai barang yang tidak sesuai dengan gambar.

 

3 dari 4 halaman

Cara Melaporkan Penipuan Online Instagram

Ketika terjadi kasus penipuan online Instagram, tidak sedikit korban yang hanya bisa berdiam diri atau pasrah. Hal itu justru membuat akun penipu bisa beraksi kembali dan memakan lebih banyak korban lainnya. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara melaporkan online shop penipu di Instagram yang bisa dilakukan untuk menimbulkan efek jera.

1. Laporkan unggahan akun penipu. Untungnya, Instagram memiliki fitur untuk melaporkan akun mencurigakan termasuk penipu agar ditindaklanjuti. Berikut ini langkah-langkahnya.

Buka akun Instagram online shop penipu, lalu cari unggahan yang akan dilaporkan. Klik Menu Lainnya (:) yang terletak di bagian pojok kanan atas unggahanPilih opsi Laporkan. Setelah itu pilih alasan pelaporan yang sesuai dalam hal ini adalah “Penipuan atau Penggelapan”.Laporan berhasil diajukan, selanjutnya akan diproses oleh pihak Instagram. Apabila berhasil, maka Instagram akan menghapus unggahan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Laporkan Profil Instagram Penipu

2. Laporkan profil Instagram penipu Apabila cara pertama tidak berhasil, tidak ada salahnya untuk melaporkan profil akun online shop penipu. Jika cara ini berhasil, maka pihak Instagram akan menghapus seluruh akun sehingga tidak akan ada korban lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

Buka aplikasi Instagram, lalu cek profil akun penipu.Klik Menu Lainnya (:) di pojok kanan atas, lalu pilih menu LaporkanKemudian klik Laporkan Akun. Lalu pilih konten unggahan yang tidak seharusnya berada di Instagram. Klik penipuan atau penggelapan. Laporan sudah berhasil masuk dan akan segera diproses.

3. Laporkan rekening penipu ke Cekrekening.id. Jika kamu sudah sempat mentransfer uang ke penipu, maka kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk melaporkan nomor rekening penipu di laman https://cekrekening.id/. Berikut ini langkah-langkahnya:

Buka laman https://cekrekening.id/.Gulir ke bagian bawah lalu pilih menu Laporkan Rekening, lalu isi form Buat Laporan dengan identitas pelaku seperti nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, kategori (jenis kegiatan transaksi yang dilakukan), jumlah kerugian, media transaksi, dan kronologi. Lampirkan pula bukti berupa tangkapan layar bukti transfer ataupun percakapan dengan penipu. Klik Submit, dan data akan diverifikasi oleh tim cekrekening. 4. Lapor ke Laman Lapor.go.idLapor.go.id merupakan sebuah situs yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat. Berikut ini caranya:

Tulis Laporan keluhan atau aspirasi anda dengan jelas dan lengkap. Dalam waktu 3 hari, laporan kamu akan diverifikasi dan diteruskan kepada instansi berwenang.Dalam waktu 5 hari, instansi akan menindaklanjuti dan membalas laporan.Kemudian, tanggapi kembali balasan yang diberikan oleh instansi dalam waktu 10 hari. Laporan akan terus ditindaklanjuti hingga kasus terselesaikan. Nah, itu dia 5 ciri penipuan online Instagram yang patut diwaspadai.

Penulis: Nugroho Purbp/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat