uefau17.com

Jangan Nikahi Wanita dengan 6 Karakter Negatif Ini, Menurut Imam Al-Ghazali - Islami

, Cilacap - Hujjatul Islam Imam Ghazali mengingatkan laki-laki agar tidak menikahi perempuan yang memiliki karakter negatif.

Menikahi mereka bisa membuat rumah tangga kita tidak akan nyaman dan tenteram, bahkan bisa hancur berantakan alias kiamat.

Dalam kitab “Ihya ‘Ulumuddin” Al-Ghazali menyebutkan 6 macam karakteristik negatif wanita,

قَالَ بَعْضُ العَرَبِ (لاَ تَنْكِحُوا مِنَ النِّسَاءِ سِتَّةٌ لاَ أَنَّانَةَ وَلاَ مَنَّانَةَ وَلاَ حَنَّانَةَ وَلاَ تَنْكِحُوْا حَدَّاقَةَ وَلاَ بَرَّاقَةَ وَلاَ شَدَّاقَةَ

"Sebagian orang Arab berkata, janganlah menikahi enam wanita: annaanah, mannaanah, hannanah, haddaqah, barroqoh, dan syaddaqah."

Berikut ini penjelasan karakteristik wanita sebagaimana dijelaskan oleh Al-Ghazali di atas.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Karakteristik Negatif Wanita

Berikut ini penjelasan karakteristik wanita sebagaimana dijelaskan oleh Al-Ghazali.

1. Al-Anaanah

Wanita yang mempunyai sifat ini, sering kali mengeluh dan mengadu. Dia seperti membalut kepalanya dengan perban setiap waktu. Jika perempuan ini dinikahi sama saja menikahi orang sakit atau orang yang pura-pura sakit, tidak ada kebaikan bagi suami. Sedangkan mengadu akan merusak hubungan baik dengan sesama, kerabat maupun sahabat. Ketenangan dalam pernikahan mustahil terjadi jika kita menikahi wanita yang memiliki sifat ini.

2. Al-Mannaanah

Wanita yang memiliki sifat ini, memiliki kebiasaan senang mengungkit-ungkit kebaikan dan jasanya yang telah lalu, baik kepada suaminya atau orang lain. Menikah dengan wanita tipe ini selain membuat seorang laki-laki terhambat menjalankan perannya, juga membuat turunnya wibawa suami sebagai kepala rumah tangga.

Pasalnya, ketika suami akan melakukan kebijakan terkait rumah tangganya, jika si istri tidak setuju, maka ia akan menolak dengan dasar mengungkit kebaikan-kebaikan yang pernah ia lakukan. Singkatnya menikahi wanita tipe ini juga tidak akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam rumah tangga.

3. Al-Hannanah

Wanita tipe ini suka menceritakan dan membanggakan kesuksesan orang di masa lalu. Misalnya membangga-banggakan mantan suaminya jika dia janda atau membangga-banggakan suami orang lain. Boleh jadi yang ia banggakan ialah kesuksesan ayahnya, saudara-saudaranya ataupun orang lain yang kesuksesannya melebihi suaminya.

3 dari 3 halaman

Lanjutan Karakteristik 4-6

4.  Al-Haddaqah

Wanita dengan sifat ini, selalu memandang tajam segala sesuatu dengan biji matanya. Memandang tajam segala sesuatu ini merupakan kalimat kiasan yang menunjukkan ia sangat tertarik urusan duniawi sehingga sangat membebani suaminya.

5.  Al-Barraqah

Al Barraqah memiliki dua makna yaitu: pertama, sifat wanita yang sepanjang hari mengilapkan wajahnya, berhias diri, supaya wajahnya selalu terlihat berseri. Kedua, ia adalah karakteristik perempuan yang sering mencaci makanan. Kalaupun ia makan hanya sedikit. Istilah arab ini untuk menyebutkan anak kecil yang rewek ketika disuruh makan.

6. Al-Syaddaqah

Wanita tipe ini memiliki karakteristik banyak bicara. Banyak bicara yang dimaksud tentunya bicara hal-hal yang sifatnya negatif dan menjurus pada perbuatan ghibah (menceritakan keburukan orang lain) yang sangat dilarang agama.

Demikian nasihat Imam Ghazali yang melarang laki-laki menikahi wanita yang memiliki 6 krakteristik ini.

Penulis: Khazim Mahrur  /  Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat