uefau17.com

Bajak Konten Original ‘Cinta Pertama Ayah’ Yasmin Napper dan Al Ghazali, Admin Telegram Ditangkap - News

, Jakarta - Polda Jawa Barat berhasil mengungkap jaringan individu yang menjadi admin penyebaran konten ilegal dari platform streaming OTT terkemuka, Vidio, melalui aplikasi Telegram. Penindakan ini dilakukan sebagai upaya serius pemerintah dalam memerangi pembajakan konten lokal.

Setelah menerima laporan dari Vidio dan melakukan investigasi yang intensif, operasi ini mencapai puncaknya dengan penangkapan dua tersangka yang diduga kuat mengatur distribusi ilegal video berhak cipta di Telegram. Kedua pelaku ini memanfaatkan fitur anonimitas dan enkripsi Telegram untuk menghindari penegakan hukum dan memperoleh keuntungan dari distribusi konten berhak cipta secara ilegal.

Tersangka pertama berinisial R dengan usia 22 tahun ditangkap pada Februari 2024 silam di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan barang bukti yang berhasil disita oleh Polda Jabar, R terbukti telah menyebarluaskan sejumlah konten di antaranya : Cinta Pertama Ayah, Pertaruhan The Series, Love Ice Cream, dan beberapa judul Vidio Original Series lainnya.

Didasarkan pada motif untuk membangun komunitas penonton bajakan yang kemudian untuk mendapatkan keuntungan finansial dari program affiliate salah satu platform e-commerce, Renaldi pun membagikan konten milik Vidio ini ke 1,8 juta pengikutnya.

Sementara itu, tersangka lainnya yang telah berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah, MYR berusia 22 tahun ditangkap di Lempuyang Bandar, Way Pengubuan, Lampung Tengah oleh Unit 1 Subdit V Siber, Krimsus, Polda Jabar pada 24 April lalu dan mendekam ditahanan Polda Jabar selama proses pemeriksaan berlangsung.

Tidak hanya menggunakan platform aplikasi Telegram untuk menyebarkan sejumlah konten Vidio Original Series: Cinta Pertama Ayah (Yasmin Napper, Al Ghazali), Happy Birth-die (Natasha Wilona, Zee JKT48) dan Ratu Adil (Dian Sastrowardoyo), pelaku juga membuat website yang berisikan konten-konten tersebut sejak tahun 2023.

AKBP Hotmartua Ambarita, Kasubdit 1 Cyber Polda Jabar menegaskan, “Polda Jabar mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mentaati seluruh peraturan perundangan yang berlaku untuk tidak melakukan pelanggaran pidana ini [pembajakan konten berhak cipta] yang dapat merugikan orang lain.”

Sementara itu, Gina Golda Pangaila selaku SVP Legal and Anti Piracy Vidio menyatakan, “Kami akan terus tanpa lelah bekerjasama dengan aparat untuk mengejar dan tegas mengambil langkah-langkah hukum terhadap para admin Telegram yang membajak konten Vidio Original Series. Vidio mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam memberantas aksi pembajakan dan pelanggaran hak intelektual, dengan membuka layanan laporan melalui piracy@vidio.com”.

Teguh Arifiyadi, Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Kominfo mengatakan, “Kominfo berkomitmen membantu pertumbuhan industri kreatif nasional dengan memberikan proteksi ke pelaku industri melalui blocking konten negatif. Kominfo menghimbau masyarakat untuk tidak membajak karya-karya yang dilindungi hak cipta, apalagi konten ciptaan lokal yang seharusnya justru kita dukung bersama.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Series Cinta Pertama Ayah

Cinta Pertama Ayah merupakan original series crime drama yang terinspirasi dari perjuangan ayah mencari keadilan untuk anak perempuan tercintanya. Amara (Yasmin Napper) adalah seorang gadis cantik, berprestasi, perhatian pada keluarga dan mempunyai prinsip hidup yang dia pegang teguh. Ia bisa dideskripsikan dalam 3 kata: Buku, Cinta, Cita. Nilai akademiknya bagus dan cita citanya kelak menjadi dokter. Sementara dalam urusan romansa, dia sedang menjalani hubungan backstreet dengan Stefan (Al Ghazali) yang merupakan kapten basket idola sekolah.

Namun, suatu malam mengubah hidup Amara selamanya. Bagaikan mimpi buruk, Amara mengalami kekerasan seksual saat berlibur di villa bersama teman-temannya. Amara hancur, merasa dunianya runtuh. Impiannya kuliah di fakultas kedokteran kandas.

Darma (Teuku Rifnu Wikana), sang ayah, sangat terpukul akan peristiwa yang dialami putri tercintanya. Ia dan keluarganya dihadapkan pada berbagai tekanan, baik saat proses investigasi maupun persidangan. Apalagi yang dia hadapi adalah orang-orang yang punya kuasa dan memakai segala cara untuk membungkam kasus ini. Ia bertekad melakukan apapun untuk menemukan orang yang telah menghancurkan hidup anaknya. Dia mencari keadilan dengan caranya sendiri, demi Amara.

Series ini dibintangi oleh deretan aktor kenamaan, yaitu Yasmin Napper (Amara), Teuku Rifnu Wikana (Darma), Al Ghazali (Stefan), Dwi Sasono (Reza), Rianti Cartwright (Kemala), Nurra Datau (Putri), Ersa Mayori (Nabila), Chelsea Shania (Suzie). Diproduksi oleh Sky Films, series ini digarap oleh sutradara bertangan dingin, Hadrah Daeng Ratu.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Vidio

Sebagai over-the-top #1 di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014, Vidio menjadi pilihan utama bagi penggemar olahraga untuk menyaksikan siaran langsung pertandingan olahraga internasional, seperti FIFA World Cup Qatar, Premier League, BRI Liga 1, UEFA Champions League, Serie A, La Liga, NBA, dan banyak lagi.

Kerap menghadirkan konten sports, Vidio memiliki kekuatan infrastruktur dengan menghadirkan inovasi teknologi terkini untuk mendukung kualitas siaran langsung dan berbagai fitur personalisasi untuk memastikan pengalaman menonton yang tak tertandingi. Hal ini terbukti dengan kemampuan Vidio menghadirkan tayangan FIFA World Cup Qatar 2022, yang ditonton oleh lebih dari 30 juta viewers dan diputar sebanyak lebih dari 262 juta kali.

Vidio juga merupakan destinasi utama untuk konten lokal eksklusif. Selama setahun hingga Oktober 2023, Vidio telah merilis 28 judul Vidio Original Series, yang dibintangi oleh deretan artis papan atas Indonesia seperti: Wulan Guritno, Laura Basuki, Jefri Nichol, Mawar De Jongh, Amanda Rawles, Ahmad Al Ghazali, dan masih banyak lagi. Di tahun 2023 ini, Vidio datang dengan gebrakan Lokadrama Lara Ati 2 yang dalam kurun waktu 3 bulan ditonton 10 juta kali.

Vidio Sinetron ini menghadirkan konten dengan nuansa lokal yang kental serta menampilkan lokasi-lokasi kuliner lokal favorit, menyuguhkan dialog, kepribadian, hingga guyon dengan logat dan bahasa Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat