uefau17.com

Kisah Nabi Idris AS yang Menengok Surga dan Neraka - Islami

, Jakarta - Dari banyaknya kisah para nabi yang terdapat dalam beberapa hadis. Kisah Nabi Idris AS ini cukup unik. 

Nabi Idris memiliki nama asli Akhnukh. Namun karena Beliau selalu membaca dan banyak mempelajari kitab Allah SWT maka namanya pun diganti menjadi Idris. 

Nabi Idris adalah salah satu manusia yang teramat mulia. Bahkan malaikat maut pun sampai memohon izin kepada Allah SWT untuk bisa bertemu dengannya. 

Dikisahkan bahwa Nabi Idris AS diperkenankan oleh Allah untuk melihat surga dan neraka. Dalam perjalanan tersebut, Nabi Idris AS ditemani Malaikat Izrail sang pencabut nyawa.

Banyak mungkin umat Muslim yang seringkali mendengar tentang kisah ini. Bagaimanakah ceritanya? 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Permohonan Nabi Idris yang Dikabulkan oleh Allah SWT

1.  Mencabut Nyawanya

Hal pertama yang diminta oleh Nabi Idris AS untuk bisa dikabulkan oleh malaikat maut adalah dicabut nyawanya. Setelah itu kemudian ia juga meminta dihidupkan kembali agar bisa merasakan seperti apakah rasa sakit pada saat sakaratul maut.

Kemudian atas izin Allah SWT malaikat maut pun mewujudkan keinginan Nabi Idris. Ketika melihatnya merasakan sakit sakaratul maut, sang malaikat pun menangis tersedu hingga memohon pada Allah agar Nabi Idris dihidupkan kembali.

Allah SWT pun mengabulkan permohonan malaikat maut dan Nabi Idris mengatakan bahwa kesakitannya seribu kali melebihi seekor binatang yang dikelupas kulitnya saat masih hidup. Padahal malaikat maut telah berusaha mencabut nyawanya dengan cara yang paling lembut.

2.  Melihat Neraka

Permintaan Nabi Idris AS yang kedua adalah memohon untuk dikabulkan melihat neraka, atas izin Allah SWT malaikat maut pun mengajak Nabi Idris ke neraka yakni tempat bagi musuh-musuhnya. Di dalam sana ia melihat neraka yang penuh dengan penyiksaan, ular yang berbisa, rantai yang panas, timah yang mendidih, hingga api yang membara.

3 dari 3 halaman

Sandalnya Tertinggal di Surga dan Enggan Balik ke Bumi

3. Mengunjungi Surga

Permintaan Nabi Idris AS yang terakhir yaitu keinginan untuk mengunjungi surga. Untuk bisa melihat seperti apa tempat yang disediakan bagi kekasih Allah SWT kelak.

Dengan izin-Nya, kemudian diajaklah Nabi Idris ke surga. Setelah berada di depan pintu surga, beliau memohon agar diperbolehkan menenggak air dari sungainya untuk menghilangkan kesakitan sakaratul maut dan dahsyatnya api neraka.

Nabi Idris pun diperkenankan masuk ke surga namun dengan syarat harus keluar lagi. Demikianlah di surga lelaki mulia tersebut meninggalkan sandalnya di bawah salah satu pohon.

Setelah keluar dari sana, beliau mengatakan pada malaikat maut jika telah meninggalkan sandal miliknya di dalam surga. Lalu sang malaikat menyuruh Nabi Idris masuk kembali ke surga untuk mengambil sandalnya, namun beliau tidak pernah keluar lagi.

Allah SWT kemudian menurunkan wahyu kepada malaikat maut itu:

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ اِدْرِيْسَۖ اِنَّهٗ كَانَ صِدِّيْقًا نَّبِيًّا ۙ – ٥٦

“Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Idris di dalam Kitab (Al-Qur’an). Sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai kebenaran dan seorang nabi,”

وَّرَفَعْنٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا – ٥٧

“dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.”

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat