uefau17.com

Diduga Modus Baru, Pria Ini Jadi Korban Penipuan Tukar Uang Receh Isi Tanah - Hot

, Jakarta Modus penipuan kini marak terjadi di masyarakat dengan berbagai cara. Korbannya pun tidak pandang bulu, orang yang lengah lebih mudah menjadi sasaran penipuan. Atau bisa jadi karena modusnya baru, jadi banyak orang yang belum mengetahuinya. Meski begitu, harus selalu waspada dan hati-hati.

Seperti video yang baru-baru ini viral di media sosial. Rekaman yang diunggah oleh laman TikTok @hangusdi memperlihatkan seorang pria yang menjadi korban penipuan seseorang. Penipuan tersebut merupakan modus tukar uang receh yang ternyata di dalamnya diisi sebongkah tanah.

Menurut keterangan pada video tersebut, pria yang menjadi korban penipuan merupakan salah satu karyawan minimarket. Di mana ia memperbolehkan seseorang yang ingin menukarkan uang recehnya ke uang kertas. Namun, ujungnya malah kena tipu karena tidak langsung menghitungnya. 

"Hati hati guys, hitung dulu kalo ada yang nukar uang logam," tulis pemilik akun pada keterangan video unggahan, dikutip dari laman TikTok @hangusdi, Rabu (19/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tukar uang receh diisi tanah

Video penipuan penukaran uang receh di minimarket itu pun menjadi pembelajaran untuk warganet yang menontonnya. Pemilik akun juga mewanti-wanti agar lebih berhati-hati dengan segala modus penipuan. Ia menyesal karena tidak menghitung uang itu terlebih dulu.

Harusnya, ia menghitungnya dulu saat oknum penipuan tersebut masih berada di sana. Namun apa daya, nasi telah menjadi bubur. Pria tersebut memperlihatkan momen saat dirinya membuka plastik yang berisi uang receh tersebut.

Pada bagian luar kantung plastik berwarna bening itu tampak berisi penuh dengan sejumlah uang logam. Namun, setelah dibuka, ternyata di dalamnya terdapat beberapa lapisan plastik, di mana uang logam itu hanya ditempel pada bagian kantungan plastik. Lalu di bagian paling dalam, diisi dengan sebongkah tanah.

Diduga, tanah tersebut sengaja dimasukkan di dalam kantung plastik uang logam itu agar terasa berat. Dalam video yang berdurasi 1 menit lebih itu, tampak uang koin yang ada dalam kantung plastik sebagian besar adalah uang lima ratus dan seribu rupiah.

 

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang diduga sebagai modus penipuan baru itu kini sudah ditonton hingga hampir 1 juta kali. Dalam kolom komentar, warganet pun ramai memberikan responsnya. Banyak yang menyarankan agar lebih berhati-hati dan sebaiknya dihitung dulu sebelum oknumnya pergi.

"Seharusnya dihitung dulu kak, baru dikasih uangnya. Kalo dia gamau nunggu gak jadi," tulis akun @user3155997620158.

"Aku kalo nuker gak berlapis gitu dah plastiknya, jadi jelas isinya duit semua," tulis akun @fatmawatianissa06.

"Saran aja si bang,lain kali kalau ada yang mau nuker duit recehan, mending yang diterima tu duitnya yang belum di bungkus rapi kek gitu," tulis akun @little.star0510.

"Kalo terima tukeran mending yg disusun pake solasi. Jadi ngitungnya gampang dan gak bakal nipu," tulis akun @febyzaharaaa.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@hangusdi

Hati hati guys, hitung dulu kalo ada yang nukar uang logam. #alfamart #alfamarttiktok #viral #uanglogam #tukaruang #penipuan

♬ suara asli - Subhan Agus Ahadi - Subhan Agus Ahadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat