uefau17.com

12 Manfaat Buah Black Sapote bagi Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Cocok untuk Diet - Hot

, Jakarta Manfaat buah black sapote mungkin masih belum diketahui oleh masyarakat secara luas. Buah black sapote adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika bagian tengah. Buah ini memiliki nama Latin Diospyros nigra atau kesemek hitam.

Buah black sapote merupakan buah yang bertekstur unik seperti puding cokelat. Kulit buahnya sendiri berwarna hijau dan dagingnya kehitaman seperti cokelat. Biasanya orang Meksiko maupun Amerika bagian tengah mengonsumsi buah ini dengan di makan secara langsung atau dicampur bersama susu.

Selain memiliki rasa yang lezat, buah ini juga menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh hingga dapat menurunkan berat badan sehingga cocok untuk orang yang sedang diet.

Berikut ulas mengenai manfaat buah black sapote bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat buah black sapote yang pertama adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena buah black sapote kaya akan vitamin C, oleh sebab itu dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan metabolisme tubuh dalam melindungi tubuh dari virus berbahaya.

2. Antioksidan

Manfaat buah black sapote yang berikutnya adalah antioksidan yang baik. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah black sapote secara rutin dapat membantu melawan efek radikal bebas, terutama yang berasal dari polutan. Hal ini dapat membantu untuk menghindari pertumbuhan sel jahat di dalam tubuh. Dengan begitu, akan memberikan pikiran yang tenang dan perasaan yang menyenangkan.

3. Kaya vitamin C

Buah black sapote diketahui banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah black sapote secara rutin dapat melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, vitamin C yang terkandung pada buah black sapote dapat menjaga kesehatan kulit.

4. Memberikan energi secara instan

Manfaat buah black sapote yang selanjutnya adalah memberikan energi secara instan. Hal ini karena buah black sapote memiliki rasa yang manis dan mengandung cukup kalori untuk melakukan beberapa aktivitas setiap hari. Selain itu, buah black sapote juga mengandung karbohidrat kompleks yang mampu memberikan energi instan pada tubuh.

3 dari 4 halaman

5. Menyehatkan mata

Manfaat buah black sapote yang berikutnya adalah dapat menyehatkan mata. Kandungan vitamin A yang ada pada buah black sapote dapat membantu untuk meningkatkan penglihatan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah black sapote dapat menjaga penglihatan dengan baik dan akan meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, mengonsumsi buah ini juga dapat membantu terhindar dari penyakit mata.

6. Kaya vitamin A

Selain mengandung vitamin C, buah black sapote juga kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A yang ada pada buah ini sangat penting untuk kesehatan tubuh yakni dapat mengembangkan sel dan memberikan visibilitas yang jelas.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat buah black sapote yang berikutnya adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Buah black sapote sendiri mengandung serat dan karbohidrat yang baik untuk sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah black sapote secara rutin, maka akan dapat mengatasi sembelit.

8. Cocok untuk diet

Manfaat buah black sapote yang berikutnya adalah dapat menurunkan berat badan sehingga cocok untuk orang diet. Buah ini mengandung karotenoid dan katekin, yang berfungsi melepaskan lemak dan mengubahnya menjadi energi. Selain itu, buah black sapote juga rendah lemak dan membantu menunda rasa lapar. Kandungan karbohidrat kompleks memberikan rasa kenyang jangka panjang karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

4 dari 4 halaman

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah black sapote yang berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena buah black sapote tidak memiliki lemak jenuh. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dinding arteri. Hal itu dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Kemudian, buah black sapote juga dapat meningkatkan tingkat HDL di dalam darah dan menurunkan tingkat LDL.

10. Sumber kalsium yang tinggi

Selain kaya akan vitamin A dan C, buah black sapote juga mengandung kalsium yang tinggi.  yakni 22 miligram. Tidak hanya untuk kesehatan tulang saja, ternyata mineral ini juga dibutuhkan oleh saraf dan otot jantung untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, kalsium yang dikandung black sapote juga bisa mencegah kontraksi otot dan proses pembekuan darah.

11. Kaya mineral

Buah black sapote mengandung banyak mineral penting seperti potasium, fosfor, dan besi. Potasium pada black sapote dapat membantu dalam mengembangkan otot, menurunkan tekanan darah dan menyembuhkan masalah ginjal. Sementara itu, fosfor dan zat besi dapat membantu dalam peningkatan darah dan menjaga kesehatan tubuh.

12. Menyehatkan ginjal

Salah satu manfaat black sapote yang lainnya adalah menyehatkan sistem ginjal. Hal ini karena black sapote mengandung potasium, oleh karena itu dapat meningkatkan kerja stimulasi ginjal. Selain itu, buah ini juga dapat mengurangi kemungkinan munculnya batu di ginjal dan membawa ginjal yang kuat. Untuk hasil yang lebih efektif, ada baiknya imbangi dengan mengkonsumsi air putih yang dapat mengurangi gejala batu ginjal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat