uefau17.com

6 Jenis Terapi Psikologis yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental - Hot

, Jakarta Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Kesehatan mental mengacu pada kesehatan emosional dan psikologis. Memiliki kesehatan mental yang baik membantu Anda menjalani hidup yang relatif bahagia dan sehat.

Mental yang sehat menunjukkan ketahanan dan kemampuan untuk mengatasi kesulitan hidup. Kecemasan, depresi, hingga stres menunjukkan sebuah keadaan mental yang kurang sehat. Mengambil terapi adalah jalan yang tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan mental.

Terapi membantu orang mengidentifikasi masalah kesehatan mental dan perilaku atau pola pikir yang tidak sehat. Istilah terapi mengacu pada beberapa gaya terapi bicara. Terapi dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan, termasuk gangguan panik, kegelisahan, depresi, masalah kemarahan, gangguan bipolar, dan gangguan stres pasca-trauma.

Untuk mendukung kesehatan mental dan mengatasi masalah mental, berikut jenis terapi mental yang berhasil rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Terapi Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif adalah jenis perawatan psikoterapi yang membantu pasien memahami pikiran dan perasaan yang memengaruhi perilaku. Terapi ini umumnya digunakan untuk mengobati berbagai gangguan, termasuk fobia, kecanduan, depresi, dan kecemasan.

Tujuan terapi perilaku kognitif adalah untuk mengajarkan pasien bahwa sementara mereka tidak dapat mengendalikan setiap aspek dunia di sekitar mereka, mereka dapat mengendalikan bagaimana mereka menafsirkan dan menangani hal-hal di lingkungan mereka.

Terapi ini dapat dilakukan bersama terapis ahli secara personal maupun berkelompok. Terapi bisa dilakukan langsung secara tatap muka maupun melalui telepon atau panggilan video.

3 dari 7 halaman

Terapi Interpersonal

Psikoterapi interpersonal biasanya digunakan untuk mengobati gangguan suasana hati, dengan tujuan utama adalah untuk meningkatkan hubungan seseorang dan interaksi sosial untuk membantu mengurangi tekanan yang dialami.

Terapi Interpersonal yang dianggap sebagai bentuk terapi yang lebih baru, juga telah terbukti efektif untuk orang yang mengalami kesusahan dari peristiwa kehidupan tertentu, seperti bergerak, bercerai, kematian orang yang dicintai atau pensiun.

Terapi interpersonal biasanya berlangsung 12 hingga 16 minggu. Sesi mungkin melibatkan interaksi bermain peran yang terjadi di luar untuk melihat bagaimana seseorang dapat menangani berbagai hal secara berbeda atau lebih efektif. Sesi kelompok juga umum di IPT, karena orang dapat mempraktikkan keterampilan interpersonal mereka di lingkungan yang aman dan asuh.

4 dari 7 halaman

Terapi Psikodinamik

Terapi psikodinamik adalah bentuk tradisional terapi kesehatan mental yang menggunakan percakapan mendalam yang membahas dunia eksternal pasien. Ini digunakan terutama dengan mereka yang berurusan dengan depresi, tetapi juga dapat bekerja untuk orang yang berurusan dengan kecanduan, gangguan kecemasan sosial dan gangguan makan.

Dalam terapi psikodinamik, orang-orang didesak untuk berbicara tentang apa saja dan segala sesuatu yang muncul di benak mereka, dengan tujuan keseluruhan menempatkan gejala negatif ke dalam remisi dan meningkatkan harga diri individu.

Biasanya, jenis terapi ini sedang berlangsung dan bekerja paling baik untuk orang-orang yang menyadari masalah mereka, tetapi tidak memiliki alat untuk menyelesaikannya sendiri.

5 dari 7 halaman

Terapi Seni

Dalam terapi seni, orang didorong untuk mengekspresikan diri secara kreatif dalam bentuk menggambar, melukis, membuat kolase, memahat dan media lainnya. Selama sesi terapi seni, yang sering digunakan untuk anak-anak asien dan terapis akan membuat karya seni untuk dibuat.

Terapis akan sering mengamati (tanpa penilaian) orang yang ia ciptakan. Setelah seni selesai, ahli terapi seni akan menganalisis warna, tekstur, dll, untuk nada emosional.

Terapi seni juga sering mencakup bentuk terapi kesehatan mental tradisional, seperti terapi bicara, dan proses menciptakan seni itu sendiri dikatakan memiliki banyak manfaat, terutama untuk anak-anak, termasuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan interpersonal dan strategi.

6 dari 7 halaman

Psikoedukasi

Psikoedukasi mengacu pada proses memberikan pendidikan dan informasi kepada mereka yang mencari atau menerima layanan kesehatan mental, seperti orang yang didiagnosis dengan kondisi kesehatan mental dan anggota keluarga mereka.

Menurut Good Therapy, psikoedukasi adalah penting, karena banyak orang yang memiliki kondisi kesehatan mental tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang kondisi mereka telah didiagnosis, apa yang mungkin mereka harapkan dari terapi atau efek positif dan negatif dari obat apa pun yang mungkin mereka miliki.

Psikoedukasi dapat berupa beberapa bentuk, termasuk kelas formal, kelompok pendukung atau terapis yang menjelaskan kepada pasien bagaimana masalah kesehatan mental mereka dapat mempengaruhi kehidupan mereka.

7 dari 7 halaman

Hipnoterapi

Hipnoterapi sering digunakan bersama dengan bentuk lain dari terapi kesehatan mental dan biasanya digunakan untuk membantu seseorang menangani perilaku tertentu, seperti merokok, susah tidur, fobia, dan disfungsi seksual. Hipnoterapi bekerja dengan cara menghambat bagian otak.

Dalam sesi hipnoterapi yang khas, seseorang menutup mata mereka dan dibantu untuk rileks. Penghipnotis kemudian memberikan saran dan membimbing imajinasi orang tersebut. Hipnosis juga dapat mengurangi stres dan kecemasan dengan mengaktifkan respons relaksasi sistem saraf parasimpatis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat