uefau17.com

10 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Hemoglobin, Cegah Anemia - Hot

, Jakarta Kadar hemoglobin yang rendah biasanya dikaitkan dengan anemia. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah. Oksigen yang memasuki paru-paru menempel pada hemoglobin dalam darah, yang membawanya ke jaringan di dalam tubuh.

Pola makan yang buruk, terhambatnya penyerapan nutrisi, kehilangan darah, dan obat-obatan tertentu dapat memengaruhi kadar hemoglobin. Gejala yang paling umum dari jumlah hemoglobin yang rendah adalah kelelahan, sesak napas, pusing, sakit kepala, dan nyeri dada.

Kadar hemoglobin yang rendah bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi. Mengatur kadar zat besi penting untuk mengurangi kelelahan, mengobati anemia, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kondisi ini juga disebut anemia defisiensi besi.

Zat besi, tembaga, dan vitamin B12, B9 (folat), dan C berperan penting dalam produksi hemoglobin. Diperlukan pola makan yang tepat untuk mempertahankan kadar hemoglobin yang optimal. Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin.

Berikut 10 makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hati

Hati, baik itu hati ayam maupun hati sapi memiliki konsentrasi zat besi, vitamin B12, dan folat tertinggi. Daging organ juga tinggi protein dan kaya akan vitamin B, tembaga, dan selenium. Hati juga sangat tinggi vitamin A. Nutrisi pada hati sangat baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Kerang

Makanan laut, seperti kerang, tiram, dan kaviar, dapat menyediakan lebih dari kebutuhan harian akan zat besi dan vitamin B12 yang berperan dalam peningkatan kadar hemoglobin. Kerang adalah sumber zat besi alami yang baik. 100 gram kerang mengandung 28 mg zat besi, 22,1 mg vitamin C, dan 98,9 mcg vitamin B12.

3 dari 6 halaman

Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Ikan

Ikan tuna, haddock, mackerel, dan sarden adalah contoh ikan yang kaya akan zat besi. Zat besi dalam ikan termasuk bentuk zat besi yang lebih mudah diserap dan dipelihara dalam tubuh. Ikan juga penuh dengan asam lemak omega-3, yang merupakan jenis lemak yang menyehatkan jantung.

Daging merah

Daging merah seperti daging sapi mengandung zat besi heme dalam jumlah tinggi. Daging juga kaya protein, seng, selenium, dan beberapa vitamin B. Daging merah tanpa lemak memasok banyak zat besi, tergantung pada potongan dagingnya, dan mengandung bentuk zat besi yang lebih mudah diserap daripada zat besi dalam makanan nabati. Zat besi ini membantu produksi hemoglobin yang sehat.

4 dari 6 halaman

Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Kedelai

Kedelai dan edamame merupakan sumber zat besi nabati yang baik. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kacang kedelai untuk tingkatkan kadar hemoglobin adalah dengan merebusnya.

Kacang-kacangan seperti kedelai juga merupakan sumber folat, magnesium, dan kalium yang baik. Olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga menjadi cara menarik untuk menikmati biji-bijian ini. e

Buah kering

Buah kering adalah buah yang hampir semua kandungan airnya dihilangkan melalui metode pengeringan. Buah kering dapat disimpan lebih lama dari buah segar dan bisa menjadi makanan ringan yang lezat. 

Aprikot kering, kismis, dan kurma adalah sumber zat besi yang lezat. Faktanya, 100 gram buah kering memiliki 0,8 miligram zat besi. Selain zat besi, buah-buahan kering ini juga mengandung serat dan vitamin esensial.

5 dari 6 halaman

Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Brokoli

Per 100 gram brokoli mengandung 2,7 miligram zat besi. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti magnesium dan vitamin A dan C.

Vitamin C pada brokoli membantu penyerapan zat besi secara efektif. Vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah kanker, penyakit kardiovaskular, katarak, dan anemia.

Bayam

Bayam adalah sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi membantu menciptakan hemoglobin, yang membawa oksigen ke jaringan tubuh. 100 gram bayam mentah mengandung 2,7 mg zat besi. Meskipun ini adalah zat besi non-heme, yang tidak diserap dengan baik, bayam juga kaya akan vitamin C. Vitamin C secara signifikan meningkatkan penyerapan zat besi.

Bayam juga kaya antioksidan yang disebut karotenoid yang dapat mengurangi risiko kanker, mengurangi peradangan, dan melindungi mata. Bayam, sejauh ini, merupakan pilihan sayuran terbaik bagi mereka yang mencari penambah hemoglobin.

6 dari 6 halaman

Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Cokelat hitam

Cokelat hitam sangat lezat dan bergizi. Konsumsi cokelat hitam juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Setiap 100 gram cokelat hitam mengandung 17 miligram zat besi, memenuhi sekitar 90 persen kebutuhan besi harian. Penelitian juga menunjukkan bahwa cokelat memiliki efek menguntungkan pada kolesterol dan dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Biji labu

100 gram biji labu mengandung sekitar 15 miligram zat besi. Jumlah ini memenuhi 83 persen dari nilai yang direkomendasikan setiap hari.

Selain itu, biji labu merupakan sumber vitamin K, magnesium, seng, dan mangan yang baik. Biji labu juga memberikan dosis antioksidan yang baik seperti vitamin E dan karoten. Biji labu utuh juga merupakan sumber serat yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat