uefau17.com

Bosan Minum Air Putih? Akali dengan Menambahkan 4 Alternatif Berikut biar Tetap Terhidrasi - Health

, Jakarta - Jika bosan minum air putih, ada berbagai cara yang bisa ditambahkan agar terasa berbeda. Menambahkan buah atau daun tertentu bisa membuat lebih semangat minum agar tidak sampai dehidrasi.

Bahaya bila seseorang dehidrasi karena jadi sulit konsentrasi, konstipasi bahkan berimbas ke tekanan darah.

Bagi Anda yang bosan minum air putih atau suka minuman dengan aroma dan rasa tertentu, berikut alternatifnya yang bisa dicoba seperti mengutip laman Health, Senin, 9 Juni 2024.

1. Tambahkan Potongan Lemon

Potongan lemon adalah salah satu bahan yang  ditambahkan pada air yang paling populer. Lemon tidak hanya menambah aroma pada air putih tapi juga menyediakan beberapa nutrisi dan senyawa bermanfaat.

Seperti diketahui lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kehadiran vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan memiliki efek antioksidan yang kuat.

Jika Anda menambahkan dua sendok makan perasan lemon itu sudah menyediakan 13% kebutuhan harian Anda akan vitamin C.

Mempertahankan kadar vitamin C yang optimal dapat mengurangi risiko terkena berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung.

2. Tambahkan Potongan Jahe

Jika Anda menyukai teh jahe, menambahkan potongan jahe bisa menjadi bahan tambahan air putih.Rasa jahe yang hangat dan 'pedas' cocok juga bila dipadukan lemon.

Bukan cuma aroma dan rasa yang didapat, jahe mengandung zat antioksidan dan anti inflamasi, termasuk shogaol, gingerol, dan zingerone. Senyawa ini memerangi peradangan dengan menghambat jalur proinflamasi tertentu dan menurunkan kadar protein inflamasi.

Selain mengurangi peradangan, senyawa jahe juga memiliki efek pereda nyeri dan relaksasi otot, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan jahe dapat mengurangi nyeri terkait menstruasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tambahkan Perasan Buah Delima

Buah delima kaya akan antioksidan dan antiperadangan seperti anthocyanins dan ellagitannins. Bisa juga untuk mendapatkan manfaat itu dengan menambahkan potongan buah delima atau perasan buah delima ke dalam botol air putih Anda.

Rasa segar dan sedikit manis akan membuat minum air putih terasa menyenangkan.

3 dari 4 halaman

4. Tambahkan Daun Mint

Daun mint dapat menambah rasa dan aroma menyegarkan pada air putih di botol Anda. Lalu, jika sedang merasa mual, efektif juga menambahkan daun mint ke gelas berisi air putih. Penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma mint dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada populasi tertentu, termasuk wanita hamil.

4 dari 4 halaman

Berapa Minimal Minum Air Putih Sehari?

Sekitar 60 persen dari berat badan terdiri dari air. Anda membutuhkannya untuk setiap fungsi tubuh. Mulai dari mengeluarkan racun dari organ-organ tubuh, membawa nutrisi ke dalam sel-sel tubuh, melindungi persendian, dan membantu mencerna makanan yang dikonsumsi.

Jika tidak mendapatkan cukup air putih, Anda bisa mengalami dehidrasi. Kasus dehidrasi yang parah dapat menyebabkan pusing, kebingungan, bahkan kejang.

Tidak ada jumlah tertentu yang tepat untuk semua orang. Jumlah air putih yang Anda butuhkan dapat bergantung pada ukuran tubuh, seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan, seberapa panas cuaca, dan faktor lainnya.

Meski begitu, ada beberapa pedoman dasar seperti mengutip WebMD:

  • Untuk pria, Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan sekitar 3 liter) cairan setiap hari
  • Untuk wanita, disarankan menyarankan 9 cangkir (sedikit di atas 2 liter) cairan setiap hari.
  • Wanita hamil harus minum sekitar 10 gelas air setiap hari.
  • Ibu menyusui membutuhkan sekitar 12 gelas.
  • Jika Anda berada di luar ruangan pada hari yang panas atau melakukan sesuatu yang membuat Anda berkeringat, maka Anda perlu minum lebih banyak cairan agar tetap terhidrasi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat