uefau17.com

Jalan Sulit Dilalui Shin Tae Yong hingga Berhasil Antar Timnas Indonesia ke Gerbang Kemenangan, Dulu Diremehkan - Health

, Jakarta - Timnas U-23 Indonesia mengukir sejarah baru dalam sepak bola Indonesia. Pada Minggu malam, 21 April 2024, mereka berhasil melaju ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Yordania dengan skor 4-1.

Keberhasilan Tim Garuda Muda merupakan hasil kerja keras para pemain dan strategi yang baik dari pelatih Shin Tae Yong. Dia pun mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengungkapkan kebanggaannya dalam unggahan Instagramnya. Dia menyampaikan terima kasih kepada pemain, pelatih, ofisial, dan seluruh pendukung atas dukungan mereka.

"Luar biasa! Timnas U-23 Indonesia tampil perkasa. Indonesia mencetak sejarah dengan lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23, usai menang telak atas Yordania 4-1," tulis Erick dikutip Health  pada Senin. 22 April 2024.

"Terima kasih untuk seluruh pemain, pelatih, ofisial, dan tentu saja dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia serta pemerintah. Bangga!," tambahnya.

Tidak sedikit warganet, terutama penggemar sepak bola, yang mengikuti perjalanan pelatih Shin Tae-yong dalam membimbing Timnas Indonesia.

Dari awal masa sulit hingga saat ini, terlihat adanya perkembangan yang signifikan.

Pria yang karib disapa STY menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak Januari 2020. Sejak saat itu, berbagai prestasi mulai terukir dalam sejarah Timnas.

Seperti diketahui, 2020 adalah masa di mana wabah besar COVID-19 menyerang dunia, termasuk Indonesia.

Di tengah situasi sulit ini, pria kelahiran 11 Oktober 1970 mengerahkan kemampuannya dalam mengembangkan tim sepak bola Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelatih Shin Tae Yong Sempat Terinfeksi COVID-19

Saat menjalankan tugas melatih Timnas, STY sempat dinyatakan positif COVID-19. Kabar buruk ini didapat setelah hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) keluar pada Jumat malam, 19 Maret 2021.

"Awalnya Shin Tae Yong pada hari Kamis (18/3) mengaku tidak enak badan. Kemudian atas arahan Ketua Umum PSSI, yang bersangkutan di swab PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat malam (19/3)," kata Plt, Sekjen Yunus Nusi, dalam keterangan di situs resmi PSSI, Maret, 2021, seperti dikutip dari Kanal Bola .

COVID-19 dapat menjadi ancaman besar bagi STY lantaran dirinya memiliki riwayat penyakit paru-paru kronis.

Beruntung, kala itu Shin Tae Yong tak menunjukkan gejala berat dan dapat kembali sehat.

3 dari 5 halaman

Melatih Timnas Indonesia Bukan Hal Mudah bagi Shin Tae Yong

Perjalanan melatih Timnas Indonesia bukanlah perkara mudah. Masyarakat yang kerap dihadapkan dengan kekalahan demi kekalahan seolah terbiasa dengan kegagalan Timnas tercinta.

Tak sedikit penggemar bola yang putus asa dan menyarankan Shin Tae Yong untuk menyerah. Ada yang berkomentar bahwa melatih Timnas Indonesia hanya akan merusak CV Shin Tae Yong sebagai pelatih profesional.

Alih-alih menimbulkan rasa putus asa dan ingin menyerah, berbagai komentar negatif seolah dijadikan bahan bakar untuk kembali menyalakan semangat.

4 dari 5 halaman

Catatan Prestasi Selama Timnas Dilatih Shin Tae Yong

Seiring berjalannya waktu, Shin Tae Yong berhasil membuktikan bahwa masih ada harapan bagi Timnas Indonesia, meskipun sebelumnya sering dikritik sebagai tim yang sering kalah.

Di level senior, STY berhasil mengangkat peringkat Timnas Indonesia dari peringkat 173 FIFA menjadi posisi 134. Artinya, ada peningkatan sebanyak 39 posisi sejak 2019-2020.

Meski belum meraih gelar pada Piala AFF, penampilan mereka pada edisi 2020 menunjukkan adanya kemajuan yang menjanjikan untuk masa depan Timnas Indonesia, seperti dikutip dari Bola.com.

Pada tahun 2023, STY memimpin Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya, menandai pencapaian bersejarah bagi tim.

Harapan masih besar bagi penggemar Timnas Indonesia untuk melihat mereka berhasil melaju ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 di bawah kepemimpinan Ernando Ari dan rekan-rekannya.

 

5 dari 5 halaman

Prestasi Shin Tae Yong di Level Junior

Di level junior, STY juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023, sementara sebelumnya mereka meraih medali perunggu di SEA Games 2021.

Prestasi lain yang patut dicatat adalah keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju hingga final pada Piala AFF U-23 2023, meskipun akhirnya harus puas sebagai runner-up.

Prestasi terbaru mereka adalah lolos ke Piala Asia U-23 2024 dan bahkan berhasil mencapai fase gugur pada debut mereka di turnamen tersebut.

Meskipun banyak prestasi yang telah diraih, masih banyak sejarah yang menanti untuk ditorehkan oleh Shin Tae Yong dan Timnas Indonesia.

Namun, ada kabar bahwa kontrak sang pelatih akan berakhir pada Juni 2024, membuat banyak masyarakat berharap agar kontraknya diperpanjang.

"Tolong perpanjang kontrak STY, sampai waktu yang sangat lama," ujar seorang warganet dalam kolom komentar di Instagram Presiden RI, Joko Widodo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat