uefau17.com

Gilas Yordania di Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong Tertantang Bawa Timnas Indonesia Tembus Semifinal - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tertantang mengantar anak-anak asuhnya melaju jauh, setidaknya hingga partai semifinal Piala Asia U-23 2024.

Target itu diungkap juru taktik asal Korea Selatan menyusul kemenangan gemilang 4-1 yang diraih Rizky Ridho dan kawan-kawan saat melakoni duel pemungkas grup A melawan Yordania pada Minggu (21/4/2024) malam WIB.

Seperti diketahui, Garuda muda memang sudah dipastikan menyegel tiket ke babak 8 besar. Anak-anak asuh Shin Tae-yong finis sebagai runner-up grup A dengan selisih hanya satu poin dari pemuncak klasemen Qatar, usai mengalahkan Australia dan Yordania di dua laga beruntun.

Hasil ini sekaligus menandai capaian baru dalam buku sejarah Timnas Indonesia U-23 di bawah racikan Shin Tae-yong. Pasalnya, sejak awal Garuda muda cuma berstatus sebagai debutan yang baru perdana tampil di putaran final Piala Asia U-23 2024.

Adapun STY dan timnya setelah ini bakal ditantang lawan berat di babak 8 besar. Juru taktik asal negeri ginseng harus menghadapi pemegang status juara grup B yang bisa saja disabet oleh Jepang atau negaranya sendiri, Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STY Ungkap Target ke Semifinal

Terlepas dari lawan berat di partai selanjutnya, Shin Tae-yong tetap berambisi mengantar Rizky Ridho dkk tembus hingga babak semifinal. Eks juru taktik Timnas Korea Selatan menilai Garuda muda sudah melalui banyak hal, sehingga ini jadi saat yang tepat buat mereka melaju lebih jauh.

"Sepak bola Indonesia telah melewati banyak hal, saat ini adalah kesempatan bagi kami untuk terus menanjak naik. Karenanya saya menerima tantangan tersebut (mengantar skuad U-23 ke semifinal) sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia," ucap Shin Tae-yong selepas kemenangan atas Yordania.

"Saat kami membuat sejarah ini bersama para pemain, saya sangat senang. Di turnamen ini, saya juga telah mencapai 50 persen dari target saya. Kami belum tahu siapa yang akan kami lawan antara Jepang dan Korea (di perempat final), jadi saya akan menyaksikan pertandingan keduanya (Senin malam nanti)," sambung pelatih berusia 53 tahun.

3 dari 3 halaman

Nasib Kontrak Shin Tae-yong dengan PSSI

Dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong berpotensi besar mendapat ganjaran positif dari PSSI.

Seperti diketahui, ketua umum federasi sepak bola Indonesia Erick Thohir sebelumnya memberi 2 target kepada Shin Tae-yong sebagai syarat perpanjangan kontrak. Pelatih asal Korea Selatan diminta membawa Timnas Indonesia tembus 16 besar Piala Asia 2023 serta mengantar skuad U-23 melaju hingga perempat final.

Kedua misi tersebut praktis sudah dituntaskan oleh Shin Tae-yong. Sang pelatih pun tak segan mengakui ia dan timnya telah mencapai banyak hal selama 2 tahun terakhir, meski STY sempat kesulitan menampilkan kinerja maksimal di periode awal kerja samanya dengan skuad Garuda.

"Kontrak saya bersama PSSI berdurasi 4 tahun. Namun (selama) 2 tahun di awal, saya tidak bisa bekerja dengan baik karena pandemi COVID-19. Kemudian di 2 tahun sisa kontrak saya, banyak hal telah kami capai," ucapnya usai mengantar Merah Putih mencapai babak 8 besar Piala Asia U-23 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat