uefau17.com

Deretan Hoaks Seputar Iran, Simak Daftarnya - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks bisa menyangkut negara mana saja tak terkecuali Iran. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Iran? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesawat Garuda Indonesia Mendarat Darurat di Iran

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di Iran. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Januari 2022.

Dalam akun tersebut terdapat video berdurasi 36 detik bergambar pesawat Garuda Indonesia dalam posisi darurat sebelum mendarat. Selain itu di dalam video terdapat narasi "Garuda Indonesia Crash Landing di Iran."

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Sekilas Gaspolinfo : Garuda Indonesia melakukan Landing darurat di Iran, meskipun tidak mulus namun pesawat akhirnya berhasil mendarat. #Garudadidadaku"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di Iran? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar di Video Ini Warga Iran Nonton Perang Rudal Armenia vs Azerbaijan

Media sosial Facebook dihebohkan dengan video berdurasi 13 menit 17 detik. Video itu menggambarkan warga Iran yang sedang menonton perang.

Video warga Iran sedang menonton perang ini diunggah oleh M Sukarno. Dia mengunggah video tersebut di akun Facebook miliknya pada 14 Oktober 2020.

Dia pun memberikan narasi untuk video itu seperti ini:

"PERANG RUDAL ARMENIA VS AZERBAIJAN JADI TONTONAN WARGA IRAN"

Video itu viral karena dilihat lebih dari ribuan kali, mendapat 865 like, dan 51 komentar dari warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah warga Iran sedang menonton perang rudal antara Armenia vs Azerbaijan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei Jadi Sampul Majalah Forbes April 2024

Beredar di media sosial postingan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjadi sampul majalah Forbes pada April 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya 18 April 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Ayatollah Ali Khamenei dengan tulisan Forbes besar seperti sampul majalah. Akun itu menambahkan narasi:

"Ayatollah Ali Khamenei ditampilkan di sampul majalah Forbes dengan judul "Orang Paling Berkuasa di Dunia".

Tidak ada negara di dunia yang melakukan serangan besar-besaran melalui rudal balistik seperti yang dilakukan Iran. Peristiwa ini lebih besar dari “Israel.

Iran mencapai tujuan militernya, dibutuhkan upaya gabungan dari AS, Inggris, Perancis & Israel untuk menghentikan satu serangan. Iran menunjukkan bahwa mereka bisa dan akan melawan jika dipaksa."

Lalu benarkah postingan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjadi sampul majalah Forbes pada April 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat