uefau17.com

Ragam Hoaks Foto Sampul Majalah Terkemuka, Simak Daftarnya - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks foto sampul majalah terkemuka beberapa kali beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks foto sampul majalah? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei Jadi Sampul Majalah Forbes April 2024

Beredar di media sosial postingan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjadi sampul majalah Forbes pada April 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya 18 April 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Ayatollah Ali Khamenei dengan tulisan Forbes besar seperti sampul majalah. Akun itu menambahkan narasi:

"Ayatollah Ali Khamenei ditampilkan di sampul majalah Forbes dengan judul "Orang Paling Berkuasa di Dunia".

Tidak ada negara di dunia yang melakukan serangan besar-besaran melalui rudal balistik seperti yang dilakukan Iran. Peristiwa ini lebih besar dari “Israel.

Iran mencapai tujuan militernya, dibutuhkan upaya gabungan dari AS, Inggris, Perancis & Israel untuk menghentikan satu serangan. Iran menunjukkan bahwa mereka bisa dan akan melawan jika dipaksa."

Lalu benarkah postingan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjadi sampul majalah Forbes pada April 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Gambar Sampul Majalah TIME Berjudul Killer of The Year

Sebuah gambar yang diklaim sampul Majalah TIME berjudul "Killer of The Year" beredar di media sosial. Gambar tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 31 Desember 2023.

Dalam gambar tersebut terdapat sosok Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Pada gambar tersebut, Netanyahu berada di tengah-tengah kumpulan tengkorak manusia.

Netanyahu yang mengenakan setelan jas berwana hitam itu terlihat menyentuh salah satu tengkorak. Terdapat juga beberapa narasi dalam gambar tersebut.

"KILLER of the YEAR

Responsible for War Crimes

Crime of Apartheid

Crime of Genocide

Year 2023," demikian narasi dalam gambar tersebut.

"Killer of the year... #2023," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali dibagikan dan mendapat beberapa komentar dari warganet.

Benarkah dalam gambar tersebut merupakan sampul Majalah TIME berjudul "Killer of The Year"? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Cover Majalah Time Berjudul "Mencari Kesalahan Anis Sesulit Mencari Kejujuran Jokowi"

Beredar di media sosial postingan cover Majalah Time dengan foto Presiden Jokowi berjudul "Mencari Kesalahan Anis Sesulit Mencari Kejujuran Jokowi". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 April 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar cover Majalah Time dengan foto Presiden Jokowi berjudul "Mencari Kesalahan Anis Sesulit Mencari Kejujuran Jokowi". Akun itu menambahkan narasi:

"Saking takutnya Anis nyalonin diri jadi Presiden, terruuuuuuus...CARI KESALAHAN NYA. SULIT KAN LU.

DEMI JEGAL ANIS GA BISA NYALON, SUSAH AMAT CARI KESALAHAN.NYA KAAAN...

SAMPE MAU JEGAL DEMOKRAT agar BISA DIAMBIL ALIH, SUPAYA GA DUKUNG ANIS.

PARAH LU..."

Lalu benarkah postingan cover Majalah Time dengan foto Presiden Jokowi berjudul "Mencari Kesalahan Anis Sesulit Mencari Kejujuran Jokowi"? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat