uefau17.com

7 Desain Rumah Pinggir Sawah yang Asri dan Sejuk, Cocok Jadi Inspirasi - Citizen6

, Jakarta Membangun rumah di area dekat sawah adalah pilihan yang tepat jika kamu merasa lelah dengan hiruk-pikuk kehidupan kota dan ingin mencari suasana baru yang menyegarkan. Selain itu, rumah yang berdekatan dengan sawah juga sangat ideal bagi kamu yang ingin memulai membangun rumah pensiun atau sebagai jaminan hari tua.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah di dekat sawah, karena lingkungan ini berbeda dengan perumahan pada umumnya. Beberapa desain rumah dekat sawah yang tersedia di internet bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Berikut ini adalah desain rumah di dekat sawah yang sejuk dan segar dengan pemandangan alam yang indah, dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Rumah Panggung Pinggir Sawah

Inspirasi desain rumah di dekat sawah ini adalah desain unik dan menarik untuk memulai hidup baru di lingkungan yang asri. Desainnya yang efisien menjadikan rumah panggung ini juga cocok untuk kamu yang lahannya cenderung kecil atau sempit. Memanfaatkan setiap lahan yang ada menjadi daya tarik tersendiri dari desain rumah ini.

3 dari 13 halaman

Rumah di Tengah Sawah

Desain satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membangun rumah mewah dan indah seperti villa di tengah-tengah sawah. Desain rumah ini tidak terlalu luas, tetapi cukup untuk membangun kolam renang dan sisa lahannya bisa digunakan untuk taman sebagai tempat bersantai.

Desain rumah satu ini juga cocok digunakan untuk berbisnis villa, karena villa di tengah sawah cukup banyak diminati, baik untuk wisatawan lokal maupun asing. Meskipun desainnya sederhana, rumah ini tampak elegan dan romantis.

4 dari 13 halaman

Rumah Pinggir Sawah

Desain rumah di pinggir sawah ini sangat mudah untuk dikreasikan sesuai gaya dan selera masing-masing penghuninya. Agar memiliki suasana liburan yang kental, kamu bisa gunakan bentuk rumah yang memanjang. Selain itu, kamu juga bisa mengadaptasi model rumah panggung untuk menciptakan kesan yang lebih keren dan menyenangkan.

5 dari 13 halaman

Rumah Kayu Ala Kontainer

Desain rumah di dekat sawah satu ini termasuk dalam kategori yang cukup unik karena mengadaptasi bentuk ala kontainer untuk kerangka rumah. Dengan bentuk kotak memanjang dan tambahan teras yang luas di bagian depannya, rumah ini tampak sangat cantik.

Desain rumah ini juga mengadaptasi model rumah panggung karena berdiri di kontur tanah yang tidak rata. Gunakan warna terang yang netral untuk mengimbangi tampilan alam yang segar.

6 dari 13 halaman

Rumah Tepi Sawah

Rumah modern kecil dengan halaman yang cukup luas ini sudah sering kali ditemui di daerah dengan banyak sawah. Desain satu ini memang tergolong desain rumah di sawah yang cukup umum. Tambahan sentuhan modern, seperti dinding blok roster dan keramik motif untuk bagian teras bisa mempermanis penampilan rumah ini.

7 dari 13 halaman

Rumah Minimalis Modern Pinggir Sawah

Desain rumah minimalis modern di pinggiran sawah ini tampil tidak terlalu mencolok dengan mengadaptasi model rumah panggung. Menggunakan tinggi yang rendah untuk pasak rumah panggung, desain rumah ini lebih berfokus pada bagian depan rumah dengan pintu jendela geser yang besar untuk kesan lebih segar.

8 dari 13 halaman

Rumah Sederhana Dekat Sawah

Ide dan inspirasi terakhir menampilkan desain rumah yang sangat simpel dan sederhana untuk rumah bergaya modern di pinggir sawah. Sedikit terpengaruh oleh gaya struktural desain tradisional, rumah ini tampak manis dan cocok bersanding dengan pemandangan alami sawah.

Desain rumah dekat sawah yang satu ini juga memiliki sedikit unsur desain ala Jepang dengan pintu masuk yang agak menjorok ke dalam, serta pintu jendela kaca geser di bagian depan rumah. Sangat cocok untuk kamu yang menginginkan rumah bergaya fusion tetapi tidak terlalu heboh dan mencolok.

9 dari 13 halaman

Apa Itu Sawah Tadah Hujan?

Pengertian lahan sawah tadah hujan adalah lahan yang memiliki pematang namun tidak dapat diairi dengan ketinggian dan waktu tertentu secara kontinyu. Oleh karena itu pengairan lahan sawah tadah hujan sangat ditentukan oleh curah hujan sehingga risiko kekeringan sering terjadi pada daerah tersebut pada musim kemarau.

10 dari 13 halaman

Rumah Pojok Namanya Apa?

Rumah hook merupakan rumah pojok atau rumah yang terletak di ujung perumahan dengan dua sisi yang terbuka. Rumah ini juga sering dikenal sebagai rumah sudut. Hal yang membedakan rumah hook dengan tipe rumah lainnya yakni, adanya dua sisi terbuka.

 

11 dari 13 halaman

Sawah Miring Namanya Apa?

Teknik terasering adalah persawahan di lahan miring yang dibuat bertingkat-tingkat dan biasanya ada di dataran tinggi. Pada dasarnya terasering dibuat untuk memaksimalkan penyerapan air hujan dan retensi air, serta yang utama adalah mencegah longsor di dataran tinggi.

12 dari 13 halaman

Rumah Tapak Seperti Apa?

Rumah tapak atau landed house jenis rumah yang dibangun di atas sebidang tanah dengan lahan yang terbatas atau terbatas ukurannya. Jadi berbeda dengan hunian tingkat seperti apartemen dan rumah susun, rumah tapak secara mandiri tanpa hitungan tingkat.

13 dari 13 halaman

Rumah di Tengah Sawah Apa Namanya?

Dangau yaitu semacam rumah kecil di tengah sawah yang digunakan sebagai tempat istirahat para petani dan sebagai tempat menunggu sawah yang padinya telah berisi agar tidak dimakan oleh burung.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat