uefau17.com

Profil Donald Sutherland, Sang Presiden Snow Hunger Games yang Meninggal Karena Sakit - Citizen6

, Jakarta Dari Kapten Hawkeye hingga Presiden Snow, Donald Sutherland memiliki kehidupan dan karier sebesar karakter yang ia mainkan.

Donald Sutherland meninggal dunia pada 20 Juni 2024, pada usia 88 tahun, sebagaimana dibagikan oleh putranya yang juga aktor, Kiefer Sutherland di X atau dahulu dikenal sebagai Twitter.

"Saya pribadi menganggapnya salah satu aktor paling penting dalam sejarah film. Tidak pernah gentar dengan sebuah peran, baik, buruk, atau jelek," tulis aktor tersebut di samping foto hitam-putih dirinya bersama ayahnya.

"Dia menyukai apa yang dia lakukan dan melakukan apa yang dia sukai, dan seseorang tidak akan pernah bisa meminta lebih dari itu. Kehidupan yang dijalani dengan baik."

Berikut profil dan perjalanan hidup Donald Sutherland sebagaimana dihimpun dari PEOPLE.

Tahun-Tahun Awal Donald Sutherland

Donald Sutherland lahir di Saint John, New Brunswick, Kanada, pada 17 Juli 1935, dari pasangan Frederick McLea dan Dorothy Isobel Sutherland. Saat masih kecil, ia mengidap berbagai penyakit, termasuk polio, demam rematik, hepatitis, pneumonia, demam berdarah, dan meningitis tulang belakang. Dalam wawancara tahun 1989 dengan Los Angeles Times, aktor tersebut mengatakan bahwa dia “meninggal empat atau lima detik” karena meningitis.

Pada usia 12 tahun, dia pindah ke Nova Scotia, tempat dia menghabiskan masa remajanya. Setelah lulus dari Bridgewater High School, ia lulus dari Victoria University dengan jurusan ganda di bidang teknik dan drama. Pada tahun 1957, dia meninggalkan Kanada untuk belajar di Akademi Musik dan Seni Drama London.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Peran Awal Donald Sutherland

Dalam peran film pertamanya, Sutherland memerankan dua karakter - seorang penyihir dan seorang lelaki tua - dalam film horor Castle of the Living Dead tahun 1964. Sutherland kemudian menamai putranya Kiefer dengan nama sutradara film tersebut, Warren Kiefer. Dia pindah dari sana ke TV, dan Broadway.

Donald Sutherland dalam 'M*A*S*H'

Salah satu peran Sutherland yang paling menonjol — meski ada banyak — adalah penampilannya pada tahun 1970 sebagai Kapten Benjamin Franklin "Hawkeye" Pierce Jr. di M*A*S*H. Film yang juga dibintangi oleh Elliott Gould, Robert Duvall dan Sally Kellerman ini dinominasikan untuk lima Academy Awards tahun itu dan dimenangkan untuk Penulisan (Skenario — Berdasarkan Materi Dari Media Lain).

Dari sana, Sutherland pindah ke serangkaian film besar tahun 70an dan 80an, termasuk Klute, National Lampoon's Animal House, Ordinary People, dan Threshold.

3 dari 6 halaman

Aktivisme Donald Sutherland

Saat Perang Vietnam berlangsung, Sutherland sangat vokal menentang operasi tersebut. Pada tahun 1971, ia dan lawan mainnya Klute Jane Fonda berangkat untuk tampil di depan tentara militer AS sebagai tanggapan terhadap tur USO pro-perang Bob Hope. Pertunjukan keliling tersebut dijadikan film dokumenter bertajuk F.T.A. pada tahun 1972.

NPR menjelaskan bahwa karena aktivitas anti-perang mereka, Fonda dan Sutherland dimasukkan dalam daftar pantauan Badan Keamanan Nasional.

Kehidupan Keluarga Awal Donald Sutherland

Sutherland menikah dengan aktris dan aktivis Kanada Shirley Douglas pada tahun 1966. Bersama-sama, mereka berbagi saudara kembar Kiefer dan Rachel serta Tom Douglas, putra Shirley dari pernikahan sebelumnya. Pasangan itu bercerai pada tahun 1971.

Donald mengakui kepada The Daily Record pada tahun 2001 bahwa dia “tidak banyak berperan sebagai seorang ayah” ketika Kiefer tumbuh dewasa, namun dia “sangat bangga padanya” dan “akan selalu begitu.”

“Dia bahkan mirip dengan saya – hanya saja lebih pendek,” kata bintang aktor tersebut.

 

4 dari 6 halaman

Donald Sutherland dan Francine Racette

Sutherland menikahi sesama aktris Francine Racette pada tahun 1972 dan kemudian menyambut anak-anak Roeg, Rossif dan Angus bersamanya. Selain anak-anak yang ia bagikan dengan Douglas, yang meninggal pada tahun 2020 pada usia 86 tahun, ia juga seorang kakek lima kali lipat.

Sebelum Racette dan Douglas, dia menikah dengan aktris Lois Hardwick.

Donald Sutherland Memenangkan Emmy

Sutherland memenangkan Emmy pertamanya dan satu-satunya pada tahun 1995 untuk karyanya di Citizen X. Dia mendapat satu nominasi lagi pada tahun 2006 untuk aktor utama yang luar biasa dalam miniseri atau film untuk Human Trafficking.

Donald Sutherland Memenangkan Golden Globe

Setelah memenangkan Golden Globe pertamanya pada tahun 1996 untuk penampilan pendukungnya di Citizen X, Sutherland membawa pulang Globe keduanya pada tahun 2003 (atas) untuk peran pendukungnya dalam Path to War. Sepanjang karirnya dia dinominasikan untuk sembilan Penghargaan Golden Globe.

 

5 dari 6 halaman

Donald Sutherland Mendapat Bintang di Hollywood Walk of Fame

Ketika Sutherland menerima bintang di Hollywood Walk of Fame pada tahun 2011, bintang itu berada di tempat yang sangat istimewa: di samping putranya, Kiefer.

Donald Sutherland dalam 'The Hunger Games'

Di akhir usia 70-an, Sutherland mendapat peran dalam salah satu waralaba dewasa muda paling populer sebagai Presiden Snow di The Hunger Games. Ketika ditanya apakah menurutnya film tersebut telah membuka generasi penggemar baru, dia mengatakan kepada PEOPLE pada tahun 2013, “Istri saya sungguh terhibur ketika orang-orang yang jauh lebih kecil dari biasanya menarik-narik kaki celana saya, ketika orang dewasa tampil ke depan bukan untuk diri mereka sendiri, tetapi untuk anak muda yang datang bersama mereka.”

Dia menambahkan, “Meskipun demikian, ada permasalahannya. Seseorang mengarahkan busur dan anak panah ke arahku dan melepaskannya. Tapi itu punya ujung isap. Mereka banyak tertawa.”

 

6 dari 6 halaman

Donald Sutherland Memenangkan Oscar Kehormatan

Meskipun Sutherland tidak pernah dinominasikan untuk Oscar kompetitif selama puluhan tahun karirnya di dunia film, pada tahun 2017 Akademi menganugerahinya Oscar Kehormatan "untuk karakter yang tak terhapuskan seumur hidup, yang ditampilkan dengan kejujuran yang tak tergoyahkan."

Dalam pidato penerimaannya, Sutherland menyampaikan bahwa penghargaan tersebut "sangat penting bagi saya, bagi keluarga saya."

"Rasanya seperti sebuah pintu telah terbuka dan angin segar yang sejuk telah masuk. Saya harap saya bisa mengucapkan terima kasih kepada semua karakter yang telah saya perankan, berterima kasih kepada mereka karena telah menggunakan hidup mereka untuk memberi informasi dalam hidup saya," dia melanjutkan. "Saya ingin sekali mengucapkan terima kasih kepada banyak orang yang bertanggung jawab atas keberadaan saya di sini."

Donald Sutherland Meninggal

Dengan pengumuman kematiannya pada tanggal 20 Juni, Missy Davy dari CAA mengonfirmasi kepada PEOPLE bahwa "perayaan kehidupan pribadi akan diadakan oleh keluarga.”

Kiefer membagikan kabar kematian ayahnya melalui foto manis pasangan tersebut saat aktor berusia 24 tahun itu masih kecil.

“Dengan berat hati, saya beritahu Anda bahwa ayah saya, Donald Sutherland, telah meninggal dunia,” tulisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat