uefau17.com

Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN yang Direstui Jokowi Mundur dari Jabatannya - News

, Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyatakan mundur dari jabatannya dan telah direstui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (3/6/2024).

Tak hanya Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Donny Rahajoe juga mundur dan telah disetujui oleh Presiden Jokowi, Senin (3/6/2024).

Lantas, siapakah sebenarnya Bambang Susantono? Berikut profil singkat Bambang Susantono dihimpun dari berbagai sumber.

Sosok Bambang bukan orang baru di dunia pemerintahan. Sebelum ditunjuk sebagai Kepala Otorita IKN, ia sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II tahun 2010-2014.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 2007-2010.

Sebagai mengurai masalah transportasi, Ketua Umum Warga Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004-2010 ini semakin menekankan pada sistem transportasi yang humanis.

Di tingkat Internasional, Bambang pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS). Selain itu, dia sampai saat ini masih menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation.

Usai tidak lagi menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono menjabat sebagai Vice President Asian Development Bank (ADB).

Diketahui, Bambang merupakan lulusan dari Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Pria kelahiran 4 November 1963 ini mengawali karier di Departemen Pekerjaan Umum.

Kemudian pada 1996, Bambang melanjutkan pendidikannya di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat dan mendapat gelar Master Tata Kota dan Wilayah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Lantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe jadi Kepala dan Wakil Otorita IKN Nusantara

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bambang Susantono menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis 10 Maret 2022 silam.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Jokowi juga melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala IKN Nusantara. Pelantikn dilakukan di Istana Negara, Kamis 10 Maret 2022.

Dalam pelantikan tersebut, Kepala dan Wakil Otorita IKN diberikan akses hal keuangan administrasi dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan. Keputusan itu mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan di Jakarta 9 Maret 2022.

|Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Otorita Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memang teguh Undang-undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan seluruh-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," ucap Presiden Jokowi diikuti Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan pemberian ucapan Selamat yang dilakukan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Restui Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN Mundur

Kini, dua tahun setelahnya, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan wakilnya Donny Rahajoe menyatakan mundur dari jabatannya.

Mundurnya Bambang Susantono dan Donny Rahajoe disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (3/6/2024).

"Hari ini telah terbit surat pemberhentian dengan hormat untuk Pak Bambang dan Pak Donny selaku ketua dan wakil otorita IKN disertai ucapan terima kasih dari Pak Presiden," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Presiden Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno menambahkan, dengan mundurnya kepala dan wakil, Presiden Jokowi mengangkat pelaksana tugas sebagai kepala otorita dan wakil kepala otorita IKN sementara yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni.

"Jadi keduanya (Basuki dan Raja Juli) dipanggil Pak Presiden agar mereka bisa menjamin pembangunan IKN seperti semula yaitu Nusa Rimba Raya dan memberikan hal positif untuk kita semua," ucap Pratikno.

Saat ditanya alasan mundurnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN, Pratikno mengaku tidak dijelaskan alasannya.

"Tidak dijelaskan (alasannya)," kata Pratikno menandasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat